Karena aktivitas kita di luar, tak banyak dari orang Indonesia yang memiliki pori-pori besar dan jelas terlihat. Padahal seharusnya, pori-pori wajah yang benar itu sangat kecil dan tidak terlihat. Sayangnya, untuk membuat pori-pori wajah kecil kembali itu susah.

Lalu bagaimana dengan solusinya? Berikut adalah tips menjaga pori-pori wajah terlihat lebih kecil. Meskipun tak dapat hilang dengan sempurna, setidaknya usahamu ini dapat membantu menyamarkannya. Yuk dicoba!

1. Selalu menjaga kebersihan wajah

Apa yang terjadi ketika kotoran menyumbat pori-porimu? Maka mereka akan semakin membesar, jadi sangat penting untuk menjaga kebersihan wajahmu. Jangan lupa cuci muka setelah beraktivitas, dari luar ruangan, ataupun bersihkan sisa-sisa makeup dengan micellar water.

Selain membersihkan wajah, melakukan pembersihan pada kuas makeup juga penting dilakukan. Serta jangan menyentuh wajah menggunakan tangan, apalagi kamu tidak mencuci tangan sebelumnya.

2. Gunakan primer sebelum menerapkan foundation

Cara paling mudah menyamarkan pori-pori adalah dengan menggunakan makeup. Dan primer merupakan langkah awal yang tak boleh kamu lewatkan sebelum menggunakan foundation. Dengan penggunaan primer, pori-pori akan terlihat lebih kecil dan samar. Selain itu penggunaan primer juga dapat membuat makeup lebih tahan lama lho!

7 Tips yang Menyamarkan Pori-pori Wajah agar Terlihat Lebih Kecil Pinterest.com

3. Rawatlah kulit dengan lembut

Masih banyak yang salah paham, kalau menggosok muka dengan kasar dapat membuatnya lebih bersih. Tapi menggosok muka dengan kasar justruk akan menimbulkan kerusakan pada kulit seperti munculnya kerutan, pori-pori membesar, dan jerawat. Bersikap lembutlah pada kulit, bersihkan dengan santai dan tidak terlalu banyak memberikan tekanan pada kulit. Sehingga pori-pori juga tidak akan semakin membesar.

4. Lakukan facial secara rutin

Melakukan facial secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersih. Facial dapat membantu membersihkan pori-pori kulit, sehingga dapat membuat pori-pori tidak tersumbat dan tidak semakin melebar. Untuk facial, dapat dilakukan setiap empat sampai enam minggu sekali. Karena jika terlalu sering melakukan facial dapat berakibat kurang baik bagi kulit.

7 Tips yang Menyamarkan Pori-pori Wajah agar Terlihat Lebih Kecil GoSee.us

5. Melakukan eksfoliasi secara teratur

Menjaga wajah tetap bersih salah satunya adalah dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya semakin melebar. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya adalah dengan menggunakan campuran gula, air lemon, dan madu.

6. Cari masker wajah yang tepat

Salah satu perawatan jangka panjang yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan menggunakan masker. Masker yang mengandung tanah liat atau arang mampu menyerap minyak di pori-pori. Jika kamu memiliki beberapa jenis masalah di area wajah yang berbeda, kamu dapat mencoba teknik multi-masking untuk hasil yang lebih baik.

7 Tips yang Menyamarkan Pori-pori Wajah agar Terlihat Lebih Kecil Indulgeme.ie

7. Selalu gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya atau sunscreen adalah bagian terpenting dari rutinitas perawatan kulit. Hal ini karena radiasi UV dapat memecah kolagen dan elastisin, sehingga dapat menyebabkan pori-pori membesar.

Namun terdapat beberapa tabir surya yang dapat membuat kulitmu menjadi lebih berminyak, sehingga akan semakin menonjolkan pori-porimu. Dalam hal ini, pilihlah primer, foundation, atau bedak matte untuk meminimalkan efek tersebut.

Yuk mulai terapkan dari sekarang! Pori-pori tersamarkan, cantik maksimal.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Tips yang Menjaga Pori-pori Wajah Terlihat Lebih Kecil"

Baca Juga: Ini Fakta Mengenai Pori-pori Wajah yang Perlu Kamu Simak