Pada zaman sekarang ini, bagi sebagian besar perempuan menggunakan skincare sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Rangkaian toner dan teman-temannya tersebut sudah seperti satu kesatuan. Namun selain hanya memeriksa manfaat dari skincare yang dipakai, memeriksa kandungan dari skincare tersebut justru lebih penting lho.

Meski sedikit PR untuk mengecek satu persatu kandungan yang terdapat pada skincare-mu namun jangan sepelekan hal itu ya, Bela. Ada beberapa kandungan skincare yang dianjurkan untuk nggak dipakai secara bersamaan karena khawatir akan menimbulkan masalah wajah seperti pengelupasan kulit atau breakout. Dilansir dari Everydayhealth, berikut 6 kandungan skincare yang nggak boleh dipakai bersamaan.

1. Retinoid/Retinol dan Alpha Hydroxy Acid

Keduanya merupakan vitamin A. Menurut para ahli, kandungan ini adalah untuk anti-aging karena mempercepat pergantian sel kulit. Namun dalam hal ini, sebaiknya jangan pakai keduanya dalam bersamaan karena efek dari keduanya yaitu mengelupas bagian luar kulit hingga berpotensi dapat membuat iritasi kulit wajah. Namun tetap ada cara lain untuk mengatasi keduanya, kamu bisa menggunakan ini bergantian misalnya dalam dua hari bisa diselingkan dalam penggunaannya.

Hati-hati, Kandungan Skincare Ini Nggak Cocok Dipakai Bersamaanletterf.id

2. Retinoid/Retinol dan Benzoyl Peroxide

Retinoid dikenal merupakan kandungan skincare anti-aging. Namun ternyata juga dapat membunuh jerawat. Benzoyl Peroxide sendiri juga dikenal untuk menghilangkan jerawat. Karena alih-alih akan menghilangkan jerawat justru akan menjadi bumerang untuk kamu. Agar tidak terjadi pengelupasan yang parah, hindari menggunakannya bersamaan ya.

3. Retinoid/Retinol dan Vitamin C

Vitamin C adalah bahan yang sulit diformulasikan karena mengandung pH yang lebih asam, sedangkan Retinoid pasa pH yang lebih tinggi. Jika digunakan secara bersamaan maka hasilnya nggak akan optimal. 

Hati-hati, Kandungan Skincare Ini Nggak Cocok Dipakai Bersamaanletterf.id

4. . Retinoid/Retinol dan Salicylic Acid

Efek lain dari kedua bahan ini adalah sama-sama membuat kulit menjadi kering. Jika ini dipakai secara bersamaan maka khawatir kulit wajahmu akan over dry lalu menyebabkan iritasi. 

Baca Juga: Ini Alasan Pentingnya Memakai Skincare yang Sudah Memiliki BPOM