Bahan aktif atau active ingredients pada skincare merupakan bahan utama yang bekerja untuk mengatasi permasalahan kulit. Bahan inilah yang biasanya menjadi pertimbangan utama para konsumen untuk membeli suatu produk.

Bahan aktif yang biasa kamu temui pada skincare di antaranya adalah hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, AHA, BHA, PHA. Sudahkah kamu mengetahui fungsi dari setiap bahan aktif tersebut? 

1. Hyaluronic acid

Jangan Asal Pakai, Ketahui Fungsi Bahan Aktif Pada Skincare Yuk!Pexels.com/Cottonbro

Bagi kamu yang memiliki kulit kering dan dehidrasi, bahan aktif yang satu ini bisa menjadi sahabat kamu. Hyaluronic acid berfungsi untuk melembapkan wajah dan akan membuat kulit terlihat lebih supple. Karena bekerja dengan cara mengikat air, pastikan kamu menggunakannya saat kulit dalam keadaan basah atau lembap agar hyaluronic acid dapat bekerja dengan maksimal.

2. Niacinamide

Jangan Asal Pakai, Ketahui Fungsi Bahan Aktif Pada Skincare Yuk!

Kandungan yang satu ini sedang jadi favorit banyak orang. Niacinamide merupakan bagian dari vitamin B yaitu vitamin B3. Bahan yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mencerahkan wajah dan memudarkan bekas jerawat. Selain itu niacinamide juga bisa membantu mengatasi hyperpigmentasi pada wajah. Untuk kamu yang pemula, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan niacinamide yang rendah terlebih dahulu.

3. Ceramide

Jangan Asal Pakai, Ketahui Fungsi Bahan Aktif Pada Skincare Yuk!businesswire.com

Kulit kering, iritasi, eksim, dan masalah kulit lainnya bisa diatasi dengan bahan aktif yang satu ini. Ceramide juga bisa menjaga sel kulit agar saling merekat satu sama lain. Kandungan yang satu ini juga kerap digunakan dalam produk anti-aging karena bisa melindungi kulit dari radikal bebas dengan cara menguatkan lapisan kulit terluar dan mempertahankan kelembapan kulit.

4. Retinol

Jangan Asal Pakai, Ketahui Fungsi Bahan Aktif Pada Skincare Yuk!surinenglish.com

Retinol merupakan bagian dari vitamin A yang bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga cocok untuk produk anti aging. Retinol bisa membantu menjaga kekencangan kulit dan mencegah timbulnya garis halus. Bahan yang satu ini biasanya cukup kuat, sehingga kamu disarankan untuk melakukan patch test sebelum menggunakan ini pada seluruh wajah.

5. Alpha-Hydroxy Acid (AHAs)

Jangan Asal Pakai, Ketahui Fungsi Bahan Aktif Pada Skincare Yuk!Pexels.com/Karolina Grabowska

Alpha-Hydroxy Acid atau AHA merupakan bahan yang biasa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit atau mengangkat sel kulit mati. AHA sebenarnya memiliki banyak jenis seperti, citric acid dan glycolic acid. Fungsi acid ini selain mengeksfoliasi juga bisa membantu membuat kulit lebih cerah.

6. Salicylic acid

Jangan Asal Pakai, Ketahui Fungsi Bahan Aktif Pada Skincare Yuk!Pexels.com/Karolina Grabowska

Acid yang satu ini bisa membantu kamu mengangkat sel kulit mati juga. Selain itu, salicylic acid berguna untuk membersihkan pori-pori dan membantu meredakan jerawat. Produk skincare dengan kandungan bahan aktif inilah yang harus kamu cari jika sudah muncul jerawat.

7. Peptida

Jangan Asal Pakai, Ketahui Fungsi Bahan Aktif Pada Skincare Yuk!freepik.com/pressfoto

Peptida bisa membantu kulit untuk selalu terhidrasi dan juga menambah produksi kolagen pada kulit. Hasilnya kulit pun akan jadi lebih kenyal. Selain itu, peptide juga bisa membantu menyamarkan garis halus pada wajah lho. Bahan aktif ini bisa dengan mudah kamu temukan pada produk anti aging dan moisturizer

Baca Juga: Mengenal 7 Bahan Aktif yang Terdapat di Skincare Asal Korea Selatan 

Baca Juga: 5 Manfaat Squalane Oil Pada Skincare, Bikin Kulit Lembap Anti Jerawat 

Baca Juga: Deretan Produk Skincare Lokal Baru di Bawah Rp100 Ribu, Sudah Coba?