Sering dengar kata skin barrier (lipid barrier), tapi bingung bagaimana cara mengetahui kondisinya? Sekadar informasi nih Bela, skin barrier ini adalah lapisan utama dan terluar dari kulit yang melindungi kulit kita dari polusi, bakteri, sinar UV, dan faktor eksternal lainnya. Tapi tahukah kamu kalau skin barrier ini juga bisa rusak lho. Kok bisa?

Kita sebagai cewek juga harus paham tentang fakta-fakta dari skin barrier ini. Kita pelajari satu per satu ya! Keep scrolling!

1. Penyebab skin barrier rusak atau menipis

5 Fakta tentang Skin Barrier, Cewek Wajib Baca!Shutterstock/sruilk

Kerusakan atau menipisnya skin barrier ini bisa disebabkan oleh banyak faktor lho Bela. Mulai dari penggunaan produk cleanser yang terlalu harsh (keras), sering terpapar sinar UV, faktor cuaca, terlalu sering lakukan eksfoliasi kulit wajah, maupun dari kurangnya mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Perlu dicatat nih Bela!

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Tentukan Jenis Kulit Wajah Menurut Ahlinya

2. Workout, stay hydrated, repeat!

5 Fakta tentang Skin Barrier, Cewek Wajib Baca!Shutterstock/Africa Studio

Skin barrier juga membutuhkan perawatan dari dalam lho Bela. Cara mudahnya, Bela bisa lakukan workout agar tubuh selalu terhidrasi. Selain itu, mengonsumsi makanan yang sehat, buah dan sayuran juga bisa dilakukan nih. Soalnya, kulit juga butuh nutrisi nih. Oh iya, lakukan hal ini secara rutin ya Bela, agar skin barrier-mu tidak semakin menipis!

3. Memakai cleanser yang tidak hanya gentle tapi juga dapat menjaga skin barrier

5 Fakta tentang Skin Barrier, Cewek Wajib Baca!Popbela.com/Bioderma Atoderm Gel douche

Bela harus tahu nih, penggunaan gentle cleanser saja sekarang nggak cukup lho, kamu juga membutuhkan cleanser yang bisa menjaga dan mempertahankan skin barrier. Pasti Bela, nggak mau kan kulit jadi muncul masalah, seperti jerawat, iritasi atau bahkan inflamasi akibat menipisnya skin barrier?

Eits, Bela nggak perlu bingung ya pilih produk yang sesuai dengan kriteria tersebut. Soalnya, Bela bisa langsung pakai Bioderma Atoderm Gel Douche, brand Bioderma yang mem-pioneer-kan produk pembersih micellar water melalui produk Sensibio H2O ini juga memiliki gentle foaming cleanser yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah dan tubuh ya. Selain punya tekstur gel yang bisa menyesuaikan dengan struktur alami kulit, manfaat Bioderma Atoderm Gel Douche ini dapat membersihkan dan menjaga keseimbangan kulit berkat kandungan pelembap di dalamnya.

Oh iya, Bioderma Atoderm Gel Douche bisa dipakai untuk jenis kulit normal sampai jenis kulit kering cenderung sensitif ya, jadi aman deh. Produk ini juga bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga kamu lho. Pas banget nih, buat Bela yang lagi mengawali perawatan kulit yang dapat melindungi skin barrier, serta mengunci kelembapan kulit.

4. Cara menjaga skin barrier, pilih skincare yang sifatnya lembut, melembapkan dan dapat rebuild skin barrier

5 Fakta tentang Skin Barrier, Cewek Wajib Baca!Popbela.com/Bioderma Atoderm Gel Creme

Selain Bela harus memilih cleanser yang lembut sekaligus bisa menjaga kulit agar semakin optimal, kamu bisa tambahkan dengan memakai skincare yang sifatnya lembut, melembapkan dan bisa rebuild skin barrier. Kali ini, Bela juga nggak perlu bingung. Soalnya Bela bisa menggunakan Bioderma Atoderm Crème.

Produk ini dapat digunakan sebagai pelembap tubuh dan wajah untuk kulit normal hingga kering ya Bela. Manfaat yang bisa Bela dapat juga nggak main-main lho, setelah memakai Bioderma Atoderm Crème, kadar kelembaban kulit akan selalu terjaga di setiap harinya, menjaga tingkat hidrasi kulit dan dapat melindungi kulit. Sebab, kandungan Skin Protect Complex™️ formula paten Bioderma yang mengandung vitamin PP (Niacinamide) serta komposisi dua jenis gula yang secara fisik dan biologis membantu menjaga kadar kelembaban alami kulit.

Nah Bela dengan menggunakan produk perawatan Atoderm (Bioderma Atoderm Gel Douche & Bioderma Atoderm Crème), kamu nggak perlu lagi khawatir lagi ya tentang permasalahan rusak atau menipisnya skin barrier. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa klik di sini ya Bela!

5. Butuh waktu minimal 1 minggu untuk kembalikan skin barrier yang rusak

5 Fakta tentang Skin Barrier, Cewek Wajib Baca!Popbela.com/Bioderma

Last but not least, ternyata butuh waktu minimal seminggu lho untuk mengembalikan skin barrier yang rusak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat, Bela bisa lakukan puasa skincare dengan olahraga sebagai detox tubuh, konsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau dan buah-buahan, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan tidur minimal 6 jam ya Bela. 

Ternyata memahami tentang skin barrier itu penting banget ya Bela! (CSC)

Baca Juga: Skin Barrier Sudah Rusak? Yuk, Perbaiki Dengan 5 Tips Ini!