Terlihat mirip, seringkali freckles  dianggap sama dengan flek hitam. Memang sih, kalau dilihat sekilas rasanya sulit untuk membedakan antara freckles dan flek hitam. Tapi, tahukah kamu kalau keduanya ini justru berbeda loh. Berikut penjelasannya.

1. Freckles

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Freckles dan Flek Hitampopbela

Kalau biasanya kamu sering melihat freckles terdapat pada kulit para ‘bule’, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pengamatanmu memang benar. Ini salah satu yang membedakan freckles dengan flek hitam. Freckles dapat terjadi mulai dari usia kanak-kanak hingga dewasa. Biasanya, hal ini memang terjadi karena banyaknya kulit terpapar sinar matahari langsung. Freckles sendiri juga menjadi pertanda baha kulit tersebut sensitif dengan papapran sinar matahari langsung.

Jika terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama, freckles akan semakin memburuk dan bertambah. Lalu, mengapa freckles identik dengan kulit para ‘bule’? Hal ini disebabkan karena, semakin terang warna kulit, maka semakin sedikit proteksi untuk bertahan di bawah paparan sinar matahari langsung, maka dari itu semakin terang warna kulit semakin membutuhkan perlindungan ekstra ketika akan melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung yang cukup lama.

2. Flek hitam

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Freckles dan Flek Hitampinterest

Nah, kalau tadi sudah membahas tentang freckles, kali ini adalah flek hitam. Kalau freckles dapat terjadi tanpa mengenal usia, flek hitam justru terjadi pad usia 40-an ke atas. Flek hitam sendiri disebabkan karena kulit yang sensitif terkena sinar UV yang ada pada paparan sinar matahri. Maka dari itu, sunscreen sangatlah penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV pada kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Yap, meskipun pada teorinya flek hitam dapat muncul pada usia 40 tahun keatas, rupanya penuaan dini juga dapat membuat flek hitam muncul lebih awal di usia 30 tahun ke atas. Maka dari itu, perlindungan kulit dan produk anti aging, sebaiknya mulai digunakan ketika menginjak usia 22-23 tahun agar tidak terlambat.