Seiring berjalannya waktu, semakin banyak tips dan trik menjaga kecantikan yang viral sesuai dengan tren yang digemari masa kini. Aloe vera untuk merawat kulit? Sudah kamu coba. 

Pakai sheet mask setiap hari untuk kulit yang lebih glowing? Mungkin sedang kamu terapkan sekarang. Apalagi tips kecantikan masa kini yang sedang kamu coba atau sukai? Jangan-jangan, kamu masih menyukai tips kecantikan dari tahun-tahun sebelumnya?

Meski terkesan jadul, bukan berarti tips kecantikan masa lalu sudah nggak efektif lagi seperti tips-tips yang sedang viral masa kini. Boleh jadi, tips merawat kulit yang dulu pernah ibumu lakukan saat remaja, cocok untuk kulitmu sekarang. Melansir dari Beautylish, berikut ini adalah tips kecantikan dari masa lalu yang masih ampuh sampai sekarang.

1. Air dingin untuk mengencangkan pori-pori

Jadul Tapi Ampuh, Ini 7 Tips Cantik dari Zaman DuluPexels.com/NEOSiAM 2020

Pada dasarnya, pori-pori nggak dapat membuka dan menutup sesuai dengan keinginanmu. Namun, bukan berarti kamu nggak dapat merawatnya agar jadi lebih kencang, bukan? Di masa kini, sudah banyak produk perawatan kulit untuk membantu mengencangkan pori-pori. Namun sebenarnya, ada tips mudah untuk mengencangkan pori-porimu dan itu sudah ada sejak masa lampau, loh. Caranya? Pakai air dingin!

Isi baskom atau wadah besar dengan air dingin dan es batu, lalu rendam wajahmu selama 8-10 detik. Cara ini membantu menyegarkan wajah yang terlihat lelah, sekaligus mengencangkan kulit dan pori-porimu. Mudah bukan? Nggak perlu menggunakan berbagai macam produk, cukup air dingin dan es batu yang ada di rumah. Wajah nampak halus dan lebih kencang.

2. Kantung teh untuk mata bengkak

Jadul Tapi Ampuh, Ini 7 Tips Cantik dari Zaman DuluPexels.com/Leah Kelley

Salah satu masalah wajah yang muncul setelah lembur bekerja semalam suntuk adalah mata bengkak dan terlihat lelah. Kalau sudah seperti ini, tentu kamu ingin mengaplikasikan banyak krim mata untuk mengembalikan penampilan mata menjadi lebih indah. Namun sebenarnya, ada cara lebih mudah untuk merawat mata bengkak selepas lembur, loh. Caranya yaitu mengompres mata dengan kantung teh dingin.

Ini merupakan tips kecantikan yang sudah ada dari dulu. Kamu dapat menggunakan kantung teh yang telah diseduh sebelumnya. Simpan dulu di dalam kulkas agar dingin. Kemudian saat kamu merasa ingin mengatasi mata bengkak dan lelah akibat bergadang, keluarkan kantung teh tersebut dan kompres bagian bawah mata selama 10 menit. Mata akan terasa lebih segar dan bengkak pun berkurang.

3. Cuka apel untuk kulit yang lebih halus

Jadul Tapi Ampuh, Ini 7 Tips Cantik dari Zaman DuluInstagram.com/123kickstart

Mungkin sebagian orang belum menyadari kalau merawat kulit dengan cuka apel merupakan tips cantik sejak lama. Selain untuk kebutuhan memasak, cuka apel juga terkenal manfaatnya untuk kulit. Produk ini dapat menjadi toner untuk merawat kulit berjerawat. Kandungan asamnya dapat mengeringkan dan menuntaskan masalah jerawat, menjadikan kulit lebih halus dan sehat.

Namun, jangan menggunakan cuka apel murni pada wajah. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:4. Lalu, aplikasikan pada kulit di malam hari setelah membersihkannya. Jika kamu merasa dapat mengaplikasikan cuka apel yang lebih banyak, coba rasio 1:3 dengan takaran air yang dikurangi.

4. Gula untuk eksfoliasi wajah

Jadul Tapi Ampuh, Ini 7 Tips Cantik dari Zaman DuluPixabay.com/Hebi B.

Sudah banyak produk eksfoliasi yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan kulit mati. Tapi, percayakah jika kamu bisa melakukan eksfoliasi hanya dengan produk yang ada di dapurmu? Kamu hanya membutuhkan gula, minyak zaitun atau minyak kelapa.

Campurkan gula dengan minyak zaitun/minyak kelapa dengan perbandingan 2:1. Aduk merata, lalu gosokkan secara lembut ke wajah. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat. Campuran gula-minyak ini juga dapat kamu gunakan untuk mengeksfoliasi dan merawat bibir kering, loh.

5. Alpukat untuk menghidrasi kulit

Jadul Tapi Ampuh, Ini 7 Tips Cantik dari Zaman DuluPexels.com/Foodie Factor

Pernah mencoba menggunakan buah alpukat untuk merawat kulit? Kamu melewatkan tips kecantikan yang pernah viral di masa lalu ini. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan yang membantu melembapkan kulit, mengurangi kemerahan, serta menjaga kekenyalan kulit.

Haluskan 1 buah alpukat dan oleskan secara merata pada permukaan kulit. Diamkan selama sekitar 20 menit, lalu basuh dengan air hangat. Kulit akan terasa lebih halus dari sebelumnya!

6. Obat mata untuk mengurangi kemerahan pada jerawat

Jadul Tapi Ampuh, Ini 7 Tips Cantik dari Zaman DuluPinterest.com/Lifehacker

Pada masa lalu, obat mata nggak hanya berfungsi mengurangi kemerahan pada mata, tetapi juga untuk meredakan kemerahan pada jerawat. Ini karena kandungan vasoconstriction dapat bekerja melawan jerawat.

Basahi kapas dengan obat mata yang mengandung vasoconstriction dan tempelkan pada jerawat selama beberapa menit. Tips ini nggak akan membuat jerawat nampak lebih kecil. Namun, cara ini dapat meredakan kemerahan selama beberapa jam.

7. Air lemon untuk bleaching rambut

Jadul Tapi Ampuh, Ini 7 Tips Cantik dari Zaman DuluPexels.com/Lukas

Jika ingin bleaching rambut, orang-orang pada zaman dulu mencari air Lemon. Sebab, air lemon mengandung citric acid yang dapat membantu membuka kutikel rambut. Kemudian dengan berjemur di bawah sinar matahari, kamu sudah dapat bleaching rambut dengan alami.

Peras 4 buah lemon dan campurkan dengan 1/3 gelas air dalam botol semprot. Kemudian, semprot merata pada rambut dan berjemur di bawah matahari selama 45 menit. Bilas rambut dan gunakan conditioner. Warna rambut akan berubah jadi lebih terang. Tips ini dapat bekerja untuk kamu yang memiliki rambut blonde atau light brunette.

Itulah beberapa tips cantik dari masa lalu yang masih ampuh sampai sekarang. Apa kamu punya rahasia cantik kulit dari orangtuamu yang masih kamu lakukan sampai sekarang? Coba share bersama kami, Bela!

Baca Juga: 7 Tips Kecantikan Viral yang Sebaiknya Kamu Hindari