Memiliki aroma tubuh yang wangi menjadi impian semua orang. Sebab, tubuh yang wangi dapat memberikan kesan yang baik di hadapan orang lain. Karena itu, setiap orang berusaha menjaga tubuhnya tetap wangi, seperti dengan mengenakan parfum pada dirinya, memakai body lotion yang wangi sebelum berangkat beraktivitas, menyemprotkan hair mist pada rambut, dan sebagainya.

Namun sayangnya, kita nggak selalu dapat mempertahankan wangi pada tubuh. Keringat, matahari dan polusi, adalah sebagian alasan yang dapat mengganggu wangi tubuh. Akibatnya, tubuh memiliki bau yang kurang sedap dan dapat meninggalkan kesan kurang baik saat bertemu dengan orang lain. Tapi, jangan khawatir, Bela. Melansir dari Cosmopolitan, ada beberapa tips untuk dapat menjaga aroma tubuh tetap wangi sepanjang hari. Apa saja?

1. Menggunakan pasta gigi yang tepat

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariPexels.com/Pixabay

Bau mulut dapat mengganggu keseluruhan penampilanmu, loh. Untuk menjaga mulut tetap bersih dan nafas terasa  segar, penting untuk menyikat gigi secara rutin dan menggunakan pasta gigi yang tepat. 

Gosok gigi 2x sehari untuk menjaga kesehatan gigi. Kamu juga bisa menggosoknya lagi setelah makan untuk membersihkan rongga mulut dari sisa makanan yang dapat menyebabkan bau kurang sedap. Selain itu, gunakan pasta gigi yang bebas sulfate dan bebas paraben untuk menjaga nafas terasa segar.

2. Berkumur dengan obat kumur bebas alkohol

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariId.pinterest.com/Verywell

Suka menggunakan obat kumur? Faktanya, kandungan alkohol dalam obat kumur dapat mengeringkan area mulut dan mengurangi aliran air liur. Hal ini dapat menyebabkan bau kurang sedap. Karena itu, coba beralih menggunakan obat kumur bebas alkohol serta memiliki kandungan zinc chloride yang dapat menetralisir nafas kurang sedap dari dalam mulut.

3. Jangan menggosok parfummu

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang Harigreatist.com

Semprotkan parfum pada pergelangan tangan dan belakang leher, atau semprotkan ke udara dan berjalan melewatinya agar partikel parfum menempel padamu. Namun, para ahli menyarankan agar kamu nggak menggosok parfum saat memakainya. Sebab, menggosok hanya akan menghilangkan wangi top not dengan cepat, menyisakan middle note dan base note. Jadi, kamu nggak mendapatkan wangi yang utuh dari parfum yang baru saja disemprotkan.

4. Gunakan rollerball berbahan dasar minyak

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariId.pinterest.com/Mthrearthliving

Ingin tampil wangi sepanjang hari? Coba gunakan parfum berbentuk rollerball yang berbahan dasar minyak.  Mengapa produk ini? Sebab minyak tahan lebih lama pada kulitmu. Serta, minyak lebih terkonsentrasi sehingga memberikan aroma yang lebih kuat ketimbang parfum yang berbahan dasar alkohol. Jadi, simpan satu parfum rollerball berbahan dasar minyak di dalam tasmu untuk dipakai sepanjang hari saat dibutuhkan.

5. Semprotkan hair mist

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang Harihttp://ryanivithaa.gq

Sampo yang kamu gunakan mungkin wangi, namun aroma tersebut belum tentu tahan lama sepanjang hari. Terlebih jika kamu beraktivitas di bawah sinar matahari dan terkena polusi. Rambut akan kehilangan wanginya. Selalu sedia hair mist agar kamu dapat menyemprotkannya ke rambut. Produk ini dapat membuat rambut jadi lebih wangi dan segar.

6. Coba deodoran essential oil

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariId.pinterest.com/Margrietnl

Memakai deodoran menjadi salah satu alternatif untuk menjaga ketiak tetap bersih dan wangi. Namun, nggak semua produk deodoran cocok dengan ketiakmu. Ada kalanya, deodoran justru membuat ketiak hitam, nggak dapat menjaga dari keringat, atau malah menyebabkan bau badan. Kalau mengalami masalah seperti ini, coba gunakan deodoran essential oil. Produk ini diklaim dapat melindungi ketiak dari keringat selama 48 jam tanpa meninggalkan noda putih pada baju, serta memberikan wangi yang menenangkan.

7. Atau, coba deodoran berbahan dasar alami

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariId.pinterest.com/comebackmomma/

Kalau sulit menemukan deodoran essential oil, kamu dapat mencoba deodoran berbahan dasar alami. Formula deodoran alami umumnya bebas alkohol dan alumunium sehingga aman untuk tubuhmu. Tentunya, deodoran alami dapat menjaga tubuhmu (terutama area ketiak) wangi sepanjang hari.

8. Gunakan sabun tangan yang wangi

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariPexels.com/Burst

Nggak ada salahnya untuk memiliki sabun tangan sendiri. Selain menjaga kebersihan, sabun tangan dapat membantu menjaga wangi setiap saat. Kamu dapat mengenakannya setelah makan atau setelah menggunakan kamar mandi.

9. Gunakan parfum solid

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariId.pinterest.com/mthrearthliving/

Kalau parfum tipe rollerball bukan menjadi favoritmu, mungkin kamu mau mencoba parfum solid. Beberapa brand kecantikan merilis parfum berbentuk padat dalam wadah kecil yang praktis. Kamu dapat menggunakanya dengan menggosokkannya ke kulit, menjadikan tubuhmu wangi sepanjang hari.

10. Selalu menggunakan hair conditioner

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariPexels.com/Element5 Digital

Selain melembutkan, hair conditioner berfungsi membuat rambutmu menjadi lebih wangi, loh. Coba bandingkan rambutmu ketika hanya menggunakan sampo dengan saat menggunakan sampo dan kondisioner. Pasti rambut akan terlihat lebih sehat, lebih lembut, terhidrasi dengan baik, dan wangi tahan lama. Jadi, mulai rutin menggunakan kondisioner dari sekarang, ya!

11. Pilih dan gunakan body cream yang cocok untukmu

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariId.pinterest.com/ritualsofficial

Setelah selesai mandi, segera gunakan body cream atau body lotion pada tubuhmu, Bela. Selain menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut, memakai body cream setelah mandi dapat membuat wangi tersebut tahan lama pada tubuhmu. Kulit yang halus, lembap, dan wangi, siapa yang nggak menginginkannya?

12. Gunakan hand cream

12 Tips Menjaga Tubuh dan Rambut Wangi Sepanjang HariPexels.com/Moose Photos

Kabar baik! Hand cream nggak hanya menjaga kelembapan dan kelembutan kulitmu saat beraktivitas di ruangan penuh AC. Produk ini juga dapat membuat tanganmu wangi lebih lama. Bahkan, hand cream dengan wangi yang lembut dapat membuat aroma parfummu menjadi lebih wangi.

Menjaga tubuh tetap wangi sepanjang hari bukan lagi hal yang sulit, Bela. Kamu bisa mencoba beberapa tips di atas untuk mendapatkan wangi yang tahan lama pada tubuhmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Membuat Wangi Parfum Tahan Lama