Masker wajah menjadi item yang wajib dipakai saat pergi ke luar rumah. Sebagian bahkan ada yang tetap mengenakan masker di dalam rumah, terutama ketika sedang berhadapan dengan tamu atau anggota keluarga yang sedang sakit. Karena menjadi item wajib, nggak heran kini banyak sekali masker wajah yang terbuat dari berbagai bahan, serta memiliki desain menarik sehingga tetap dapat memberikan gaya selagi menjaga kesehatan pribadi.

Namun nampaknya, menggunakan masker wajah ini turut memberikan efek samping pada wajah, salah satu di antaranya adalah munculnya jerawat. Apa kamu merasa semakin berjerawat setelah sering mengenakan masker, Bela? 

Bagaimana mengatasinya tanpa harus melepaskan benda yang dapat melindungimu dari bakteri dan virus ini? Jangan khawatir! Melansir dari Bustle, ini cara menjaga wajah dari jerawat saat memakai masker.

1. Mengapa masker dapat menyebabkan jerawat?

5 Tips Atasi Jerawat Karena Pakai Masker WajahPexels.com/Andrea Piacquadio

Sebelum membaca tipsnya, mari menjawab pertanyaan pertamamu: Bagaimana masker dapat menyebabkan jerawat? Dermatolog menjelasakan kalau hampir semua masker wajah kain memiliki potensi menyebabkan jerawat. Sebagian masker yang berbahan tebal memberikan abrasi pada kulit sehingga menyebabkan iritasi dari tekstur kain yang kasar. Sedangkan masker kain berbahan lembut dapat menahan bakteri dan menyebabkan kulit kering. Lalu, masker yang dapat dipakai berulang kali dapat menahan sisa-sisa deterjen yang dapat menyebabkan jerawat.

Nggak hanya itu, karbon dioksida dari aliran nafas yang tertahan dalam masker dapat mengiritasi kulit. Sebab, bakteri oral menempel pada kulit dan dapat membuat bakteri jerawat dan sejenisnya berkumpul. selain itu, keringat dan sebum turut meningkat karena mengenakan masker.

2. Menggunakan masker kain

5 Tips Atasi Jerawat Karena Pakai Masker WajahPexels.com/Edmond Dantès

Tips pertama untuk menghindari jerawat dari pemakaian masker adalah menggunakan masker kain. Mungkin kamu berpikir untuk mengenakan masker kesehatan atau disposable mask.

Namun, jenis masker ini nggak dapat kamu pakai berkali-kali. Kamu pun dapat menambah jumlah sampah karena selalu mengganti masker tersebut. Jadi, pilih masker kain dan miliki dalam jumlah yang cukup sehingga kamu bisa bergonta-ganti.

3. Cuci maskermu

5 Tips Atasi Jerawat Karena Pakai Masker WajahPexels.com/Adrienne Andersen

Faktanya, sekalipun terlihat bersih, maskermu juga akan kotor dan memiliki bakteri maupun minyak tertahan di serat-serat kainnya. Jadi, jangan lupa untuk selalu mencuci masker setelah mengenakannya. Usahakan untuk menggantinya sehari sekali untuk menghindari banyaknya kuman menempel pada masker. selain itu, pastikan jangan sampai ada sisa deterjen atau bahan pencuci lainnya menempel pada maskermu, ya!

4. Cuci wajahmu

5 Tips Atasi Jerawat Karena Pakai Masker WajahPexels.com/Cottonbro

Meski sebagian wajahmu terlindungi oleh masker, bukan berarti selamat dari berbagai kotoran dan bakteri, loh. Seperti yang disebutkan pada paragraf awal, maskermu turut menahan keringat dan sebum yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit. 

Jadi, jangan lupa untuk selalu mencuci wajah setelah mengenakan masker. Gunakan pencuci wajah yang lembut sebelum dan setelah mengenakan masker. Jika perlu, pilih jenis pencuci wajah yang memiliki kandungan mengurangi minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat.

5. Rawat wajah saat nggak mengenakan masker

5 Tips Atasi Jerawat Karena Pakai Masker WajahPexels.com/Shiny Diamond

Siapa yang jadi jarang merawat wajah hanya karena di rumah saja dan selalu keluar dengan masker? Ingat kalau tetap ada kotoran dan bakteri yang akan menempel pada wajah sekalipun kamu berada di rumah saja, atau setengah wajah tertutup masker. 

Bakteri dalam rumah, bakteri dari masker, bakteri dari benda-benda yang menempel pada wajah (seperti bantal dan gawaimu), semua tetap dapat menyebabkan jerawat. Karena itu, tetap lakukan rutinitas skincare-mu.

Sebelum pakai masker, awali dengan mencuci wajahmu. Lalu, aplikasikan produk seperti toner, essence, serum, krim wajah secara bertahap. Jika ingin keluar rumah, pakai tabir surya sebelum mengenakan masker. 

Saat kembali pulang, segera cuci wajahmu lagi. Jangan lupa tetap melakukan perawatan mingguan seperti eksfoliasi wajah dan mengaplikasikan face mask untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan bebas jerawat!

Jangan berhenti pakai masker hanya karena benda itu bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajahmu di masa kenormalan baru ini. coba lakukan tips-tips ini untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah. Jadi, kamu tetap cantik dan terhindari dari virus!

Baca Juga: Benarkah Kebiasaan Menggunakan Masker Bikin Kulit Wajah Jadi Rusak?