Penggemar minuman kopi atau makanan dengan cita rasa kopi? Siapa sangka jika biji tanaman ini dapat kamu gunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan wajah! Ada banyak tips membuat masker kopi untuk wajah, cara membuatnya dan cara memakainya. Namun kira-kira, apa manfaat masker kopi untuk wajah, ya?

Manfaat masker kopi

Kopi memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kulit wajah dan tubuh. Mulai dari melawan tanda-tanda penuaan dini hingga mengatasi selulit. Buat kamu yang belum tahu, berikut manfaat masker kopi yang perlu kamu tahu:

1. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnya

Melansir dari Verywell Health, kopi merupakan salah satu biji-bijian yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan ini baik untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Beberapa penelitian menemukan kalau kopi (khususnya minyak dari biji kopi) dapat meningkatkan kolagen dan elastin, yang dapat membuat kulit wajah teerlihat lebih kencang. Selain itu, kopi dapa menjaga kulit tetap terhidrasi denngan mengurangi proses penguapan air dari kulit.

2. Melindungi dari radikal bebas

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyafashioneditorials.com

Selain membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, antioksidan dalam kopi berkhasiat melindungi kulit dari radikal bebas (seperti partikel polusi). Kandungan antioksidan dalam kopi melindungi kulit sekaligus meningkatkan perlindungan alaminya sendiri.

3. Melindungi dari paparan sinar matahari

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara MembuatnyaBusinessinsider.com

Beberapa penelitian mengungkapkan jika ekstrak bubuk kopi dapat melindungi kulit dari bahaya UVB. Jadi jika digunakan dalam langkah skincare, ekstrak kopi ini turut membantu menjaga kulit dari pembentukan keriput maupun kerusakan kulti akibat sinar matahari.

4. Mencerahkan kulit

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyaproductnation.com

Mengutip dari Blog Paleohacks, kandungan antioksidan dalam kopi juga dapat mencerahkan kulit. Jika diaplikasikan sebagai masker wajah, kopi membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencerahkan kulitmu.

5. Mengurangi pembengkakan

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyanlimedspa.com

Pernah mengalami wajah yang bengkak di pagi hari? Masker kopi berkhasiat mengurangi pembengkakan yang terjadi pada wajah. Kandungan kafein serta senyawa lainnya memiliki efek diuretik yang dapat membantu mengurangi edema atau jaringan membengkak akibat retensi cairan yang berlebihan.

6. Mengurangi lingkar hitam pada bawah mata

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyalorealparisusa.com

Masker kopi turut berkhasiat mengurangi tampilan lingkar hitam bawah mata. Ini karena kandungan kafein di dalamnya membantu meningkatkan sirkulasi mikro darah dalam kulit sehingga mendorong darah yang tersendat dari mata yang lelah.

7. Membantu mengeksfoliasi wajah

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyaallure.com

Kopi juga dapat menjadi eksfoliator alami wajah. Tekstur alaminya membantu mengangkat sel kulit mati, merangsang pembuangan getah bening, dan meningkatkan aliran darah. Kesemuanya dapat menjadikan wajah terlihat lebih sehat dan bercahaya.

8. Mengurangi selulit

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyarefinery29.com

selulit menjadi salah satu masalah yang mengganggu penampilan kulit. Kamu dapat mengatasinya dengan masker kopi, Bela. seperti yang disebutkan sebelumnya, kopi membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan hal ini mampu menghaluskan tampilan selulit. Selan itu, kafein dalam kopi dapat menguraikan lemak sehingga mengurangi selulit.

Cara membuat masker kopi

Ada berbagai macam cara untuk membuat masker kopi. Ada yang hanya menggunakan kopi secara utuh, ada pula yang mencampurkannya dengan bahan-bahan tertentu untuk menambah khasiatnya pada wajah. Berikut adalah masker kopi pilihan Popbela yang mudah dibuat di rumah.

1. Masker kopi untuk wajah yang lebih bersih

Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan 1 sendok makan susu. Aduk hingga menjadi pasta, lalu aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 3-5 menit, kemudian pijat wajah secara lembut dan diamkan kembali sekitar 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin sembari memijat wajah untuk mengeksfoliasi kulit. Lakukan secara rutin setiap 2-3 seminggu untuk hasil yang optimal.

2. Masker kopi untuk wajah yang lebih glowing

Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan bubuk kunyit, dan 1 sendok makan yogurt. Aplikasikan campuran bahan tersebut pada wajah yang telah dibersihkan, kemudian diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air suhu normal, sembari memijat wajah untuk mengembalikan keremajaan kulit. Gunakan masker ini 2-3x setiap minggu untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyapinterest.com

3. Kopi untuk mengencangkan kulit

Campurkan 1 sendok teh kopi dengan 2 sendok teh madu, aduk kedua bahan hingga menjadi past yang kental. Aplikasikan pasta ini pada wajah dan leher secara merata. Diamkan hingga kulit terasa mengencang, lalu bilas dengan air hangat.

4. Kopi sebagai face scrub

Campurkan bubuk kopi, gula merah, dan minyak zaitun secukupnya. Aduk secara merata dan aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan. Kemudian, pijat wajah dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati. Pijat secukupnya, sekitar 1-2 menit, kemudian diamkan selama sekitar 10-15 menit. Lalu, bilas dengan air hangat.

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyamedicalnewstoday.com

5. Ampas kopi untuk mengurangi mata bengkak

Selain bubuk kopi yang baru, ampas kopi pun berguna untuk menjadi bahan masker! Ambil ampas kopi secukupnya dan aplikasika pada bagian bawah mata dan kelopak mata. Diamkan selamat beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

6. Kopi untuk mengurangi pembengkakan pada wajah

Jika wajahmu terlihat membengkak, kamu bisa mengatasinya dengan campuran kopi, madu, dan santan. Campurkan 2 sendok teh bubuk kopi, 4 sendok teh santan, dan 1 sendok teh madu. Aplikasikan campuran itu pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dan keringkan.

Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnyathepinkvelvetblog.com

7. Lulur kopi untuk selulit

Campurkan bubuk kopi secukupnya dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan gula. Aduk secara merata dan aplikasikan pada bagian tubuh yang mengalami selulit. Gosokkan selama beberapa menit, kemudian bilas sampai  bersih.

Itulah manfaat masker kopi untuk kecantikan kulit dan cara membuatnya sendiri di rumah. Kamu bisa membuatnya dengan bahan-bahan campuran yang sesuai untuk masalah kulitmu, Bela. Gunakan secara rutin agar kamu mendapatkan hasil wajah yang lebih sehat dan cantik secara optimal.

Baca Juga: Kamu Penggemar Kopi? Coba Rangkaian Perawatan Wajah Terbaru Ini