Bela, kamu pasti familiar dengan kolagen kan? Mengutip dari Healthline, kolagen termasuk ke dalam jenis protein struktural. Protein struktural ini merupakan protein yang membentuk kerangka sel serta jaringan tubuh.

Kandungan yang satu ini nggak hanya ada di dalam produk skincare khusus anti-aging saja, kamu bisa temukan kolagen di dalam makanan sehari-hari seperti kulit ayam dan ikan, serta suplemen untuk kesehatan. 

Berbicara soal suplemen kolagen, tahu nggak sih kalau suplemen yang satu ini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti kapsul, bubuk, dan cairan? Yang ajaibnya lagi, suplemen kolagen ini bisa kamu campur dengan minuman dan makanan seperti oatmeal dan yogurt, lho. 

Selain rasanya yang enak, suplemen kolagen juga punya banyak manfaat, lho. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Mengatasi bekas jerawat

Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagenpexels.com/KoolShooters

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat ini, selain mengaplikasikan produk skincare dengan kandungan khusus, jerawat ini bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen kolagen, lho. Hal ini karena kolagen bisa memperbaiki jaringan kulit.

2. Mengurangi tampilan selulit

Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Mengonsumsi Suplemen KolagenFreepik.com

Kehadiran selulit ini bisa mengganggu penampilan, dan suplemen yang mengandung kolagen ini bisa memperkuat lapisan dermis pada kulit sehingga bisa mengurangi tampilan selulit. 

3. Mengurangi tampilan garis halus

Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagenrefineme.com

Kolagen juga dipercaya bisa meremajakan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen kolagen bisa memperlambat penuaan pada kulit dengan mengurangi garis halus.

4. Membuat kulit lebih elastis

Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagenry.com.au

Kunci halusnya kulit seseorang selain rutin mengaplikasikan produk skincare adalah dengan mengonsumsi suplemen kolagen. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi suplemen dalam jumlah tertentu membuat kulit lebih elastis.

5. Mampu meningkatkan kelembapan kulit

Selain Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagentelegraph.co.uk

Kulit yang lembap adalah salah satu tanda bahwa kulitmu sehat. Namun, ada beberapa kebiasaan yang berpotensi membuat kulitmu kering, seperti membasuh wajah dengan air panas, eksfoliasi berlebihan, serta jarang mengaplikasikan pelembap. Untuk meningkatkan kelembapan pada kulit, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Pastikan untuk mengimbanginya dengan penggunaan skincare yang tepat dan asupan air putih secukupnya ya!