Body scrub adalah perawatan kulit yang gunanya untuk mengangkat sel kulit mati. Body scrub nggak harus dipakai setiap hari. Selayaknya masker wajah yang memiliki kegunaan yang sama, pakailah body scrub seminggu 1-2 kali.

Selain karena kegunaannya, kamu pasti saat akan memilih body scrub terlebih dahulu mencium pilihan aromanya. Nah, selain aroma, body scrub ternyata juga memiliki jenis-jenis yang berbeda lho Bela. Kemudian karena jenisnya yang berbeda maka kegunaannya pun sudah pasti nggak sama. bingung memilih body scrub yang cocok untukmu? Yuk, simak beberapa tips dari Popbela di bawah ini.

Tips Memilih Body Scrub yang Tepat Untukmu dan Cara Memakainyasociety19.com

1. Jenis-jenis Body scrub berdasarkan jenis eksfoliatornya

  • Sugar scrub : Scrub yang satu ini cocok bagi tipe kulit sensitif dan normal to dry. Ini karena sugar scrub teksturnya lebih lembut di bandingkan dengan tipe scrub lainnya. Gula juga merupakan humektan alami yang artinya berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Coffee scrub : berbeda dengan gula, jika kopi masuk ke kategori stimulan alami. Coffee scrub memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit dan merangsang regenerasi sel lebih cepat. Scrub ini cocok untuk semua jenis kulit. Kebanyakan orang memilih coffee scrub selain dari kegunaannya namun juga dari aromanya yang menenangkan.
  • Salt scrub : scrub jenis garam ini merupakan yang paling efektif untuk eksfoliasi kulit karena cenderung yang paling abrasif. Scrub jenis ini cocok bagi kamu yang memilik tubuh mudah berkeringat, berminyak dan jerawat tubuh seperti di daerah punggung, dada, dan bahu.
  • Herbal scrub : scrub ini terbuat dari bahan-bahan alami sehingga memiliki fungsi untuk menyegarkan, menenangkan, dan menyembuhkan. Masa pakainya pun lebih singkat di banding dengan jenis scrub lain. Scrub ini cocok untuk semua jenis kulit.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis scrub seperti di atas, kamu tinggal memilihnya sesuai kebutuhan kulit tubuhmu.

Tips Memilih Body Scrub yang Tepat Untukmu dan Cara Memakainyafreepik.com

2. Cara pakai body scrub yang benar

  • Basahi tubuh secara menyeluruh. Disarankan menggunakan air hangat agar pori-pori lebih terbuka dan kotoran akan terangkat lebih maksimal.
  • Aplikasikan scrub pada kulit dan gunakan cara memutar agar lebih efektif membersihkan dan mempercepat penyerapan nutrisi. Jauhi gerakan dari atas ke bawah karena akan membuat kulit kendur.
  • Pijat tubuh saat menggunakan scrub guna agar tubuh menjadi lebih rileks dan segar setelahnya.
  • Lain hal saat membasuh di awal, jika untuk membilas scrub sebaiknya kamu memakai air dingin agar terhindar dari pori-pori supaya nggak semakin terbuka.

3. Kapan waktu yang tepat pakai body scrub

Ini adalah waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk gunakan body scrub :

  • Setelah berolahraga agar mencegah timbulnya jerawat punggung, dada, dan pundak.
  • Setelah aktifitas outdoor cukup lama agar kotoran nggak mengendap lama di kulit.
  • Ketika kamu merasa pegal-pegal gunanya sebagai rileksasi tubuh
  • Saat waktu senggang di rumah

Berikut beberapa tips memilih dan menggunakan scrub yang tepat agar hasilnya menjadi lebih maksimal di kulitmu. Semoga bermanfaat ya Bela!

 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Body Scrub Lokal yang Bikin Kulit Mulus dan Glowing