Sekarang ini berbagai tips kecantikan yang bisa dibuat di rumah tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan bisa dijangkau sudah ada di media sosial manapun. Termasuk dengan menggunakan putih telur.

Namun, seperti yang dilansir oleh healthline, ternyata masker ini sangat tidak dianjurkan untuk wajah karena menimbulkan berbagai efek negatif jika tidak bijak dalam menggunakannya. Berikut adalah penjelasannya:

1. Reaksi alergi sehingga membuat kulit menjadi iritasi

Jika memang mempunyai alergi terhadap telur saat memakannya, sebaiknya tidak dianjurkan pula untuk mengoles putih telur di wajah. Hal ini bisa menyebabkan gatal-gatal yang parah, adanya ruam dan sesak napas tergantung tingkat keparahan alergi.

Sebagai tambahan dari medicalnewstoday, sebelum mengoleskan putih telur ke wajah terlebih dahulu dioleskan sedikit ke bagian belakang tangan, di bawah dagu atau di belakang telinga. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian periksa di area tersebut untuk memastikan tidak adanya kemerahan, gatal, bengkak atau tanda lain dari reaksi alergi. 

Ini 4 Dampak Berbahaya dari Masker Putih Telur Buatan Sendiri pinterest.com

2. Infeksi salmonella

Dr. Doris Day ahli dermatologi menyatakan bahwa memang putih telur dapat memberikan efek pengencangan dan lebih bagus lagi untuk wajah dengan tipe berminyak tetapi itu hanya sementara saja. Namun putih telur terkadang mengandung Salmonella. Jika tidak hati-hati dalam mengoles ke wajah bisa tertelan dan masuk ke dalam perut. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Infeksi lainnya

Wajah adalah bagian yang sangat sensitif bahkan tidak terasa jika ada goresan luka. Nah, sesuatu yang mentah itu tidak akan baik jika dioleskan pada wajah apalagi dalam keadaan luka atau goresan kecil yang tanpa diketahui penyebabnya apa. Menurut penelitian, ini bisa menyebabkan infeksi pada wajah. Dikhawatirkan bakteri yang ada di dalam putih telur masuk ke dalam luka tersebut. Apalagi kalau di wajah ada jerawat yang pecah, bisa semakin parah.

Ini 4 Dampak Berbahaya dari Masker Putih Telur Buatan Sendiri pinterest.com

4. Orang lain juga menanggung risiko

Misal dalam suatu anggota keluarga, salah satunya ada yang mengalami alergi telur, bisa juga terkena risiko walaupun tidak ikut mengoles putih telur ke wajahnya. Dalam hal ini,  jika pengguna masker tidak berhati-hati dalam mengolesnya. Terkadang lupa untuk membersihkan putih telur yang menetes dengan tidak sengaja ditambah lagi dengan warnanya yang hampir bening sehingga tidak tampak oleh mata.

Jika ingin masih menggunakan masker putih telur, pastikan telur tersebut benar-benar aman untuk kulit wajah. Pilihlah telur yang organik, telur ayam kampung atau telur yang sudah terbebas dari bakteri. 

Itu tadi empat dampak yang perlu diwaspadai jika menggunakan putih telur sebagai masker wajah. Sebaiknya sebelum menggunakan tes alergi dulu, ya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Ini 4 Dampak Berbahaya dari Masker Putih Telur Buatan Sendiri"