Bela pernah mendengar istilah vegan skincare? Dikutip dari Adore Beauty, vegan skincare adalah sebuah produk perawatan wajah yang menghilangkan semua bahan yang berasal dari hewan. Dengan kata lain, produk tersebut terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan mineral, serta bahan-bahan sintesis yang aman. Terus apa bedanya vegetarian dan vegan skincare? Kalau vegetarian masih mengandung bahan-bahan yang dihasilkan hewan, seperti madu, susu, atau telur, sedangkan vegan tidak. Sehingga produk vegan skincare terjamin halal Bela. Plus, vegan skincare dipastikan tidak mengandung bahan berbahaya seperti paraben, silikon, dan pewarna buatan. 

Makin hari, perawatan kulit saat ini makin bermacam-macam. Namun beberapa perawatan kulit saat ini juga mulai menghindari kandungan-kandungan yang dianggap dapat membahayakan tubuh, salah satunya paraben. Memang paraben itu apa sih? Paraben adalah bahan pengawet sintetis, yang kerap dilabeli sebagai bahan kimia. Terus kalau menggunakan produk dengan komposisi paraben yang tinggi, adakah dampaknya? Makanya yuk simak berikut ini!

1. Buat kamu si kulit sensitif, hati-hati iritasi

Cintai Dirimu, Gunakan Vegan Skincare untuk Terhindar dari 5 Hal iniShutterstock/GBALLGIGGSPHOTO

Semakin banyak produk skincare menjamur, namun semakin susah menemukan produk yang tidak menggunakan paraben sebagai salah satu bahannya. Ada beberapa dampak yang muncul dari penggunaan paraben dalam skincare. Dampak penggunaan paraben dalam jangka pendek adalah terjadinya iritasi kulit. Biasanya ini dialami oleh kamu yang memiliki kulit sensitif. Iritasi kulit akibat bisa terjadi beberapa hari atau mungkin lebih lama. Jika muncul iritasi, segera hentikan penggunaan produk tersebut ya, Bela.

2. Adanya gangguan endokrin

Cintai Dirimu, Gunakan Vegan Skincare untuk Terhindar dari 5 Hal iniShutterstock/9nong

Dikutip dari Hello Sehat, paraben berpotensi dalam mengganggu endokrin karena kemampuannya yang dapat meniru estrogen. Dalam studi sel, paraben mengikat lemah reseptor estrogen. Studi membuktikan bahwa pada konsentrasi yang cukup, paraben dapat meningkatkan proliferasi sel (tingkat pertumbuhan sel) kanker payudara MCF-7, yang seringnya digunakan sebagai pengukur sensitivitas aktivitas estrogenik.

3. Berpotensi alami kanker kulit

Cintai Dirimu, Gunakan Vegan Skincare untuk Terhindar dari 5 Hal iniShutterstock/Gordana Sermek

Dikutip dari situs Hello Sehat, penggunaan skincare yang mengandung paraben, terutama methylparaben dapat memicu kerusakan sel-sel kulit dan gangguan proliferasi sel. Penggunaan sehari-hari dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi methylparaben karena zat ini tidak sepenuhnya dapat diolah oleh tubuh. Ketika paraben dikombinasikan dengan bahan kimia estrogenik lainnya, hal tersebut berpotensi untuk memengaruhi perkembangan melanoma ganas (salah satu bentuk kanker kulit), melalui aktivitas estrogenik dan genotoksik.

4. Awas, bisa mempengaruhi kesuburan lho!

Cintai Dirimu, Gunakan Vegan Skincare untuk Terhindar dari 5 Hal iniShutterstock/CHAjAMP

Ternyata, beberapa jenis paraben bisa mengganggu kesuburan lho. Dikutip dari Hello Sehat, Propylparaben dan butylparaben dapat mengurangi produksi sperma dan memicu penurunan tingkat testosteron, sedangkan methylparaben dan ethylparaben tidak mempengaruhi produksi sperma. Efek ini akan muncul tergantung dengan dosis yang pemakaian. Hal ini disebabkan oleh aktivitas estrogenik yang telah dijelaskan di atas.

5. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil

Cintai Dirimu, Gunakan Vegan Skincare untuk Terhindar dari 5 Hal iniShutterstock/siam.pukkato

Tak hanya berdampak para para lelaki, namun juga ibu hamil. Pernah dengar larangan atau himbauan wanita hamil dalam menggunakan skincare? Ternyata kandungan paraben dalam skincare bisa berdampak buruk para calon ibu dan janinnya. Dalam sebuah studi menemukan bahwa paparan butylparaben untuk wanita semasa kehamilan dan menyusui akan mengubah perkembangan organ reproduksi. 

Terus kalau sudah tahu deretan dampak buruk itu Bela harus bagaimana? Bela bisa mulai dengan memperhatikan kandungan dalam skin maupun hair care yang digunakan. Bela bisa memilih vegan skin care dan tanpa paraben. Salah satu produk yang Popbela rekomendasikan adalah Love, Beauty and Planet (LBP). 

Cintai Dirimu, Gunakan Vegan Skincare untuk Terhindar dari 5 Hal iniPopbela/Love Beauty and Planet

Diluncurkan di Amerika, Love Beauty and Planet membawa rangkaian skin care dan hair care yang tersetifikasi vegan dan paraben free, sehingga aman bagi kulit sensitif sekalipun. Mengusung konsep sustainability, brand ini termasuk ramah lingkungan, karena menjaga kelestarian dan kualitas bahan alaminya, dengan botol terbuat dari plastik daur ulang. Saat ini, LBP yang cenderung aman bagi kulit sensitif tengah mengkampanyekan #SmallActsofLove, yang dapat membuat kita dan planet jadi lebih cantik setiap harinya. Bela tenang saja, bahan-bahan yang terkandung dalam produk LBP aman bagi kulit dan juga ramah lingkungan. Untuk info lebih lengkapnya Bela bisa cek di sini

Jadi, Bela siap untuk beralih ke vegan skincare yang ramah lingkungan?