Selain jerawat, masalah kulit yang cukup mengganggu adalah komedo. Walaupun bentuknya kecil, tapi ternyata komedo bikin wajah jadi tampak tidak mulus. Komedo pada umumnya merupakan jerawat yang tidak membengkak. Jerawat dan komedo sama-sama muncul dari penyumbatan pada pori-pori. Gangguan dari komedo pun ada dua jenis yaitu blackhead dan whitehead. 

Nah, sesuai dari namanya kalau blackhead memiliki ujung warna hitam dan whiteheads berwarna putih. Nah, bagaimana cara kamu membedakan komedo blackheads dan whiteheads? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Blackhead

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaaan Whitehead dan BlackheadFreepik.com

Meskipun sama-sama berbentuk komedo namun ternyata proses pembentukan keduanya berbeda. Blackhead muncul jika sebum terperangkap di dekat pori-pori sehingga kemungkinan terpapar sinar matahari atau udara dari luar. 

Lubang pori-pori yang besar dan masih terkena udara maka menyebabkan komedo akan berwarna hitam. Proses inilah yang menyebabkan campuran antara minyak dan sel kulit mati. 

Cara mengatasi blackheads yang bisa kamu bisa lakukan adalah dengan menggunakan salicylic acid atau kamu juga bisa memakai BHA peel. Usahakan untuk jangan pakai scrub atau pore strip karena hal itu membuat komedo tambah banyak dan tidak mengangkat puncak komedo dari akar. 

Whitehead

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaaan Whitehead dan BlackheadStylecraze.com

Nah, kalau komedo putih memang sering ditemukan pada hidung. Maka dari itu, sebagian perempuan banyak yang melakukan facial untuk mengatasi komedo. Tetapi, kamu tahu nggak kalau komedo putih atau whitehead itu disebabkan karena minyak berlebih dan sel kulit mati masuk ke dalam pori-pori yang terbuka.

Pori-pori yang kecil membuat campuran minyak dan sel kulit mati tidak teroksidasi, maka dari itu kalau kamu mencoba memencet komedo putih pada hidung pasti akan keluar lemak putih. 

Cara mengatasi komedo putih sebenarnya kamu bisa pakai pembersih wajah mengandung kandungan salicylic acid atau glycolic acid yang berfungsi untuk mengangkat minyak dan mengikis sel kulit mati. Untuk skincare gunakan produk yang memiliki label water-based bukan oil based. 

Kemudian rawat komedo dengan mengeluarkannya pakai alat khusus, atau agar lebih aman pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan facial ya, Bela. 

Baca Juga: Nggak Sulit, Ini 7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat dan Alami