Selain jerawat, bekas jerawat juga menjadi hal yang dikhawatirkan sebagian perempuan karena bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri. Bekas jerawat lebih susah dihilangkan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk kulit melakukan regenerasi. Berbagai cara dilakukan untuk memudarkan bekas jerawat, mulai dari bahan alami hingga perawatan. 

Penggunaan skincare sebenarnya cukup ampuh untuk memudarkan bekas jerawat dengan catatan langkah yang dilakukan sudah tepat. Berikut tujuh langkah yang bisa kamu lakukan agar wajahmu bebas jerawat dalam sebulan. 

1. Cleansing oil

7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam SebulanMadhippie.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah menggunakan produk cleansing oil. Cleansing oil berfungsi untuk menggangkat kotoran hingga ke dalam pori-pori sehingga mengangkat kotoran yang menyumbat. 

Bahan minyak alami di dalam cleansing oil bisa meredakan iritasi yang terjadi pada area jerawat. Buat kamu yang punya kulit berjerawat, bisa pilih cleansing oil dengan bahan berbasis air. 

2. Facial wash pH rendah

7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam SebulanBeautepratique.com

Jangan asal membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Kulit yang berjerawat membutuhkan facial wash dengan pH rendah untuk menyeimbangkan kondisi kulit. Kulit yang seimbang kadar kelembapannya akan membuat kulit lebih cepat melakukan regenerasi. Meski pH rendah, disarankan menggunakan produk ini maksimal dua kali dalam sehari.

3. Exfoliating tone

7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam SebulanLittleblackdaisies.blogspot.com

Exfoliating toner berfungsi untuk meredakan bekas jerawat karena bisa mengangkat lapisan kulit secara maksimal. Pilih exfoliating toner yang mengandung AHA (glycolic acid) atau pun BHA (salicylic acid). Kedua bahan tersebut bisa terbukti ampuh membuat kulit berjerawat bebas iritasi. Gunakan seminggu tiga kali agar hasilnya maksimal.

4. Clay mask

7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam SebulanAntropologie.com

Clay mask sebagai alternatif buat kamu yang punya kulit wajah berminyak. Clay mask berfungsi untuk mengangkat semua kotoran berlebih dalam pori-pori wajah.

Penggunaan clay mask sebaiknya dikombinasikan dengan bahan alami seperti madu agar hasilnya kulit jauh lebih bersih dan cerah. Cukup gunakan satu kali dalam seminggu untuk menghilangkan bekas jerawat. 

5. Dark spot corrector

7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam SebulanSkincare.com

Serum khusus yang ditujukan untuk area bekas jerawat. Dark spot corrector terbukti ampuh dibandingkan serum biasa untuk memudarkan bekas jerawat. Meski dikhususkan untuk jerawat, namun kamu bisa menggunakannya di seluruh area wajah, lho! Gunakan setiap pagi dan malam hari agar bekas jerawat memudar lebih cepat. 

6. Hydrating toner

7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam SebulanCeylonskincare.com

Agar mampu meregenerasi lebih cepat, kulitmu membutuhkan kelembapan yang cukup. Hydrating toner bisa membuat kulit tereksfolasi dengan baik dan mampu mengunci kelebabannya. Hydrating Toner sangat disarankan buat kamu yang punya masalah jerawat dan kulit super kering. Pengaplikasian hydrating toner bisa kamu lakukan dua kali sehari.

7. Suncreen

7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam SebulanFemalemag.com.sg

Salah satu item yang berfungsi untuk menghalau bekas kerawat agar tidak bertambah parah. Suncreen mampu menghalau paparan sinar UVB dan UVA matahari bisa membuat hiperpigmentasi pada bekas jerawat makin parah. Kedua kandungan tersebut mampu mencegah munculnya sunspot berupa flek hitam baru di wajah.

Itu dia tujuh langkah yang bisa kamu lakukan untuk memudarkan bekas jerawat dengan skincare dalam waktu sebulan. Lakukan dengan tepat dan berurutan agar hasilnya maksimal.

Ditulis oleh: Akbar

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam Sebulan"