Kalau kamu termasuk tipe orang yang teliti soal kandungan dalam produk perawatan wajah, mungkin kamu familiar dengan istilah occlusive, humectant, dan emollient. Tapi apa kamu benar-benar sudah memahami ketiga jenis kandungan yang menjadi unsur penting dalam pelembap tersebut? Kalau belum, coba simak ulasan di bawah ini yah

Occlusive

Sebelum Beli Pelembap, Pahami Dulu 3 Jenis Kandungan Inistackedskincare.com

Pada dasarnya Occlusive bekerja untuk mengunci kelembapan yang terdapat dalam kulit sehingga mencegah berkurangnya kadar air. Occlusive biasanya memiliki formula yang cenderung lebih berat seperti petrolatum (petroleum jelly), minyak castrol atau jojoba. 

Emollient

Sebelum Beli Pelembap, Pahami Dulu 3 Jenis Kandungan IniPexels.com/Daria Shevtsova

Kandungan emollient bekerja ke lapisan kulit dalam untuk melembutkan, melindungi dan melembapkan. Biasanya emollient  terdapat di jojoba oil, cetyl alcohol (yang berasal dari kelapa), dan squalene.

Humectant

Sebelum Beli Pelembap, Pahami Dulu 3 Jenis Kandungan IniPexels.com/ Pixabay

Humectant bekerja untuk mendorong sel-sel muda agar muncul di permukaan kulit dan mengurangi kering di kulit. Contoh kandungan ini adalah gliserin dan lactic acid. Ada pula beberapa bahan alami yang memiliki humectant seperti madu. 

Gimana, sudah mulai paham, Bela? Semoga setelah memahami kandungan di atas kamu bisa memilih produk pelembap sesuai dengan jenis kulitmu yah!

Baca Juga: Ternyata, Ini 7 Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Pelembap