Dilihat sekilas, menggunakan eye cream tampaknya merupakan proses yang simpel. Namun, sebenarnya tidak semudah itu. Area mata kamu merupakan kulit paling tipis dan lembut di wajah. Oleh sebab itu, segala bentuk penuaan, kekeringan, atau kantung mata akan langsung terlihat dan memengaruhi penampilan muka secara keseluruhan.

Untuk mengatasinya, kamu harus menggunakan eye cream dengan baik dan benar. Berikut caranya.

1. Memilih produk yang tepat

Cara Menggunakan Eye Cream dengan Benar Agar Hasilnya Maksimalseychellesmedspa.com

Saat memilih eye cream, kamu harus mengetahui dulu bahan-bahan utama yang digunakan. Pilih yang sesuai kebutuhan kamu. Apakah kamu membutuhkan eye cream untuk mengatasi keriput, lingkaran hitam, kulit kering atau bahkan mata bengkak. Setiap produk memiliki manfaat berbeda-beda sesuai dengan masalah yang dialami di sekitar mata.

2. Waktu yang pas untuk menggunakan eye cream

Cara Menggunakan Eye Cream dengan Benar Agar Hasilnya Maksimalfreepik.com/pressfoto

Menurut ahli kecantikan, waktu yang tepat untuk menggunakan eye cream harus disesuaikan dengan bahan-bahan utamanya. Itulah sebabnya mengetahui bahan yang digunakan dalam setiap produk sangat penting.

Jika eye cream mengandung bahan aktif seperti kafein dan vitamin C, kamu harus mengaplikasikannya di kulit yang bersih. Dengan begitu, eye cream cocok digunakan sebelum pelembap agar dapat melakukan tugasnya secara efektif.

Namun, jika eye cream kamu berbentuk krim dan bermanfaat untuk menghidrasi bagian bawah mata, kamu bisa menggunakannya setelah serum. Kemudian, lanjutkan dengan pelembap.

3. Gunakan sebesar biji jagung

Cara Menggunakan Eye Cream dengan Benar Agar Hasilnya Maksimalpinterest.com

Gunakan eye cream sekitar biji jagung kemudian aplikasikan ke bawah mata. Jika menggunakan terlalu berlebihan, dikhawatirkan eye cream akan masuk ke mata. Kesalahan menggunakan eye cream bisa menyebabkan iritasi pada mata karena area tersebut sangat sensitif.

Munculnya milia di sekitar area mata menunjukkan bahwa lapisan kulit telah menipis. Itu terjadi ketika kamu menggunakan produk kecantikan terlalu banyak atau terlalu keras untuk wajah.

4. Oleskan secara perlahan

Cara Menggunakan Eye Cream dengan Benar Agar Hasilnya MaksimalShutterstock/Rido

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, area mata memiliki lapisan kulit lebih lembut dan tipis dibanding wilayah lainnya. Memberikan terlalu banyak tekanan dapat membahayakan kulit hingga menimbulkan garis-garis halus dan iritasi.

Oleh sebab itu, saat mengoleskan eye cream, lakukan secara perlahan. Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan jari manis atau kelingking saat mengoleskan eye cream. Pilih salah satu.

5. Diamkan selama satu menit

Cara Menggunakan Eye Cream dengan Benar Agar Hasilnya Maksimalunsplash

Biarkan eye cream meresap ke dalam kulit sejenak sebelum kamu menggunakan skincare lainnya atau makeup. Jangan buru-buru menggunakan concealer atau sunscreen karena itu dapat merusak khasiat eye cream. Beri waktu agar bahan-bahan utamanya dapat bekerja dengan baik. Kamu tidak perlu menunggu lama, cukup sediakan waktu 30 detik hingga satu menit.

6. Gunakan alat pijat mata jika perlu

Cara Menggunakan Eye Cream dengan Benar Agar Hasilnya Maksimalfreepik.com/lookstudio

Jika memiliki alat pijat mata (biasanya berbentuk seperti stik atau sendok), kamu bisa menggunakannya sambil mengoleskan eye cream. Meski begitu, kamu tetap harus hati-hati agar tidak membahayakan area mata. Perawatan dengan alat pijat ini bisa membantu mengurangi bengkak di mata.

7. Simpan di kulkas

Cara Menggunakan Eye Cream dengan Benar Agar Hasilnya MaksimalFreepik

Simpan eye cream di lemari es selama beberapa menit sebelum mengoleskannya di mata. Kamu akan mendapatkan sensasi dingin yang menyenangkan setelahnya. Cara ini juga memberikan dorongan ekstra untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata.

Itulah beberapa cara menggunakan eye cream dengan benar. Lakukan hal tersebut agar hasilnya lebih maksimal dan area mata kamu tampak segar!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Eye Cream Terbaik, Bye-bye Mata Panda! 

Baca Juga: Rawat dan Lindungi Area Kulit Mata dengan Eye Cream Terbaru Ini

Baca Juga: Melembapkan hingga Menenangkan Kulit, Ini 5 Manfaat Krim Vitamin E