Usia 30 sering disambut dengan kekhawatiran, beberapa orang malah merasa panik. Ini karena kebanyakan orang merasa kalau memasuki usia kepala tiga seakan memasuki babak kehidupan baru, dan hal itu benar terjadi untuk kondisi kulitmu. Sebab berdasarkan penjelasan dermatologis, melansir dari Self, kulit cenderung menjadi lebih kering dan mudah merasa iritasi. Keduanya normal terjadi saat kulitmu memasuki usia 30-an.

Selain cenderung kering dan mudah iritasi, apa lagi yang akan terjadi pada kulitmu ketika usiamu melewati angka 30-an? Coba lihat daftarnya berikut ini

Ini Perubahan Pada Kulit yang Wajib Diwaspadai Ketika Memasuki Usia 30

Pergantian sel kulit mulai melambat ketika memasuki usia 20-an. Ketika mencapai usia 30-an, sel kulit baru akan mulai terlihat setiap hari ke 28-25. "Ini artinya sel kulit mati mulai berakumulasi di permukaan dan mengganggu pantulan cahaya pada kulit," tutur Joshua Zeichner, M.D., director of cosmetic dan clinical research di dermatology Mount Sinai Medical Center

Cara untuk mengatasi perubahan kulit yang satu ini adalah dengan mengeksfoliasi kulit sekali setiap dua minggu. Nggak hanya membuat sel kulit mati terangkat dan kulit jadi lebih bercahaya, tetapi memudahkan penyerapan produk perawatan yang akan kamu aplikasikan selanjutnya.

Ini Perubahan Pada Kulit yang Wajib Diwaspadai Ketika Memasuki Usia 30

Selain kulit yang terlihat kusam, perlambatan pergantian sel kulit juga membuat kulit menjadi lebih kering. Produk dengan manfaat menghidrasi juga akan sulit untuk masuk ke dalam lapisan karean sel kulit mati menghadang jalannya. Karena itu, para ahli dermatologis menyarankan untuk menambah langkah perawatan kulit dengan menggunakan eksfoliator berbahan alpha hydroxy acids (AHA) yang membantu dalam mempercepat pergantan sel kulit. 

Namun jika sudah menggunakan face scrub tanpa kandungan senyawa itu, kamu bisa melewatkannya, kok. Setelah mengeksfoliasi, segera aplikasikan pelembap yang ditujukan untuk menghidrasi kulit, untuk mengembalikan kelembapannya.

Ini Perubahan Pada Kulit yang Wajib Diwaspadai Ketika Memasuki Usia 30

Kerutan di kening, kantung hitam di bawah mata, garis senyum, serta rahang yang mulai mengurus mulai terlihat dengan jelas ketika memasuki usia 30-an. Ini karena protein penting seperti kolagen dan elastin melebur lebih cepat namun produksinya dalam tubuh mulai berkurang, jumlah hyaluronic acid yang ada secara alami dalam kulit mulai menurun, serta perubahan hormon seperti kekuragan estrogen. 

Untuk membuat tampilan wajah terlihat lebih bervolume dan awet muda, Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin, M.D., dermatologis asal NYC yang bersertifikasi menyarankan untuk mulai membiasakan diri menggunakan pelembap dengan kandungan tabir surya. Sebab faktor terbesar munculnya tanda-tanda penuaan dini adalah akibat paparan sinar matahari. Juga, Dr. Levin menyarankan untuk mencoba retinol karena zat itu dapat meningkatkan formasi kolagen dan mengembalikan pergantian sel kulit jadi normal. Ini dapat mengatasi masalah wajah yang mulai terlihat kurus dan menua.

Ini Perubahan Pada Kulit yang Wajib Diwaspadai Ketika Memasuki Usia 30

Perubahan hormon ketika memasuki usia 30-an juga mendorong munculnya jerawat pada wajah, loh. Namun, penanganannya berbeda dengan jerawat yang muncul saat remaja dulu. Sebab, kulit orang dewasa kurang elastis dan pergantian kulit juga mulai jaranng terjadi. Ini mengakibatkan penyembuhan jerawat lebih lama. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menggunakan perawatan jerawat yang ditujukan spesifik untuk orang dewasa, seperti menggunakan pembersih wajah yang aman dan obat jerawat topikal yang mengandung bahan aktif.

Ini Perubahan Pada Kulit yang Wajib Diwaspadai Ketika Memasuki Usia 30

Jika kulit sering terkena sinar matahari tanpa adanya lapisan tabir surya sedari remaja, ini akan mendorong sel yang memproduksi pigmen untuk bekerja giat dan memunculkan noda hitam saat kamu berusia 30-an, Bela. Pada orang-orang yang memiliki kulit lebih gelap, akan mendapati perubahan pigmentasi yang sangat tinggi. Selain itu, penyembuhan luka seperti bekas jerawat akan berjalan dengan sangat lambat. 

Solusinya, Dr. Zeichner menyarankan untukmu menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan bersifat mencerahkan, sepert hydroquinon. Alternatif lain, kamu juga dapat menggunakan retinoid sebagai eksfoliator kulit. Namun jika perubahan nggak terlihat setelah menggunakan produk lebih dari 8 minggu, kamu bisa menemui dermatologis untuk mendapatkan produk perawatan yang lebih ampuh.

Perubahan kulit seperti ini nggak memungkiri membuatmu menyambut usia 30-an dengan penuh rasa cemas. Namun jika sudah menyiapkan diri dengan mengaplikasikan berbagai produk skincare yang tepat, permasalahan di atas dapat segera dihindari dan kulit tetap terlihat sehat serta awet muda.

Baca Juga: Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicoba