Setiap perempuan pasti mendambakan kulit yang awet muda, jauh dari keriput, nggak ada flek atau bintik hitam, apalagi di usia yang semakin dewasa. namun, sama halnya dengan usia, kulit kita juga dapat menua dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Banyak yang beranggapan bahwa penuaan pada kulit baru terjadi saat kita sudah menginjak usia tua. Tapi nyatanya nggak lho, Bela. 

Tanda-tanda penuaan seperti kerutan di wajah, muncul garis-garis halus, adanya bintik hitam, dan beberapa hal bisa terjadi di usia muda. Ternyata beberapa faktor dan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari bisa membuat kulit menua lebih cepat. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan penuaan kulit pada wajah. 

1. Paparan sinar matahari

8 Penyebab Tanda Penuaan Kulit yang Ternyata Sering Kita LakukanStyl.id

Penyebab utama pada penuaan kulit adalah paparan sinar matahari. Proses penuaan pada kulit wajah tergantung pada seberapa banyak jumlah paparan sinar matahari ke kulit. Semakin sering kamu terkena paparan sinar matahari, semakin besar kemungkinan kulitmu menua. 

Hal ini dapat menimbulkan keriput dan garis-garis halus diwajahmu akibat sinar UV yang berbahaya dari matahari. Kalau kamu sering melakukan aktivitas di luar, kamu bisa menggunakan sun screen yang terdapat SPF nya, setidaknya dapat melindungi kulit wajahmu agar ngga langsung terkena sinar UV. 

2. Stres

8 Penyebab Tanda Penuaan Kulit yang Ternyata Sering Kita LakukanForbes.com

Terlalu banyak pikiran juga ternyata dapat memicu penuaan dini. Stres menyebabkan peningkatan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat proses penuaan. Kamu tahu nggak ternyata tubuhmu itu memproduksi hormon stres yang dapat berpengaruh pada sel-sel kulit. Hormon stres dapat mengakibatkan penuaan diri dan meningkatkan produksi minyak berlebih yang mengakibatkan jerawat pada wajahmu. Tidur yang cukup dapat meredakan stresmu lho. 

3. Jam tidur yang kurang

8 Penyebab Tanda Penuaan Kulit yang Ternyata Sering Kita LakukanHellosehat.com

Kurang tidur juga dapat mempercepat proses penuaan pada kulit lho. Jam tidur yang kurang bisa membuat pertumbuhan sel-sel pada kulitmu terhambat. Pasalnya, regenerasi kulit terjadi selama proses tidur. Waktu yang cukup untuk tidur itu sekitar 6 hingga 7 jam. Kalau kamu belum cukup tidur, perbaikilah jam tidurmu untuk mencegah penuaan dini. Ternyata hal sepele ya, Bela! 

4. Posisi tidur yang salah

8 Penyebab Tanda Penuaan Kulit yang Ternyata Sering Kita LakukanUnsplash.com

Hal sepele berikutnya adalah posisi tidur. Tidur dengan posisi yang salah juga dapat menyebabkan penuaan pada kulit wajahmu. Posisi tidur menyamping mungkin memang nyaman, tapi nyatanya hal ini dapat merusak kulit. Tidur dengan posisi menyamping dalam waktu lama dapat menimbulkan timbulnya garis-garis halus di sekitar pipi dan dagu, karena beban berat badanmu akan menempel di pipi. Oleh karena itu, lebih baik ambil posisi tidur telentang untuk mencegah timbulnya kerutan dan dapat melawan gravitasi sehingga kulit wajahmu nggak tertarik ke bawah. 

5. Nggak menghapus makeup

8 Penyebab Tanda Penuaan Kulit yang Ternyata Sering Kita LakukanGlossense.com

Terlalu lama menggunakan makeup atau bahkan nggak menghapusnya ternyata sangat berbahaya untuk kulitmu. Apalagi kalau kamu lupa menghapus makeup-mu sebelum tidur. Terlalu lama menggunakan makeup di wajahmu dapat menyebabkan munculnya keriput dan garis-garis halus. Ada juga kemungkinan tumbuhnya jerawat di kulitmu kalau kamu nggak menghapusnya. 

6. Konsumsi gula dan karbohidrat berlebihan

8 Penyebab Tanda Penuaan Kulit yang Ternyata Sering Kita LakukanPexels.com

Makanan atau minuman manis memang enak dikonsumsi, apalagi kalau kita sudah merasa lelah pasti beberapa orang memerlukan gula untuk menaikan mood dan energi. Tapi ternyata sesuatu yang berlebihan itu ngga baik lho. Selain dapat membuatmu terkena diabetes, gula dan karbohidrat juga dapat membuat kulit kaku dan kehilangan elastisitas. Terlalu banyak asupan gula juga menyebabkan glycation dalam darah yang merusak kolagen dan pembuluh darah. Jangan terlalu banyak mengonsumsi gula ya Bela!

7. Kulit kotor dan kering

8 Penyebab Tanda Penuaan Kulit yang Ternyata Sering Kita LakukanHealthline.com

Kulit kotor tentunya bisa mempercepat penuaan dini dan menyebabkan pembentukan kerutan. Polusi udara yang ada disekitarmu dapat menyebabkan kulit kotor karena mengandung partikel-partikel kecil yang dapat menembus kulit wajahmu dan menyebabkan penuaan pada kulit. 

Partikel tersebut dapat merusak sel-sel pada kulit, menimbulkan garis garis halus dan kerutan serta menjadikan kulitmu kering dan kusam. Kamu dapat mencuci wajahmu setidaknya dua kali sehari untuk memperlambat penuaan. Selain itu, konsumsi air putih minimal 1.5 liter sehari juga dapat menjaga kulit agar tetap sehat. 

8. Konsumsi rokok dan alkohol

8 Penyebab Tanda Penuaan Kulit yang Ternyata Sering Kita Lakukansaga.com

Seperti yang kita tahu, mengkonsumsi rokok dan alkohol memang nggak baik untuk tubuh kita. Ternyata nggak hanya tubuh, rokok dan alkohol juga ngga baik untuk kulit wajah kita. Terbukti, bahwa merokok dan meminum alkohol dapat menyebabkan penuaan yang lebih cepat. Mengkonsumsi keduanya berlebihan menyebabkan penyusutan pembuluh darah dan menurunnya aliran darah pada kulitmu. 

Itu dia beberapa penyebab yang bisa mempercepat penuaan pada kulitmu. Sadar nggak sadar, ternyata itu hal-hal sepele yang sering kita lakukan lho. Ayo mulai menjauhi hal-hal tersebut, Bela! 

Baca Juga: Lawan Tanda Penuaan Dini dengan Tiga Produk Ini Yuk!