Kulit yang sensitif dan mudah ruam memang menjengkelkan banget. Apalagi, kalau kamu harus mencari cara bagaimana cara mengatasi ruam tersebut tanpa harus berlama-lama. Nah, sebelum masuk ke cara mengatasi ruam pada wajah, sebaiknya kamu tahu dulu sebenarnya apa sih yang menyebabkan ruam pada wajah? Ruam pada wajah sendiri, rupanya terjadi karena kulit yang kekurangan ceramide.

Apa itu ceramide?

Jangan Panik, Begini Cara Cepat Mengatasi Ruam Pada Wajah!allure

Ceramide sendiri mirip dengan kolagen, salah satu kandungan yang dimiliki oleh kulit. Namun, semakin bertambahnya usia jumlah ceramide dalam kulit akan semakin berkurang. Dengan berkurangnya ceramide ini tentunya akan membuat kulit menjadi tidak kebal dan lebih sensitif, terutama terhadapa ruam. Lalu, apa yang harus dilakukan jika sudah terjadi ruam pada wajah?

1. Gunakan sabun cuci muka dengan formula yang lembut

Jangan Panik, Begini Cara Cepat Mengatasi Ruam Pada Wajah!facebeautyplus

Saat wajah timbul ruam-ruam, secara otomatis akan membuat kondisi kulit menjadi lebih kering, rentang dan sensitif. Maka dari itu, mengatur kelembapan kulit wajah sangatlah penting. Maka dari itu, hindari menggunakan sabun cuci muka yang memiliki banyak busa. Sebaiknya, pilih sabun dengan formula yang gentle. Atau agar lebih aman, kamu juga bisa loh memilih sabun bayi untuk kamu jadikan sabun cuci muka kamu selama ruam.

2. Gunakan pelembab dengan kandungan ceramide

Jangan Panik, Begini Cara Cepat Mengatasi Ruam Pada Wajah!allure

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa ceramide sangat berperan penting dalam menjaga skin barrier dan tekstur wajah. Jadi, sebaiknya pilih moisturizer atau pelembap yang mengandung ceramide. Hal ini sangat membantu untuk mengembalikan keadaan kulit kamu ke keadaan normal. Saat kulit ruam, ada baiknya kamu melakukan puasa skincare untuk sementara, namun tetap rutin menggunakan pelembap mengandung ceramide ini ya.

3. Gunakan salep dengan resep dokter

Jangan Panik, Begini Cara Cepat Mengatasi Ruam Pada Wajah!the healthy

Munculnya ruam di wajah seringkali dianggap sepele, namun kalau dibiarkan berlama-lama bisa semakin parah loh. Belum lagi, gatalnya yang dapat mengganggu aktivitas kamu. Untuk itu, jangan ragu untuk ke klinik terdekat dan meminta resep salep wajah yang direkomendasikan oleh dokter, gunakan dengan rutin setelah mandi dan di malam hari sebelum tidur.

Baca Juga: 6 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Wajah Makin Kusam