Demi memiliki tubuh yang terlihat sempurna dari pandangan luar, badan proposional saja rasanya belum cukup lho. Memiliki kulit yang halus juga didambakan oleh para kaum perempuan. Nah, untuk berkulit mulus, pernahkah kamu coba melakukan waxing? Waxing itu sendiri adalah pengangkatan atau pencabutan bulu rambut hingga ke akar yang nggak akan membuat rambut tersebut kembali tubuh dalam waktu 2 minggu sampai 2 bulan.

“Beauty is Pain”, penggalan kalimat diatas mungkin bisa mewakilkan sisi positif dan negatif dari waxing. Setelah waxing kulit akan terlihat lebih mulus berkali lipat namun bagaimana dengan setelahnya? Mencabut bulu secara paksa itu dapat menimbulkan efek lain pada kulit. Berikut adalah beberapa tips agar kulit tetap mulus setelah melakukan waxing.

1. Jangan terkena air

Urungkan niat kamu jika setelah waxing memiliki rencana untuk berenang di kolam atau mengunjungi pantai. Itu untuk mengindari kemungkinan iritasi pada kulit yang disebabkan terkena air garam atau mengandung bahan kimia yang terdapat di air kolam. Seenggaknya jangan biarkan kulit yang setelah di waxing terkena air selama 12 jam.

2. Oleskan aloe vera

Manfaat dari pada aloe vera bagi tubuh memang nggak perlu diragukan lagi. Aloe vera baik digunakan saat setelah waxing. Itu agar aloe vera berguna untuk melembapkan dan menenangkan kulit yang baru di waxing. Jika setelah waxing kamu harus beraktivitas, aloe vera bisa berguna sebagai pelembap atau lotion untuk menjaga kulit dai bakteri luar.

7 Cara Mudah Agar Kulit Tetap Mulus Setelah Waxingbee-beautiful.com.au

3. Jaga sentuhan

Kulit yang baru di-waxing pastinya masih sangat bersih dari berbagai kotoran dan bakteri. Jadi jauhkan sentuhan tangan yang nggak yakin jika dalam keadaan bersih. Jika kamu memiliki krim khusus untuk dioleskan di daerah setelah waxing, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih ya, Bela.

4. Kenakan pakaian yang nyaman

Jangan kenakan pakaian yang terlalu ketat atau berbahan kasar pada kulit yang baru di waxing. Pilihlah pakaian yang lebih nyaman seperti sweatshirt  dan celana yang longgar berbahan katun atau kaos. Gesekan antar pakaian dan kulit khawatir membuat kulit sensitif tersebut dapat menyebabkan iritasi.

5. Kompres dengan es batu

Hal ini dapat dilakukan sebelum dan setelah waxing. Jika dikompres sebelum waxing dapat mengurangi rasa sakit dalam proses wax nanti, dan setelahnya dapat menenangkan dan mengurangi sensitif kulit kamu. Caranya kompres secara memutar ke seluruh kulit yang di waxing selama beberapa menit.

7 Cara Mudah Agar Kulit Tetap Mulus Setelah Waxingsimplybeautifulspa.com

6. Hindari Sinar Matahari

Kulit yang setelah di-waxing akan menjadi lebih sensitif dari biasanya, termasuk pada sinar matahari. Maka hindari dulu aktifitas diluar ruangan yang memerlukan waktu lama. Jika terpaksa, untuk penanganannya yaitu gunakanlah sunscreen secara merata. 

7. Mandi sebelum melakukan waxing

Membasuh kulit yang selesai di-waxing dengan air hangat dapat membuat kulit iritasi. Jadi, sebaiknya bersihkan dahulu tubuhmu sebelum melakukan waxing. Cara ini lebih baik agar setelah waxing pun kulit masih terasa bersih dan nggak bermasalah.

Itulah beberapa tips dan cara agar kulit tetap mulus setelah melakukan waxing. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 11 Tips yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mencoba Waxing di Rumah

Baca Juga: Baru Pertama Kali Cukur Bulu Kaki? Baca 5 Tips Ini Ya!

Baca Juga: 5 Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Benar