Bunga mawar nggak hanya bisa dimanfaatkan untuk lambang cinta. Mawar juga bisa digunakan sebagai skincare sehari-hari. Kegunaan kecantikan tersebut bisa diperoleh dari air mawar. Namun tahukan kamu apa itu air mawar?

Air mawar atau rose water adalah antiseptik atau antibakteri yang dibuat dengan cara merebus atau menyaring uap kelopak bunga mawar. Penyaringan ini kemudian menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar. 

Rose water juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini bisa berfungsi dengan baik di kulit wajah sebagai antioksidan yang disinyalir mampu mencegah penuaan dini. Lalu apa sajakah manfaat air mawar?

1. Mencerahkan kulit wajah

Air mawar dapat mencerahkan kulit wajah berkat vitamin A dan E yang berfungsi untuk eksfoliasi kulit wajah secara keseluruhan. Selain itu keuntungan lainnya adalah sifat antioksidan pada air mawar juga bisa mempererat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit. Dilansir dari hellosehat.

2. Bantu hilangkan ketombe

Air mawar juga dikenal sebagai pengobatan untuk peradangan di kulit kepala. Nggak hanya peradangan namun air mawar juga bisa hilangkan ketombe. Salah satu caranya yaitu jadikanlah air bunga mawar sebagai conditioner alami yang memberikan nutrisi pada pertumbuhan kulit kepala dan rambut kamu.

Serbaguna, Ini 7 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikanskincare.com

3. Menenangkan iritasi wajah

Manfaat besar lainnya yaitu sifat anti-inflamasi yang kuat pada air mawar. Air mawar bisa membantu mengatasi beberapa masalah kulit baik internal maupun eksternal. Salah satunya adalah membantu menenangkan iritasi eksim atau rosacea. Rosacea adalah kemerahan pada kulit yang kondisi parahnya bisa berisi nanah.

4. Memulihkan luka dan bekas luka

Pusing dengan noda hitam bekas jerawat di wajah? Nggak perlu khawatir lagi nih, Bela. Kamu bisa gunakan rose water sebagai penawarnya. Kabar baik lainnya adalah nggak hanya bekas jerawat yang bisa diatas, namun bekas luka di area tubuh lainnya juga lho. Bahkan luka yang masih meradang juga akan menjadi lebih cepat sembuh apabila di atasi dengan air mawar.

Serbaguna, Ini 7 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikanpinterest.com

5. Sebagai toner wajah

Manfaat air mawar yang satu ini mungkin sudah kamu ketahui sebelumnya ya, Bela. Air mawar sering digunakan sebagai toner atau pembersih wajah yang bisa memberikan efek menyegarkan dan harum di kulit wajah. Bahkan salah satu produk skincare asal Korea Selatan, Mamonde, mengeluarkan toner yang khusus dengan kandungan air mawar. Menjadikan toner air mawar sebelum kamu pergi tidur akan membuat kulitmu di pagi hari terasa kenyal.

6. Menghidrasi kulit wajah

Manfaat air mawar bagi wajah lainnya yaitu dapat menghidrasi kulit wajah, terlebih lagi sekarang kita sedang berada di masa karantina yang membuat kulit harus lebih diperhatikan dibanding sebelumnya. Hal ini karena terdapat keseimbangan pH kulit yang bisa menjadi hydrator kulit alami.

Serbaguna, Ini 7 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikanhypebae.com

7. Mencegah penuaan dini

Hasil olahan air mawar itu mengandung antioksidan dan memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah penuaan dini kulit, kusam, dan kering. Rutinlah menggunakan rose water ini sebagai upaya pencegahan tanda penuaan seperti bintik-bintik pada muka. Nggak hanya itu, keriput dan garis –garis halus pada wajah juga akan berkurang.

Itulah beberapa manfaat air mawar untuk kecantikan. Wah, banyak juga ya ternyata.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Air Mawar untuk Kulit Wajah

Baca Juga: 5 Tips Memakai Air Mawar agar Kulit Wajah Lebih Halus

Baca Juga: Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya