Tahukah kamu ternyata bau badan ini menjadi sebuah pertanda bahwa ada sesuatu yang terjadi dengan tubuh kamu? Seperti, berat badan berlebih, infeksi, mengonsumsi makanan dan obat-obatan tertentu, serta mengidap penyakit tertentu.

Namun, tidak semua penyebab bau badan berasal dari masalah kesehatan tersebut. Bisa saja bau badan ini berasal dari keringat berlebih.

Lalu, bagaimana cara mengatasi bau badan? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Mandi dengan rutin

Begini Cara Mudah Mengatasi Bau Badan! unsplash.com

Hal sederhana pertama yang bisa kamu lakukan adalah mandi dengan rutin. Ketika kamu rajin mandi, maka kamu juga mengurangi kehadiran bakteri serta keringat pada tubuh sehingga bau badan juga akan berkurang.

2. Menggunakan deodorant

Begini Cara Mudah Mengatasi Bau Badan! 

Selanjutnya, kamu bisa gunakan deodorant. Deodorant dipercaya dapat meminimalisir timbulnya bakteri serta kandungan fragrance di dalamnya bisa menutupi bau badan dengan berbagai aroma.

3. Keringkan badan dengan handuk

Begini Cara Mudah Mengatasi Bau Badan! independent.co.uk

Bela, tahukah kamu bahwa bakteri berkembang biak di udara yang lembap. Oleh karena itu, agar tubuhmu yang bersih tidak dihinggapi oleh bakteri, keringkan badanmu terlebih dahulu dengan handuk bersih.

4. Gunakan pakaian yang bersih

Begini Cara Mudah Mengatasi Bau Badan! Pexels.com/Rachel Claire

Menggunakan pakaian yang bersih menjadi langkah yang tepat untuk mencegah bau badan, karena ketika kamu terus-terusan menggunakan pakaian yang kotor, bakteri yang berkontribusi pada bau badan ini akan terus menempel di badan. 

5. Batasi konsumsi makanan yang berkontribusi pada bau badan

Tahukah kamu bahwa makanan tertentu, seperti brokoli, kembang kol, bawang bombai, dan bawang merah berkontribusi pada bau badan? Oleh karena itu, kamu bisa membatasi konsumsi makanan yang kaya akan kandungan tersebut.

6. Gunakan pakaian yang bahannya breathable

Begini Cara Mudah Mengatasi Bau Badan! Pinterest.com

Selain menggunakan pakaian yang bersih, agar terhindar dari bau badan kamu bisa gunakan pakaian yang bahannya breathable. Breathable dalam artian pakaian yang tidak ketat dan tentunya berbahan katun agar bisa menyerap keringat.

7. Mengganti pakaian setelah berolahraga

Begini Cara Mudah Mengatasi Bau Badan! wellandgood.com

Olahraga merupakan aktivitas yang paling banyak mengeluarkan keringat dan seperti yang kamu tahu, keringat berlebih ini bisa membuat badan menjadi bau. Oleh karena itu, agar pakaian yang penuh keringat tidak membawa bakteri, segera ganti pakaian olahragamu ke pakaian yang bersih.

Apabila memungkinkan, segera mandi agar badan menjadi bersih dan segar.