Bete ya Bela kalau wajahmu yang cantik itu ternoda sama dark spot alias bintik hitam. Seperti yang dilansir di Verywell Health, biasanya perubahan warna tersebut muncul setelah terpapar langsung sinar matahari atau sinar ultra violet (UV). Efeknya, bisa bikin kamu kurang pede ya Bela.

Tapi nggak perlu insecure Bela! Coba yuk tips dari Popbela kali ini, agar dark spot diwajah Bela bisa samar dan bisa menghilang. Check this out!

1. Menggunakan masker alami

Don’t Worry Bela! Dark Spot Bisa Hilang Kok, Ikuti 5 Caranya Shutterstock/Odua Images

Bahan-bahan alami bisa menjadi salah satu pilihan ya Bela, agar dark spot di wajahmu bisa memudar dan menghilang. Bela bisa memakai bahan-bahan alami seperti, air perasan lemon, madu, kentang, aloe vera, bubuk kayu cendana, almond, oatmeal, pepaya, dan sebagainya. 

Cara pemakaiannya, Bela bisa pilih bahan yang cocok kemudian bisa dibuat menjadi masker atau langsung diaplikasikan ke bintik hitam di sekitar area wajah. Gampang ya, Bela!

2. Istirahat yang cukup agar kulit dapat menciptakan kolagen baru

Don’t Worry Bela! Dark Spot Bisa Hilang Kok, Ikuti 5 Caranya Shutterstock/Yuttana Jaowattana

Menurut Bela, setelah memakai masker berbahan alami secara rutin, apakah bintik hitam bisa langsung hilang? Eits, nggak secepat itu ya Bela! Semua ada prosesnya, next step Bela harus punya waktu tidur yang cukup. 

Sebab, ketika tidur, kulit melakukan regenerasi dan menciptakan kolagen baru. Kolagen adalah protein yang dibutuhkan untuk membuat wajah tetap kencang. Selain itu, kolagen juga dapat membantu wajah terlihat lebih cerah dengan menghapus flek-flek hitam di wajah lho!

3. Hindari terpapar sinar UV secara langsung dan pakai sunscreen ya

Don’t Worry Bela! Dark Spot Bisa Hilang Kok, Ikuti 5 Caranya Shutterstock/theshots.co

Meski Bela sudah memakai masker berbahan alami dan punya waktu tidur yang cukup, semua akan percuma kalau kamu nggak melakukan pencegahan nih! Tentunya dengan menghindari paparan sinar UV, memperbanyak minum air mineral, hindari memencet jerawat, kurangi pemakaian gadget soalnya cahayanya dapat memicu munculnya dark spot juga nih.

Tak ketinggalan, pastikan Bela juga harus memakai sunscreen sebelum beraktivitas di dalam maupun di luar rumah. Pilih produk sunscreen yang mengandung SPF 50+, Vitamin C, PA+++ dan punya manfaat double protection untuk melindungi dari paparan sinar UV dan munculnya noda hitam. Good news! Garnier Light Complete Super UV hadir untuk memenuhi kebutuhan Bela.

Soalnya, produk ini tak hanya berfungsi sebagai sunscreen aja, tapi juga berfungsi sebagai skincare karena kandungan Vitamin C-nya mampu untuk mencerahkan noda hitam dan melindungi dari noda baru. Produk Garnier Light Complete Super UV ini tersedia dalam 2 varian lho. Varian Natural yang cocok untuk semua jenis kulit, ultralight watery texture, lembab tapi tidak berminyak, dan bisa jadi base makeup. Varian Matte, cocok untuk kulit normal-berminyak, tekstur ringan dan tidak berminyak, tidak lengket dan tidak meninggalkan noda di hijab.

Tunggu apa lagi Bela, rasakan sendiri manfaat dari Garnier Light Complete Super UV. Kira-kira kamu masuk tim #Natural atau #Matte ya? Untuk informasi lebih lanjut, Bela bisa klik di sini ya!

4. Healthy and beauty! Rajin konsumsi jus buah ya

Don’t Worry Bela! Dark Spot Bisa Hilang Kok, Ikuti 5 Caranya Shutterstock/Makistock

Nggak hanya dibuat untuk masker aja nih Bela, buah juga bisa jadi salah satu cara ampuh untuk kamu yang ingin menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya dengan membuat jus dari buah tomat, mentimun atau wortel. Ketiga buah ini kaya akan vitamin lho.

Tomat mengandung vitamin C sehingga efektif dapat mengurangi pembentukan melanin. Mentimun kaya akan kalium dan mengandung sejumlah karoten, vitamin C, vitamin B1, protein. Wortel mengandung provitamin A yang memiliki manfaat melembabkan dan mengobatkan kulit kasar dan flek hitam pada wajah.

5. Opsi lain, bisa lakukan medical treatment

Don’t Worry Bela! Dark Spot Bisa Hilang Kok, Ikuti 5 Caranya Shutterstock/Lungkit

Tips yang terakhir ini memang membutuhkan biaya yang nggak murah ya Bela. Sebab, medical treatment ini harus melibatkan dokter yang expert dan peralatan yang canggih. Namun, hasilnya bisa jauh lebih cepat dan signifikan lho. Beberapa treatment untuk menghilangkan dark spot yang bisa kamu coba adalah laser, mikrodermabrasi, chemical peels, microneedling dan cryotherapy.

Remember Bela, catat dan cobain tipsnya ya! (CSC)