Menjaga kulit bebas jerawat bagi seseorang yang memiliki kulit tipe acne-prone (rentan berjerawat) itu sangat memusingkan. Kita harus pandai memilih jenis perawatan yang tepat dan tahu penggunaan masing-masing produk dengan baik. Belum lagi kalau ketemu produk yang kurang cocok, malah bisa menimbulkan jerawat yang menjadi-jadi.

Untuk mempermudah kamu, ada beberapa daftar bahan skincare yang ampuh mengatasi jerawat membandel. Dilansir dari Cosmopolitan, cek daftar berikut ini yuk.

8 Bahan Skincare yang Ampuh Lawan Jerawat Bandel
 

Beta hidroxy acid ini bahan 'emas' standar dalam setiap skincare untuk kulit berjerawat karena aman untuk kulit sensitif juga. Bahan ini bekerja dengan mengurangi produksi minyak dan membersihkan pori-pori.

8 Bahan Skincare yang Ampuh Lawan Jerawat Bandel
 

Antioksidan ini dapat menjaga dan melindungi kulit dari pengaruh lingkungan buruk seperti sinar matahari dan polusi. Bahan ini pun dapat mempercepat penyembuhan post-pimple, menghilangkan noda hitam, serta memberikan kilau alami pada kulit. Glow baby, glow!

8 Bahan Skincare yang Ampuh Lawan Jerawat Bandel
 

Eksfoliator dapat meningkatkan pergantian sel kulit secara alami sehingga mencegah penyumbatan pori-pori. Namun terlalu sering melakukannya atau menggunakan produk yang terlalu kasar dapat membuat kulit iritasi dan berminyak lebih banyak. Alternatifnya, pilih eksfoliator dengan granules yang lembut dan gunakan produk 2-3 kali dalam seminggu.

8 Bahan Skincare yang Ampuh Lawan Jerawat Bandel
 

Bahan ini diyakini nggak akan menyumbat pori-pori, dan mampu melembapkan kulit acne-prone dengan baik. Jadi ketika memilih moisturizer, cari yang mengandung hyaluronic acid sehingga kulit tetap lembap tanpa terasa berminyak.

8 Bahan Skincare yang Ampuh Lawan Jerawat Bandel
 

Masker wajah tipe clay sangat cocok untuk kulit cenderung jerawat, dan kaolin clay secara khusus mampu menyerap minyak dan mengeksfoliasi kulit. Kaolin bekerja dengan menarik dan mengangkat pemicu jerawat pada kulit, seperti sel kulit mati, sisa makeup, dan bakteri.

8 Bahan Skincare yang Ampuh Lawan Jerawat Bandel
 

Bahan ini dapat melawan bakteri yang menyebabkan inflamasi, nyeri, dan kemerahan, yang sering muncul bersama breakout. Tapi, Benzoyl peroxide nggak boleh diaplikasikan ke seluruh jerawat, Bela. Cukup oleskan bahan ini jerawat yang nampak seperti blackhead atau pada jerawat memutih dengan lingkaran merah di sekitarnya.

8 Bahan Skincare yang Ampuh Lawan Jerawat Bandel
 

Minyak untuk kulit berminyak? Tenang, argan oil sendiri nggak akan meningkatkan kadar minyak, malah dapat menyembuhkan jerawat tanpa menghilangkan kelembapan kulit. Jadi, jangan ragu mencoba produk yang berbahan argan oil, ya.

8 Bahan Skincare yang Ampuh Lawan Jerawat Bandel
 

Vitamin A a.k.a retinol adalah 'pahlawan' untuk kulit yang bermasalah. Bahan ini dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga mengurangi keriput, serta menjaga pori-pori tetap bersih. Vitamin A juga mampu mengatasi masalah jerawat, memperkecil pori-pori, menghilangkan kemerahan dan noda gelap di wajah. Lengkap, bukan?

Itulah beberapa bahan skincare yang ampuh mengatasi jerawat. Jadi untuk Bela yang memiliki kulit acne-prone, kalian bisa mencari skincare atau makeup yang memiliki salah satu dari 8 kandungan di atas. Dengan begitu, wajah kalian terbebas dari masalah jerawat yang memusingkan.

BACA JUGA: 3 Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami Dengan Cepat