Ibarat benteng pada bangunan istana, skin barrier ini punya fungsi yang hampir sama lho! Tugas utamanya adalah melindungi kulit dari sinar matahari, polusi, kotoran dan berbagai macam ancaman dari eksternal dan menampung 60% kelembapan dalam tubuh.

Udah kebayang ‘kan, kalau skin barrier ini rusak? Efeknya kulitmu bakal lebih sering bermasalah. Nah, agar hal itu nggak terjadi, please yuk rawat skin barrier-mu mulai sekarang. Check this out, Bela!

1. Kenapa sih skin barrier itu penting?

In Skin Barrier We Trust! Begini 4 Cara Merawatnya BelaShutterstock/metamorworks

Bela harus tahu nih, skin barrier itu merupakan lapisan kulit terluar yang terdiri dari sel-sel kulit dan zat berbasis protein yang menyatukan sel-sel seperti lem. Kalau kulitmu terasa halus, kencang dan nggak ada peradangan, itu tandanya skin barrier-mu sehat dan cukup terawat.

Oh iya Bela, skin barrier ini juga membantu mempertahankan homeostasis dan melindungi dari peningkatan kehilangan air dari tubuh alias bikin kulitmu nggak dehidrasi. Ternyata sepenting itu ya!

2. Sudah tahu belum, ciri-ciri skin barrier rusak

In Skin Barrier We Trust! Begini 4 Cara Merawatnya BelaShutterstock/siro46

Skin barrier ini mudah rusak kalau Bela nggak benar-benar merawatnya. Ciri-cirinya, kulit terasa seperti ditarik kencang, kusam, kasar, bersisik dan yang paling parah bisa mengelupas, kulit merah dan meradang, terasa gatal, berminyak, dan berjerawat.

Semua itu tanda kalau skin barrier kamu sedang tidak baik-baik saja lho. Be aware girls!

3. Pakai produk skincare yang mengandung Hero Ingredients: Panthenol, Ceramide, Mugwort, dan Centella Asiatica

In Skin Barrier We Trust! Begini 4 Cara Merawatnya BelaInstagram/avoskinbeauty

Nah, untuk merawat skin barrier agar tetap sehat, Bela bisa pilih produk skincare dengan hero ingredients, seperti: Panthenol, Ceramide, Mugwort, dan Centella Asiatica. Untuk lebih jelasnya, Popbela akan menjelaskan fungsi dari masing-masing ingredients ya, cek yuk!

  • Panthenol: mengaktivasi regenerasi sel sehingga penting untuk meningkatkan fungsi skin barrier, memiliki kemampuan skin protecting dan anti-inflamasi
  • Ceramide: merupakan salah satu penyusun lapisan skin barrier, melembutkan kulit dan mengurangi garis halus
  • Mugwort: anti-inflamasi dan anti-alergi, kaya antioksidan, membantu produksi kolagen
  • Centella Asiatica: anti-inflamasi dan menenangkan kulit, mengurangi noda hitam

Amazing banget ‘kan Bela manfaat dari masing-masing hero ingredients tersebut. Pasti Bela penasaran ya, ingin merasakan semua manfaatnya. Tenang aja, soalnya baru-baru ini Avoskin telah meluncurkan produk terbarunya, yaitu Your Skin Bae Series: Ceramide LC S-20 1% + Mugwort + Cica Toner dan Panthenol 5% + Mugwort + Cica Serum.

Kedua produk ini punya kombinasi formula dari hero ingredients yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan memperbaiki skin barrier lho! Buat kamu yang punya kulit sensitif dan berjerawat nggak perlu khawatir ya. Soalnya, Avoskin Your Skin Bae Series ini aman dipakai untuk semua jenis kulit.

In Skin Barrier We Trust! Begini 4 Cara Merawatnya BelaInstagram/avoskinbeauty

Oh iya, Bela juga perlu tahu produk Avoskin Your Skin Bae Panthenol Serum dan Ceramide Toner bisa digunakan sebagai layering dengan produk eksfoliasi Avoskin Miraculous Retinol Series atau Miraculous Refining Series lho! 

Fungsinya, untuk mencegah kemungkinan munculnya iritasi pada kulit atau sebagai skin prep nih. Agar Bela semakin tahu manfaat dari Avoskin Miraculous Retinol Series dan Miraculous Refining Series, coba cek langsung yuk keunggulannya.

  • Miraculous Retinol Series: mampu mengeksfoliasi dengan mendorong sel-sel kulit mati dari dalam kulit dan sebagai skincare anti-aging yang sekaligus menstimulasi produksi kolagen pada kulit.
  • Miraculous Refining Series: mengandung AHA, BHA, dan PHA untuk mengangkat sel kulit mati. Sekaligus mencerahkan wajah karena kulitmu terbebas dari sel-sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, kandungan Ceramide dan Niacinamide mampu membantu exfoliating kulit dan mencerahkan tanpa adanya efek kulit menjadi kering. Berfungsi untuk menjaga skin barrier lebih baik dan memicu produksi kolagen.

Popbela yakin banget sih, kamu pasti udah nggak sabar banget pengen cobain Avoskin Your Skin Bae Series, Avoskin Miraculous Retinol Series dan Miraculous Refining Series. Yuk, Bela rawat skin barrier-mu mulai sekarang. Grab it fast dengan klik di sini ya, Bela!

Sekarang Bela sudah tahu ‘kan betapa pentingnya skin barrier dan cara merawatnya. So, good luck, Bela! (WEB)

Baca Juga: Skin Barrier Sudah Rusak? Yuk, Perbaiki Dengan 5 Tips Ini! 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Memperbaiki Skin Barrier