Sudah rutin menggunakan skincare tapi kulit tetap terlihat kusam? Tenang Bela, ternyata masih banyak para beauty enthusiast yang merasakan hal yang sama kok. Ternyata cara mengatasi kulit kusam bukan hanya sekedar penggunaan skincare lho, ada beberapa penyebab dalam kehidupan sehari-hari yang masih bisa kita hindari nih.

Berikut ini adalah 6 penyebab kulit kusam yang sering kamu abaikan. Buat kamu yang merasa memiliki kulit kusam, wajib baca artikel ini sampai habis!

1. Tubuh Tidak Mendapatkan Asupan Nutrisi Sesuai

6 Penyebab Kulit Kusam yang Sering Kamu Abaikanvogue.com

Bila tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan, ini bisa jadi penyebab kulit kusam. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah kulit kusam, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan antioksidan yang tinggi, selain itu kurangi konsumsi garam serta makanan dengan cara masak yang digoreng. Tidak lupa, pastikan kamu mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas dalam satu hari.

2. Kulit Sering Terpapar Sinar Matahari dan Polusi

6 Penyebab Kulit Kusam yang Sering Kamu Abaikanvogue.com

Saat beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari dan polusi memang tidak bisa dihindari. Nah ternyata ini adalah salah satu penyebab kulit kusam yang sering kita abaikan. Selain terpapar secara langsung, kulit akan menjadi kusam karena kamu juga tidak menggunakan produk sun protection saat harus beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, untuk menghindari kulit menjadi kusam, yuk mulai rutin menggunakan produk sun protection saat harus pergi ke luar rumah!

3. Tidak Rutin Melakukan Eksfoliasi

6 Penyebab Kulit Kusam yang Sering Kamu Abaikandermstore.com

Sudah pakai skincare tapi kulit tetap kusam? Mungkin salah satu penyebabnya kamu tidak menggunakan produk yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi kulit adalah proses untuk mengangkat sel-sel kulit mati, nah apabila sel-sel kulit mati ini tidak tereksfoliasi akan membuat kulit kusam. Pastikan kamu juga tetap menggunakan produk skincare yang membantu eksfoliasi kulit ya. Produk skincare untuk eksfoliasi kini sudah cukup banyak mulai dari face scrub, toner, bahkan serum.

4. Menggunakan Produk Skincare yang Salah

6 Penyebab Kulit Kusam yang Sering Kamu Abaikanthebeautyparlour.com

Cara mendapatkan kulit yang lebih cerah salah satunya dengan menggunakan produk skincare dengan kandungan mencerahkan seperti vitamin C, niacinamide, glycolic acid dan masih banyak lagi. Nah, biar tujuan ini bisa kamu capai, pastikan kamu sudah menggunakan produk skincare yang sesuai dengan manfaat yang kamu inginkan ya, Bela!

5. Merasa Stres

6 Penyebab Kulit Kusam yang Sering Kamu Abaikanhealthline.com

Terkadang, penyebab kulit kusam bukan hanya berasal dari faktor eksternal terkadang juga faktor internal salah satunya stres. Stres ternyata dapat membuat tingkat kortisol yang mengalir ke darah lebih banyak sehingga membuat kulit kusam dan kehilangan kilau alaminya.

6. Kurang Tidur

6 Penyebab Kulit Kusam yang Sering Kamu Abaikanabcnews.com

Padatnya rutinitas seringkali membuat kamu mengorbankan waktu tidur menjadi lebih sedikit. Ternyata salah satu penyebab kulit kusam juga adalah kurangnya waktu tidur lho! Saat waktu tidur berkurang, regenerasi sel kulit akan terhambat sehingga membuat kulitmu menjadi terlihat lebih kusam.

Untuk mendapatkan tampilan kulit yang lebih cerah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengatur waktu tidurmu yang cukup. Waktu tidur di malam hari normalnya adalah 7-8 jam, dan kalau memang kamu suka begadang, kegiatan ini harus mulai kamu kurangi apabila tidak ingin memiliki kulit yang tampak kusam.

Itu tadi 6 penyebab kulit kusam yang seringkali diabaikan. Selain mengubah kebiasaan yang menjadi penyebabnya, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.

Namun untuk melakukan perawatan kulit untuk mengatasi kulit kusam, kamu wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, Bela agar tidak salah memilih perawatan yang sesuai.