Punya kulit wajah yang flawless bak artis Hollywood mungkin adalah impian semua perempuan. Tapi ternyata, tidak semua perempuan memiliki kulit wajah yang bebas dari noda hitam. Terkadang memiliki noda hitam pada wajah juga membuat kita menjadi tidak percaya diri. Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab munculnya noda hitam pada wajah? Simak di bawah ini yuk!

1. Hormon

7 Penyebab Noda Hitam Pada Wajah Ini Wajib Kamu Tahuetsy.com

Nah, ternyata hormon pada tubuh kita juga bisa membuat munculnya noda hitam di wajah lho! Beberapa hormon yang dapat memicu terjadinya noda hitam di wajah adalah hormon estrogen, progesterone dan juga MSH (melanin stimulating hormone). Nah, biasanya hormon-hormon ini sangat aktif di saat seorang perempuan sedang hamil. Buat kamu yang sedang hamil, mungkin ini adalah penyebab dari munculnya noda hitam di wajah.

2. Memencet jerawat

7 Penyebab Noda Hitam Pada Wajah Ini Wajib Kamu Tahuparenting.firstcry.com

Salah satu penyebab terjadinya noda hitam adalah sering memencet jerawat pada wajah saat jerawat tersebut masih aktif. Memencet jerawat berarti memaksakan untuk jerawat lebih cepat ‘keluar pada wajah sehingga terjadi luka atau peradangan. Hal ini dapat memicu terjadinya noda hitam pada wajah. Jerawat sih hilang, tapi akan ada noda hitam yang muncul.

3. Tidak menggunakan sunscreen

7 Penyebab Noda Hitam Pada Wajah Ini Wajib Kamu Tahuteenvogue.com

Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum kita melakukan aktivitas di luar rumah selalu gunakan sunscreen sesuai jenis kulit untuk melindungi kulit.

4. Penggunaan kosmetik yang kurang cocok

7 Penyebab Noda Hitam Pada Wajah Ini Wajib Kamu Tahubethsandland.co.uk

Beberapa bahan kimia yang terkandung pada kosmetik terdapat melanocyte yang memproduksi melanin. Apabila terlalu sering menggunakan kosmetik yang mengandung melanocyte, noda hitam mungkin saja muncul di wajah kita. Jangan lupa Bela, sebelum menggunakan kosmetik cek kandungan yang ada d idalamnya ya!

5. Faktor genetik

7 Penyebab Noda Hitam Pada Wajah Ini Wajib Kamu Tahumedium.com

Faktor genetik juga salah satu yang dapat memicu timbulnya noda hitam pada wajah. Orang yang memiliki faktor ini biasanya rentan terhadap penyakit seperti melasma.

6. Polusi udara

7 Penyebab Noda Hitam Pada Wajah Ini Wajib Kamu Tahupollutionairmask.com

Polusi udara dapat menyebabkan iritasi kulit sehingga terjadi kerusakan pada kulit yang berakibat munculnya noda hitam pada kulit wajah. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan anti-oksidan tinggi untuk melindungi kulitmu.

7. Kurang asupan vitamin

7 Penyebab Noda Hitam Pada Wajah Ini Wajib Kamu Tahumindbodygreen.com

Kulit juga butuh diberikan nutrisi yang sempurna sehingga tidak muncul masalah-masalah yang menjengkelkan. Nah, salah satu yang harus kamu perhatikan adalah pastikan kulitmu mendapatkan vitamin yang cukup sehingga tidak muncul noda-noda hitam. Konsumsi vitamin E dan K secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit.

Nah, itu dia 7 penyebab terjadinya noda hitam pada wajah. Semoga artikelnya bermanfaat!