Siku dan lutut hitam biasanya jadi salah satu masalah yang dihadapi banyak perempuan. Rasanya, memakai rok mini atau celana pendek pun jadi kurang pede. Iya nggak? Lalu apa sih sebenarnya yang menyebabkan hal ini? Ternyata, kulit di sekitar siku dan lutut lebih tebal dan memiliki lebih banyak lipatan dibanding bagian kulit yang lain.

Selain itu, area ini juga tidak memiliki kelenjar minyak sehingga cenderung lebih kering. Tapi, tenang, bukan berarti masalah nggak bisa diatasi kok. Kamu cukup menggunakan bahan alami untuk mencerahkannya. Apa saja? Keep on reading, Bela!

1. Lidah buaya

Ini 5 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Siku dan LututPinterest

Tanaman ajaib ini dapat membuat lutut lebih cerah dan memberikan perlindungan dari sinar UV. Potong daun lidah buaya dan oleskan gel di dalamnya sebanyak dua kali sehari pada lutut dan siku. Setelah 15 hingga 20 menit, bilas dengan air hangat.

2. Sari cuka Apel

Ini 5 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Siku dan LututPinterest

Komponen asam asetat dari cuka apel bekerja sebagai bahan pemutih alami yang dapat mengelupas kulit dan mencerahkannya. Kamu cukup merendam kapas ke dalam air yang sudah dicampur dengan beberapa sendok cuka apel. Aplikasikan kapas tersebut ke bagian siku dan lutut sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu. Jangan dibilas jika belum 15 menit ya, Bela.

3. Batu apung

Ini 5 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Siku dan LututPinterest

Batu apung berfungsi membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang gelap. Mandilah dengan air hangat sambil menggosok lutut dan siku menggunakan batu apung dengan gerakan melingkar sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Setelah itu, bilas deh dengan air dingin. Jangan lupa aplikasikan pelembap setelahnya agar kulitmu jadi lebih halus.

4. Minyak zaitun

Ini 5 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Siku dan LututPinterest

Campurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan dua sendok makan gula dan aduk hingga merata. Oleskan campuran ini pada bagian lutut dan siku yang gelap. Gosok dengan gerakan memutar selama sekitar lima menit. Semakin sering melakukannya, semakin cepat juga perubahan yang kamu dapat.

5. Mentimun

Ini 5 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Siku dan LututPinterest

Timun memiliki sifat pemutih yang alami sehingga bisa mencerahkan siku dan lutut yang gelap. Selain itu, timun akan membantu menjaga kulit tetap lembap dan membantu menghilangkan kotoran dari lapisan kulit luar. Caranya, gosok irisan timun ke bagian siku dan lutut selama 10 menit. Biarkan hingga lima menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk cara ini, lakukan setiap hari ya, Bela.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara menghilangkan lutut dan siku yang gelap. Segera dicoba yuk!

 

Penulis: Anisa Indraini

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Ini yang Membuat Kulitmu Semakin Berminyak