Bela tahu nggak kalau tekstur kulit yang nggak rata ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penumpukan sel kulit mati, paparan sinar matahari, serta polusi. Kulit yang bertekstur ini mungkin membuat kamu nggak percaya diri karena bisa memengaruhi penampilanmu.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir kok, karena ada tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kulit wajah yang bertekstur ini, mulai dari menjaga agar kulit tetap lembap sampai rutin mengaplikasikan sunscreen.

Untuk informasi lengkapnya, keep scrolling, ya, Bela!

1. Menjaga kulit agar tetap lembap

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Bertekstur ry.com.au

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar mengurangi tampilan kulitmu yang bertekstur adalah dengan menjaga kulit agar tetap lembap. Kamu bisa minum air putih dengan teratur, serta mengaplikasikan pelembap kulit yang bisa membuat kulitmu terhidrasi sepanjang hari.

2. Lakukan eksfoliasi

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Bertekstur lorealparisusa.

Selain membantu penyerapan produk skincare, mengatasi blackhead, eksfoliasi dengan rutin juga bisa mengatasi kulit wajah yang bertekstur. Hal yang perlu diingat ketika melakukan eksfoliasi adalah lakukanlah dengan lembut.

Ketika kamu mengeksfoliasi kulitmu terlalu keras, maka akan timbul masalah lain seperti iritasi dan produksi minyak berlebih.

3. Gunakan chemical peel

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Bertekstur aestheticjournal.com

Selain menggunakan toner eksfoliasi, kamu juga bisa gunakan chemical peel untuk mengangkat sel kulit mati. Chemical peel ini bisa membantu menghilangkan garis halus di kulit, menghilangkan bekas luka yang tergolong ringan, menghilangkan bintik hitam, menghilangkan jerawat, serta mengatasi kulit yang bertekstur.

Selain melakukan perawatan ini dii klinik kecantikan, kamu juga bisa melakukannya di rumah, lho.

4. Mengaplikasikan vitamin C

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Bertekstur intothegloss.com

Kamu juga bisa mengatasi kulit yang bertekstur dengan mengaplikasikan produk skincare yang mengandung vitamin C, seperti serum.

Selain melindungi kulit dari zat berbahaya yang berpotensi membuat kulitmu bertekstur, vitamin C ini memiliki banyak manfaat, seperti menutrisi serta mencerahkan kulit wajah, mengatasi hiperpigmentasi, dan mengatasi jerawat.

5. Mengaplikasikan face oil

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Bertekstur amaiaa.com

Mengaplikasikan face oil ini bisa menghidrasi kulit dengan baik, sehingga bisa memperbaiki kulit wajahmu yang bertekstur. Di samping itu, face oil punya manfaat lain yang baik untuk kulit, seperti mengecilkan tampilan pori-pori, meredakan kulit yang kemerahan, dan menyembuhkan jerawat.

6. Mengaplikasikan sunscreen

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Bertekstur baptist-health.com

Bela, seperti yang kamu ketahui bahwa salah satu penyebab kulit bertekstur adalah paparan sinar matahari. Oleh karena itu apabila ingin terhindari dari masalah kulit ini, aplikasikan sunscreen setiap hari. 

7. Gunakan skincare yang mengandung retinol

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Bertekstur shape.com

Retinol dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mencerahkan kulit yang kusam, dan mencegah munculnya jerawat. Namun, tahukah kamu bahwa retinol juga bisa meratakan kulit yang bertekstur sehingga kulitmu jadi lebih halus.