Pernikahan merupakan momen berharga yang terjadi dalam hidup. Karena itu, setiap pengantin pasti akan berusaha mempersiapkan acara besar ini sebaik mungkin. Mulai dari menentukan tanggal dan lokasi pernikahan, memilih tema dekorasi serta pakaian yang akan dikenakan nanti, menentukan menu makanan untuk dihidangkan saat pesta pernikahan, hingga memastikan jumlah tamu undangan untuk acara nanti. Namun, kesibukkan ini semua membuat sang calon pengantin lupa akan satu hal, yaitu mempersiapkan dirinya sendiri untuk hari bahagianya.

Terlepas dari kesibukan mempersiapkan pernikahannnya, calon pengantin juga perlu memerhatikan dirinya sendiri agar dapat tampil cantik sempurna di hari bahagianya. Melansir dari Style Craze, calon pengantin perempuan perlu melakukan beberapa tips perawatan kecantikan untuk dirinya sendiri menjelang pernikahan. Apa saja?

1. CTM (Cleansing, Toning, Moisturizing)

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahgirlslife.com

Tahapan skincare cleansing, toning, moisturizing, perlu dilakukan secara rutin tanpa terlewatkan. Sebab, langkah perawatan ini membantu menjaga kulit terlihat lebih muda dan lebih glowing. Wajah yang bersih dan bebas dari kotoran akan menjaga pori-pori kulit terbuka, yang membuatnya dapat bernafas lebih baik. 

Sedangkan toning dapat membantu mengencangkan pori-pori, serta mengurangi garis halus pada kulit. Terakhir moisturizing, membantu mengunci kelembapan dalam pori-pori kulit, menjaga kulit terasa lembut dan kenyal. Selain itu, jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen.

2. Eksfoliasi

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahbesthealthmagazine.ca

Eksfoliasi adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati dan blackheads. Pastikan untuk mengeksfoliasi kulit sebelum mencuci wajah, setiap 2-3x setiap minggunnya.

Gunakan pencuci wajah dengan formula yang lembut. Sebab pencuci wajah dengan formula yang terlalu 'keras' dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan ruam kemerahan pada kulit. Kamu dapat menggunakan produk eksfoliasi yang sudah tersedia di toko-toko, atau membuat scrub dari bahan-bahan alami di rumah.

3. Facial dan hair spa

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahpinterest.com

Mulai melakukan perawatan facial setidaknya sekali dalam sebulan, minimal 6 bulan sebelum pernikahan berlangsung. Jika rentang waktu yang tersedia kurang dari 6 bulan, kamu bisa mengambil perawatan facial dua minggu sekali. Namun, pastikan untuk melakukan patch test sebelum mengaplikasikan produk baru pada wajahmu.

Untuk rambut yang sehat dan berkilau, mulai melakukan perawatan hair spa sekali setiap bulannya. Sama seperti facial, mulai perawatan ini setidaknya 6 bulan sebelum pernikahan. Jika kurang menyukai perawatan hair spa dengan produk kimiawi, kamu bisa menggunakan produk berbahan alami atau membuat hair spa sendiri di rumah.

4. Perawatan klinis dan homemade

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahlorealparisusa.com

Jika memiliki banyak noda atau bintik pada kulit wajah atau tubuh, perawatan klinis di klinik kecantikan dapat menjadi alternatif terbaik untuk mengatasinya sehingga kamu bisa mendapatkan kulit lebih bersih dan lebih cerah dengan cepat. 

Konsultasikan langsung dengan dokter kecantikan langganan untuk mendapatkan tindakan klinis yang tepat sesuai dengan masalah kulit yang ingin kamu atasi. Sama seperti facial dan hair spa, lakukan treatment ini setidaknya 6 bulan sebelum pernikahan.

Setelah melakukan perawatan klinis, coba facial homemade untuk menjaga wajah tetap bersih dan cantik. Jaga kilau sehat wajahmu dengan menggunakan facial pack berbahan dasar buah-buahan, seperti stroberi, apel, dan pepaya. Perawatan rumah ini merupakan tips perawatan kecantikan pengantin untuk menjaga agar efek tindakan klinis tetap ada pada kulitmu.

5. Perawatan tangan dan kaki

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahmedicalnewstoday.com

Jaga kecantikan dan kelembutan tangan serta kaki dengan menggunakan olive oil. Pijat tangan dan kaki dengan olive oil sebelum tidur pada malam hari. Tips ini membantu menjaga kulit tangan dan kaki dari rasa kering. Saat mandi, pastikan kamu menggunakan batu apung untuk menggosok kaki.

