Apa itu propolis? Propolis adalah sebuah zat yang dibuat oleh lebah. Lebah menghasilkan senyawa propolis dari campuran air liur lebah dan getah tumbuhan. Propolis sudah dikenal sebagai penyembuh luka tubuh sejak zaman dahulu lho. Namun, tahukah kamu jika propolis juga bermanfaat bagi kecantikan? Yuk, simak beberapa poin di bawah ini.

1. Mengatasi jerawat

Bahan alami yang terkandung pada propolis mampu membunuh berbagai bakteri jahat salah satunya yaitu bakteri penyebab timbulnya jerawat. Itulah mengapa sudah ada beberapa skincare yang terdapat propolis sebagai salah satu kandungannya.

Ternyata, Ini Manfaat Propolis Untuk Kecantikanfreepik.com

2. Melembapkan kulit

Propolis bisa melembapkan kulit yang kering. Contohnya ketika salah satu spot di kulitmu kering akibat bekas luka, tinggal dipakaikan beberapa tetes propolis maka akan terasa bedanya. Selain melembapkan, propolis juga memberikan efek menenangkan kulit.

3. Mengontrol minyak berlebih

Kulit berminyak sering kali dianggap sebagai salah satu penyebab timbulnya jerawat. Demi menanganinya, cobalah produk skincare yang mengandung propolis untuk mengatasi produksi sebum berlebih di wajah.

Ternyata, Ini Manfaat Propolis Untuk Kecantikanfreepik.com

4. Melawan radikal bebas

Propolis mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas seperti polusi atau sinar UVA dan UVB yang berbahaya pada kulit. Selain itu jangan lupa selalu memakai sunscreen setiap kali keluar rumah.

5. Mencerahkan wajah

Setiap kita memilih skincare, sering kali yang pertama kita cari adalah untuk mencerahkan kulit. Nah, propolis juga memiliki kandungan yang bernama flavonoid. Kandungan ini dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda-noda hitam di wajah. Itulah lima manfaat propolis bagi kecantikan. Semoga bermanfaat, Bela!

Baca Juga: Ini Produk Unik yang Bisa Bikin Wajah Lebih Lembap Dalam Sekejap