Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang gampang banget jerawatan, ada juga yang hanya muncul sesekali. Tapi semua orang boleh sepakat kalau jerawat itu bisa mengganggu penampilan. Untuk itu, yuk mengenal lebih jauh apa yang menyebabkan wajah kamu bisa jerawatan.

1. Kamu sedang dalam masa puber

7 Hal Ini Jadi Penyebab Jerawat Tetap di Wajahmu imgur.com

Pernah gak sih waktu SMP atau SMA diledekin karena ada jerawat yang tiba-tiba mencuat di wajahmu? Ya, itu karena saat kamu remaja, kulitmu mulai bermasalah yang salah satunya adalah permasalahan jerawat. Saat puber, produksi sebum akan meningkat karena adanya produksi hormon testoteron yang berlebihan. Sebum yang berlebihan pada kulit ini bisa menyebabkan jerawat.

2. Adanya perubahan hormon

7 Hal Ini Jadi Penyebab Jerawat Tetap di Wajahmu unsplash.com

Saat menstruasi, kamu akan mengalami fluktuasi hormon yang gak sadar akan mengubah banyak aspek dalam tubuhmu, mulai dari mood hingga ke kulit. Dilansir dari webmd.com, menurut Audrey Kunin, MD, dari DERMAdoctor.com, ketika hormon progesterone meningkat kulit akan membengkak dan pori-pori mulai mengecil.

Ini mengakibatkan sebum mulai menumpuk dibalik permukaan kulit. Ditambah lagi, hormon testosteron yang meningkat membuat tubuh memproduksi sebum lebih banyak. Sebum ini jadi makanan bagi bakteri P. acnes, yang jadi salah satu bakteri penyebab jerawat. Jadi, gak heran kalau saat menstruasi, jerawat kamu jadi makin banyak.

3. Penggunaan makeup

7 Hal Ini Jadi Penyebab Jerawat Tetap di Wajahmu unsplash.com

Bela, penggunaan makeup juga gak sembarangan lho. Biasanya, produk makeup yang mengandung minyak seperti lotion bisa menyumbat folikel rambut. Jika tersumbat, kulitmu rentan jerawatan.

4. Jarang cuci muka

7 Hal Ini Jadi Penyebab Jerawat Tetap di Wajahmu eluxemagazine.com

Khusus buat kamu yang sering berada di luar ruangan, polusi, debu, dan sinar matahari bisa membuat kulitmu kotor dan berminyak. Minyak yang berlebihan pada wajah dapat membuat wajahmu jerawatan. Kebayang, kan apa jadinya kalau kamu gak cuci muka? Untuk itu, cuci muka secara rutin sangat dianjurkan, minimal 2-3 kali sehari.

Karena polusi dari debu dan asap kendaraan berpotensi menyebabkan jerawat, kamu membutuhkan produk perawatan yang kaya akan antioksidan seperti rangkaian Citra Green Tea AntiAcne baru. Terdiri dari rangkaian facial foam dan facial moisturizer, Citra Green Tea AntiAcne ampuh banget buat menyingkirkan jerawat yang mengganggu. Facial foam-nya terbukti mengurang 99,9%* bakteri jerawat dan facial moisturizer-nya mampu menyamaran bekas jerawat dan noda hitam dari wajahmu.

5. Poni yang menutup jidat

7 Hal Ini Jadi Penyebab Jerawat Tetap di Wajahmu dokterbabe.com

Bagi sebagian cewek mungkin lebih memilih gaya rambut berponi dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah untuk menutupi jidat yang jerawatan. Padahal, dengan berponi justru bisa menyebabkan jerawat tambah banyak. Ini disebabkan oleh minyak yang terkandung pada rambut dapat menempel di jidat dan menyumbat pori-pori di jidat sehingga bisa muncul jerawat.

6. Stres

7 Hal Ini Jadi Penyebab Jerawat Tetap di Wajahmu slate.com

Buat yang masih remaja, boleh jadi hormon adalah permasalahan utama yang menyebabkan jerawat. Tapi, jika kamu sudah beranjak dewasa, stres justru memainkan peran yang cukup tinggi terhadap berbagai masalah yang muncul termasuk masalah jerawat. Ketika kita dilanda stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol sebagai pelindungan diri. Adanya pelepasan hormon kortisol ini ternyata dapat membuat jerawat tumbuh lebih banyak.

7. Iritasi akibat pemakaian benda tertentu

7 Hal Ini Jadi Penyebab Jerawat Tetap di Wajahmu duitpintar.com

Jerawat juga bisa muncul akibat adanya benda-benda yang menempel di wajah dalam waktu yang lama. Benda-benda tersebut kemungkinan membawa kuman yang bisa membuat wajahmu jerawatan. Misalnya, buat kamu yang sering menggunakan jasa ojek online, mau gak mau menggunakan helm bekas orang lain dan menempel di pipi kamu yang mana bisa menyebabkan jerawat.

Nah, itu dia tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan jerawat. Tapi untuk urusan menghilangkan jerawat, kamu gak usah khawatir, Bela, karena sekarang sudah ada rangkaian Citra Green Tea AntiAcne baru yang terbukti ampuh mengatasi masalah jerawatmu! Kaya akan vitamin dan anti oksidan dari teh hijau Jepang pilhan, facial foam-nya terbukti mengurangi 99.9%* bakteri jerawat.

Lanjutkan juga dengan penggunaan facial moisturizer-nya yang secara efektif menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam. Jadi tidak hanya membasmi jerawat, rangkaian Citra Green Tea AntiAcne juga mengembalikan cerah alaminya wajahmu. Yuk buktikan sendiri, Bela!  Untuk kamu yang tertarik, bisa beli langsung di Alfacart dengan 25% promo.

*berdasarkan invitro test 2014