Sebagai bagian tubuh yang sering digunakan, mulai dari mengusapkan krim perawatan ke wajah sampai melindungi wajah dari debu maupun sinar matahari, maka sudah menjadi hal yang wajar jika tangan mengalami penuaan yang lebih cepat di bandingkan lainnya. Coba perhatikan punggung tanganmu, ada noda hitam atau keriput?

Jangan sampai disangka lebih tua dari usiamu hanya karena punggung tangan mengalami tanda-tanda penuaan dini! Melansir dari PureWow, ada beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga penampilan tangan tetap awet muda dan sehat selalu. Coba disimak yuk!

1. Menggunakan anti-aging hand cream

5 Tips Merawat Tangan agar Bebas Keriput dan Lebih Awet Mudabeautyheaven.com

Nggak hanya wajah yang membutuhkan perawatan anti-aging, Bela. Tanganmu pun membutuhkannya. Cari hand cream dengan formula yang nggak hanya melembapkan, tetapi juga mencerahkan serta mencegah tanda-tanda penuaan dini. Punggung tangan akan terlihat lebih halus sekaligus awet muda.

2. Menggunakan sarung tangan saat bekerja

5 Tips Merawat Tangan agar Bebas Keriput dan Lebih Awet Mudafreegreatpict.com

Mungkin membersihkan rumah atau mencuci piring terasa lebih nyaman jika nggak menggunakan sarung tangan, atau mungkin kamu memang nggak terbiasa menggunakannya. Namun perlu diketahui, air panas dan formula pembersih peralatan rumah tangga dapat sangat mengeringkan dan membuat kulit jadi pecah-pecah. Untuk mencegah efek ini terjadi, selalu gunakan sarung tangan saat harus berinteraksi dengan produk-produk itu. Juga, coba aplikasikan loSion sebelum menutupinya dengan kain agar tangan tetap terasa lembap saat sedang bekerja.

3. Mempertimbangkan pemakaian kuteks

5 Tips Merawat Tangan agar Bebas Keriput dan Lebih Awet Mudasalonsuccessacademy.com

Warna-warni kutekS dapat membuat kuku terlihat cantik. Namun saat memilih produk itu, kamu perlu memerhatikan bahan pembuatannya. Sebagian ada yang mengandung bahan kimia beracun, sebagian lainnya mengandung essential oil yang membantu menjaga kuku tetap sehat. Jadi, perhatikan kuteks yang kamu atau manuicurist-mu gunakan!

4. Merawat kulit di bawah kuku

5 Tips Merawat Tangan agar Bebas Keriput dan Lebih Awet Mudasekiedge.com

Cuticle oil adalah essential oil untuk menjaga agar kutikula kuku tetap terawat. Namun lebih dari itu, produk perawatan itu juga membantu menjaga kulit di bawah kuku (nail bed) tetap lembap dan terlihat awet muda. Gunakan cuticle oil beberapa kali dalam sehari untuk menjaga efek itu tahan lama di tanganmu.

5. Mengaplikasikan tabir surya

5 Tips Merawat Tangan agar Bebas Keriput dan Lebih Awet Mudalifehack.com

Kamu mengaplikasikan tabir surya ke wajah menggunakan tangan, namun apa kamu melakukan hal yang sama untuk tanganmu dan bagian tubuh lainnya? Jadi, jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen ke tanganmu. Kamu bisa menggunakan hand cream dengan kandungan SPF di dalamnya. Produk ini akan menjaga kulit dari sinar matahari, melindungi dari kerusakan akibat terik surya yang menyengat, melawan tanda-tanda penuaan dini, serta mencegah keriput.

Yuk, mulai berikan perhatian pada tanganmu, khususnya punggung dan telapak tangan. Jangan sampai, bagian tubuh itu terlihat lebih tua dari wajahmu!

BACA JUGA: Ini 5 Efek Kecantikan yang akan Kulit Wajahmu Rasakan Jika Rutin Berolahraga