Jenis brand untuk produk kosmetik kini rasanya tak terhingga jumlahnya, tak terkecuali untuk skincare dan juga body care. Bukan hanya nama brand-nya yang cukup membingungkan, namun nama produknya pun kadang juga masih sulit dipahami perbedaan dan manfaatnya. 

Lain nama tentu lain fungsi, untuk produk body care sendiri kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan seperti body butter, body milk, body lotion, hingga body cream. Keempat produk ini memang bermanfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Lalu, kira-kira bagaimana cara membedakannya? Yuk kenalan dengan keempatnya!

1. Body butter memiliki tesktur serupa dengan mentega

Body Butter, Body Milk, Body Lotion, atau Body Cream, Ini Bedanya!shopify,com

Dinamakan body butter karena memiliki tekstur sangat pekat menyerupai mentega. Bahan dasarnya mengandung lemak nabati yang berasal dari kacang-kacangan, shea butter, cocoa butter, atau coconut butter. Oleh karena itu, body butter banyak mengandung minyak dimana cocok jika dioleskan di bagian tubuh yang sangat kering seperti siku, lutut dan tumit. Sebaiknya digunakan pada malam hari sebelum tidur agar paginya kulit kembali lembap.

2. Body milk untuk menutrisi kulit

Body Butter, Body Milk, Body Lotion, atau Body Cream, Ini Bedanya!popsugar.com

Susu punya segudang manfaat untuk tubuh kita. Nggak cuma untuk tulang dan gigi, tapi juga kesehatan kulit kita. Oleh sebab itu, ada body milk yang siap memberi nutrisi pada kulitmu. Teksturnya lebih cair dan ringan dari body lotion sehingga lebih cepat meresap di kulit. Saat kamu meletakkan sedikit body milk di tangan, maka akan meleleh atau mencair.

3. Body lotion cocok untuk kulit kering & normal

Body Butter, Body Milk, Body Lotion, atau Body Cream, Ini Bedanya!instyle.com

Body lotion teksturnya juga cair seperti body milk namun tidak terlalu berminyak. Cepat diserap kulit, cocok digunakan ke seluruh bagian tubuh, dan match buat kamu yang punya kulit kering dan normal. Aplikasikan setidaknya 2 kali sehari, pagi hari setelah mandi dan malam hari menjelang tidur.

4. Mencegah kulit kering dan pecah-pecah dengan body cream

Body Butter, Body Milk, Body Lotion, atau Body Cream, Ini Bedanya!popsugar.com

Body cream punya tekstur creamy yang lebih kental dibandingkan body lotion sehingga cocok digunakan pada bagian tubuh yang sangat kering seperti tangan dan kaki. Fungsi body cream juga untuk mencegah kulit kering dan pecah-pecah serta melembapkan kulit.

Baca Juga: Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicoba