Kulit kaki yang kering dan pecah-pecah dapat terjadi karena sejumlah alasan, mulai dari kurangnya kelembapan hingga penggunaan sepatu yang tertutup. Jika kamu melihat gejala seperti kulit kering menebal di sekitar tumit atau kulit pecah-pecah, mengetahui penyebabnya dapat membantumu memahami kondisi tersebut, dan dapat mencegah terulangnya hal itu. Baca terus yuk untuk memahaminya!

1. Kepanasan

5 Penyebab Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah, Segera Hindari!blondeandgiant.com

Sepatu yang tertutup, misalnya sepatu kets dan sepatu bot, bisa menciptakan lingkungan yang sangat panas untuk kakimu. Panas yang berlebihan dapat menarik kelembapan dari kulit, sehingga dapat menyebabkan area kaki menjadi kering atau pecah-pecah. Jika kamu sering memakai sepatu tertutup sehari-hari, coba gunakan sepatu terbuka seperti sandal jepit sebagai gantinya. Sebagai alternatif, kenakan sepatu tertutup dengan bahan yang lebih ringan atau dan gunakan kaus kaki di bawah sepatu tertutup. 

2. Formula sabun yang kurang cocok

5 Penyebab Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah, Segera Hindari!mockingbirdapothecary.com/

Selain itu, hal lain yang mungkin dapat menyebab kaki yang kering dan pecah-pecah adalah sabun mandi dengan formula yang tidak cocok atau terlalu kering. Sabun mandi yang mengandung bahan kimia atau iritan yang keras dapat menghilangkan kelembapan dari kulit. Masalah ini juga bisa terjadi kalau kamu tidak sepenuhnya mencuci sisa sabun di kaki.

3. Iritasi

5 Penyebab Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah, Segera Hindari!byrdie.com

Kakimu mungkin kering dan pecah-pecah karena iritasi yang berlebihan. Hal tersebut bisa terjadi ketika kamu berdiri terlalu lama atau memakai sepatu yang tidak pas, apalagi sepatu hak tinggi yang memberi tekanan berlebihan pada beberapa bagian kaki. Akibatnya, kakimu bisa mengalami tekanan konstan pada area tertentu atau gesekan berlebihan pada kulit. Ujung-ujungnya, hal tersebut bisa mengakibatkan area kaki menjadi kering, kapalan, atau pecah-pecah.

4. Kurangnya kelembapan

5 Penyebab Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah, Segera Hindari!goodhousekeeping.com

Jumlah kelenjar minyak di area kaki lebih sedikit daripada kulit di bagian tubuh yang lain. Akibatnya, kulit bagian tumit dan telapak kaki sering terasa kering dan bahkan sering mengelupas. Untuk mengatasi hal tersebut, coba menggunakan krim kaki untuk melembapkan bagian kaki tersebut.  

5. Penuaan dini pada area kaki

5 Penyebab Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah, Segera Hindari!getthegloss.com

Seiring waktu, kulit di seluruh badan akan tambah kering karena kemampuan kulit untuk menyerap air menjadi lebih rendah. Tidak hanya itu, kulit yang tua juga menjadi lebih tipis. Akibtanya, orang yang lebih tua lebih mungkin mengalami kulit kering sebagai akibat dari proses penuaan alami. Selain menggunakan lotion, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin tambahan yang bisa membantu kesehatan kulit dari dalam.