Tidur di malam hari memang selalu menjadi momen yang dinantikan setiap harinya. Selain untuk mengistirahatkan badan dan pikiran, tidur di malam hari rupanya juga menjadi waktu dimana kulit beregenerasi dan juga beristirahat. Oleh karena itu, sebaiknya ketika tidur di malam hari, tubuh dan kulit berada dalam keadaan rileks dan tenang agar kondisi kulit semakin sehati dan membaik. 

Maka dari itu, penggunaan skincare pada malam hari merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewat. Namun, selain memakai skincare, rupanya 7 kebiasaan ini juga nggak boleh dilewatkan sebelum tidur untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

1. Menghindari kafein 4 jam sebelum tidur

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Membuat Kulit Lebih Sehatreader.gr

Bukannya tidak boleh mengonsumsi kafein di malam hari, hanya sebaiknya hindari kafein 4 jam sebelum tidur. Jadi, jika jadwal tidurmu di malam hari adalah pukul 22.00, maka batas mengonsumsi yang dibolehkan hanya sampai pukul 17.00. Hal ini untuk menghindari sulit tidur yang menjadi dampak dari kafein itu sendiri. Dengan tidur yang berkualitas tentunya akan membuat kulit kamu lebih fresh dan sehat.

2. Konsumsi buah-buahan

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Membuat Kulit Lebih Sehatsimple recipes

Yap, mengonsumsi buah-buahan memang baik untuk kulit, tentunya dengan porsi yang tepat. Namun, nggak ada salahnya kamu mengonsumsi buah-buahan sebelum kamu tidur. Tapi, dengan catatan dengan mengonsumsinya 1 jam setelah makan malam ya, pastikan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur kamu.

3. Stretching

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Membuat Kulit Lebih Sehathealthline

Melakukan stretching atau peregangan tubuh sejenak sebelum tidur di malam hari juga tidak kalah pentingnya. Peregangan tubuh ini bisa kamu lakukan dengan gerakan-gerakan sederhana seperti sit-up, squad, atau lari-lari kecil di tempat. Tidak perlu terlalu lama, 15 menit saja cukup kok.

4. Meditasi

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Membuat Kulit Lebih Sehatbeautyblog

Setelah melakukan peregangan tubuh, ada baiknya kamu juga mencoba hal yang satu ini. Yap, meditasi. Suasana yang tenang di malam hari membuat meditasi sangat depat bila dilakukan di malam hari. Fokus dan berkonsentrasi pada meditasi dapat membuat pikiran kamu rileks dan menghilangkan stres setelah seharian beraktivitas, yang tentunya akan membuat tidurmu lebih berkualitas, dan mendapatkan kulit yang fresh keesokan harinya.

5. Pakai Lotion dan lip balm

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Membuat Kulit Lebih Sehatwatsons

Tidur di ruangan ber-AC pasti membuat kulit dan bibir kamu kering di keesokan harinya. Maka dari itu, memakai lotion dan lipbalm di malam hari juga menjadi kewajiban sebelum kamu tidur. Kamu bisa melihat hasilnya di keesokan harinya, kulit dan bibir kamu menjadi lebih halus, lembut, dan kenyal.

6. Minum air mineral

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Membuat Kulit Lebih Sehatpinterest

Mengonsumsi air mineral memang tidak diragukan lagi khasiatnya bagi kulit, apalagi saat tidur cairan tubuh akan banyak berkurang. Oleh karena itu, jangan sampai lupa ya mengonsumsi air mineral sebelum tidur, selain akan menjaga cairan tubuh dan akan banyak terbuang, pastinya akan baik juga untuk kesehatan dan kelembapan kulit.

7. Tidur dengan keadaan gelap

7 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Membuat Kulit Lebih Sehatthe mirror

Nah, setelah melakukan berbagai rutinitas di atas, langkah terakhir yang cukup penting namun sering dilupakan dan disepelekan. Yaitu, tidur dengan keadaan gelap. Hal ini rupanya sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit, karena kulit kamu akan seutuhnya beristirahat dan beregenerasi dengan sangat baik ketika tidur dalam keadaan gelap. Bahkan, tidur dalam keadaan gelap juga dapat mencegah terjadinya obesitas loh!

Baca Juga: Turunkan Berat Badan, 7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Patut Kamu Coba