Untuk kamu pemilik kulit acne prone pasti kamu setuju dong kalau merawat kulit berjerawat cukup rumit? Munculnya jerawat tidak disebabkan oleh satu faktor saja. Selain itu, terkadang breakout pun bisa terjadi kapan saja walaupun kita merasa sudah cocok dengan skincare routine yang kita terapkan dalam waktu yang cukup lama. Jadi, memang banyak sekali hal yang bisa menyebabkan jerawat muncul.

Penyebab munculnya jerawat pada wajah ternyata cukup kompleks bukan disebabkan hanya oleh produk skincare namun juga pola makan, gaya hidup, suplemen yang dikonsumsi dan masih banyak lagi. Nah kali ini, Popbela akan menjabarkan 7 alasan kenapa jerawat bisa muncul di wajah. Simak yuk artikelnya!

1. Masker Kain yang Menyebabkan Maskne

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada WajahFreepik.com

Maskne adalah sebutan untuk jerawat yang timbul disebabkan oleh penggunaan masker pada wajah. Apabila kamu melihat bahwa jerawat yang timbul hanya di sekitar dagu, pipi dan bagian atas bibir, bisa jadi jerawat ini adalah maskne. Untuk menghindari maskne, kamu perlu memastikan bahwa masker kain yang kamu gunakan adalah yang sudah dalam keadaan bersih atau lebih baik lagi kamu menggunakan masker sekali pakai yang lebih higienis.

2. Tidak Merawat Kulit Secara Benar

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajahgeorgiaboarnoro.com

Timbulnya jerawat juga bisa jadi adalah hasil dari perawatan kulit wajah yang tidak dilakukan secara benar. Sebagai contoh, kamu seringkali lupa membersihkan wajah setelah satu harian menggunakan makeup untuk beraktivitas. Nah, kalau kamu memang memiliki kulit acne prone wajib banget untuk merawat kulit wajah secara benar dengan menggunakan produk skincare yang khusus untuk kulit acne prone.

Kalau kamu terlalu malas, kamu bisa hanya menggunakan produk skincare basic yaitu pembersih wajah, toner, dan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Merawat kulit secara benar akan menghindari jerawat yang timbul menjadi lebih banyak dan tidak ada habisnya.

3. Kurang Tidur

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada WajahPexels.com/Molly Champion

Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan breakout pada kulit. Secara ilmiah dijelaskan bahwa sama seperti saat kamu merasa stres, hormon yang dapat melepaskan kortisol dapat mengikat kelenjar minyak sehingga bekerja berlebihan dimana pada hasilnya akan menyebabkan timbulnya jerawat. Waktu tidur yang normal adalah 8 jam dalam satu hari, jangan sampai kekurangan ya Bela!

4. Menggunakan Acne Spot Treatment Berlebihan

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajahmedicalnewstoday.com

Panik saat jerawat terlalu banyak di wajah sehingga kamu menggunakan acne spot treatment lebih banyak dibandingkan biasanya? Ternyata tindakan ini akan memperparah jerawat lho!

Acne spot treatment adalah salah satu produk skincare yang akan membuat kulit kering, disaat kulit dalam keadaan yang terlalu kering, breakout akan terjadi pada wajah. Cukup gunakan acne spot treatment di malam hari pada bagian yang terdapat jerawat dan hentikan pemakaian saat jerawat hilang ya.

5. Konsumsi Minuman Beralkohol

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajahmenxp.com

Suka minum minuman beralkohol? Hati-hati, ternyata ini bisa jadi penyebab jerawat yang sering muncul pada wajahmu lho! Konsumsi alkohol dapat mengeringkan kulit dari dalam dimana sebagai hasilnya kulit akan breakout. Oleh karena itu, apabila kamu memang suka mengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya dikurangi apabila ingin jerawat lebih cepat mereda.

6. Stres Menyebabkan Pore Clogging

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajahinsider.com

Stres dapat menyebabkan jerawat, jerawat adalah hasil dari stres berlebih. Saat seseorang merasa stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol berlebih yang menstimulasi kelenjar minyak memproduksi testosteron. Hasilnya produksi minyak pada wajah akan lebih banyak dan menyebabkan terjadinya pore clogging sehingga muncul jerawat tanpa mata yang sering disebut blind pimple.

7. Sering Memencet Jerawat

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajahbenzac.com

Sering tanpa sadar memencet jerawat? Nah mulai sekarang jangan dilakukan lagi ya, Bela! Memencet jerawat menyebabkan bakteri penyebab jerawat menyebar ke permukaan kulit yang pada gilirannya akan menumbuhkan lebih banyak jerawat pada kulit. Memang memencet jerawat akan memberikan rasa puas, namun ternyata hasilnya akan lebih banyak jerawat dan juga akan menimbulkan bekas jerawat lho.

Itu tadi 7 alasan yang bisa jadi penyebab munculnya jerawat pada wajahmu. Saran dari Popbela, gunakanlah produk skincare sesuai jenis kulit dan kontrol pola makan untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Selain itu, apabila kamu sudah merasa tidak bisa menangani jerawat yang kamu miliki dengan penggunaan produk skincare, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter kulit. Semoga artikelnya bermanfaat!