Kuku kaki dan tangan yang berkilau dapat melengkapi penampilan pernikahanmu menjadi lebih menarik. Jadi, coba merawat kesehatan dan penampilan kuku-kukumu dengan menjalani manicure-pedicure setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali.

6. Hair removal

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahrefinery29.com

Mencabut atau membersihkan rambut dari area tubuh tertentu perlu dilakukan dari jauh-jauh hari. Sebab jika dilakukan secara mendadak, dapat menimbulkan luka pada kulit atau ruam kemerahan yang nggak dapat hilang dengan cepat. Jadi, bagaimana pun proses hair removal yang ingin kamu jalani, lakukan setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali, atau sesuai dengan kebutuhanmu.

7. Olahraga

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahrunnersworld.com

Hindari diet mendadak atau olahraga yang intens selama 1-2 bulan sebelum pernikahan. Hal ini dapat membuatmu terlihat lelah serta membuatmu menginginkan makanan lebih sering dari sebelumnya. 

Jika menginginkan postur tubuh yang ideal, konsultasikan dengan ahli gizi atau personal trainer di gym tempat berolahraga. Lalu, mulai olahraga setidaknya 4 bulan sebelum pernikahan untuk mendapatkan hasil penurunan berat badan yang  lebih efektif, terutama pada bagian tubuh seperti perut dan paha.

8. Bermeditasi

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahcoveteur.com

Nggak memungkiri, mempersiapkan pernikahan dapat memberikan tekanan tersendiri dalam pikiranmu. Jika mengalami keadaan ini, salah satu cara efektif untuk mengurangi stres serta beristirahat sejenak adalah dengan bermeditasi setidaknya 15 menit setiap harinya. Kamu akan merasa lebih tenang dari sebelumnya.

Coba untuk mengeluarkan pikiran positif. Bayangkan waktu bahagia yang akan kamu dapatkan setelah acara pernikahan ini selesai. Kamu akan merasa lebih tenang, dan pernikahan akan terasa lebih cepat selesai dari yang kamu pikirkan. Kedamaian dalam dirimu akan membuat proses persiapan pernikahan jadi lebih cepat berlalu.

9. Menjaga pola makan

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahmodernhoney.com

Penuhi asupan mineral tubuh karena selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air mineral membantu menjaga tubuh bebas dari zat-zat beracun. Minum setidaknya 8-10 gelas setiap harinya. Minum air kelapa atau air jeruk nipis untuk mengurangi kembung. Selain itu, jaga asupan makan dengan mengonsumsi menu bergizi seimbang dan menghindari makanan-makanan kurang sehat seperti junk food.

Diet yang sehat nggak hanya menjaga tubuh tetap sehat, tetapi juga menjaga penampilan kulit lebih cantik dan berkilau. Kekurangan vitamin dan mineral, misalnya, dapat menimbulkan tampilan kuku yang retak serta kulit yang pucat.

10. Tidur yang cukup

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahnadiaking.co

Kurang tidur dapat menimbulkan kantung mata hitam pada wajah, yang dapat mengganggu penampilanmu saat pernikahan nanti. Selain itu, kamu pun akan merasa lebih lelah saat pernikahan nanti. Jadi, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup sebelum pernikahan. Coba untuk tidur 8-10 jam setiap harinya.

11. Spa and massage

Ini  11 Perawatan Kecantikan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahpinehurst.com

Ini bukan perawatan yang diharuskan, namun jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus me time yang berkualitas, nggak ada salahnya untuk mengunjungi salon kecantikan untuk mendapatkan spa dan pijat tubuh yang membuatmu lebih rileks.

Sebagai pengantin yang sedang sibuk mempersiapkan pernikahan, kamu berhak mendapatkan me time berkualitas dan salah satunya adalah perawatan kecantikan sebelum pernikahan. 

Perawatan kecantikan ini nggak hanya membantu memberikan penampilan sempurna di hari pernikahan nanti, tetapi juga membantumu menjadi lebih rileks untuk menyambut hari besarmu, Bela. Kamu dapat tampil dengan kilau pengantin sempurna dengan perawatan kecantikan yang tepat.

Baca Juga: Jangan Stres, Ini 8 Cara Atasi Rasa Cemas Jelang Pernikahan