Merawat kulit berminyak memang bisa jadi sedikit tricky. Belum lagi jenis kulit berminyak biasanya lebih dekar dengan masalah seperti timbulnya komedo hingga jerawat. Namun, bukan berarti kulit berminyak tidak bisa terlihat sehat lho. Biar tahu cara merawatnya, berikut beberapa mitos seputar kulit berminyak yang perlu kamu ketahui kebenarannya!

1. Pemilik Kulit Berminyak Nggak Perlu Pelembap

Mitos Seputar Kulit Berminyak yang Nggak Perlu Kamu Hiraukanactiveskin.co.uk

Punya kulit berminyak dan merasa tidak butuh pelembap? Nah kamu salah besar nih, Bela! Pelembap ternyata dapat membantu untuk mengontrol sebum pada kulit, meningkatkan kadar air dan mengunci kelembapan pada wajah.

Salah satu penyebab kulit terasa berminyak adalah saat kulit tidak terhidrasi sesuai kebutuhan sehingga minyak alami wajah mengkompensasi dengan produksi minyak berlebih. Jadi, mulai saat ini kamu jangan pernah lewatkan penggunaan pelembap wajah ya. Khusus untuk kulit berminyak, kamu bisa mencoba menggunakan pelembap dengan tekstur gel yang tidak lengket dan juga mudah menyerap pada kulit.

2. Produk Skincare Terbaik Adalah yang Memiliki Kandungan Alkohol

Mitos Seputar Kulit Berminyak yang Nggak Perlu Kamu Hiraukancelestolite.com

Ada anggapan bahwa produk dengan kandungan alkohol dapat mengatasi masalah kulit berminyak dan jerawat. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar. Kandungan alkohol pada skincare dapat menyebabkan kulit kehilangan minyak alaminya sehingga pada akhirnya malah kelenjar minyak akan memproduksi minyak berlebih yang menyebabkan pore clogging.

Untuk itu, buat kamu yang memiliki kulit berminyak sebaiknya tidak menggunakan produk skincare dengan kandungan alkohol. Kandungan skincare yang cocok digunakan pemilik kulit berminyak antara lain adalah hyaluronic acid, niacinamide dan AHA.

3. Mencuci Wajah Setiap Kali Terasa Berminyak

Mitos Seputar Kulit Berminyak yang Nggak Perlu Kamu Hiraukanscarmommy.com

Pernah merasa kesal karena beberapa jam sekali kulit terasa berminyak? Hati-hati ini tanda bahwa masalah kulit berminyak yang kamu alami adalah dikarenakan kulit mengalami dehidrasi. Apa penyebab kulit dehidrasi? Salah satunya adalah terlalu sering mencuci muka.

Walaupun minyak wajah terasa terangkat saat selesai mencuci muka, ternyata terlalu sering mencuci muka akan membuat kulit lebih kering dan dehidrasi serta menyebabkan breakout. Oleh karena itu, dalam satu hari disarankan hanya mencuci muka dua kali dengan facial foam yang memiliki kandungan gentle.

4. Kertas Minyak Dapat Mengatasi Kulit Berminyak

Mitos Seputar Kulit Berminyak yang Nggak Perlu Kamu Hiraukanthelist.com

Bloating paper atau kertas minyak adalah salah satu senjata yang sudah selalu disiapkan pemilik kulit berminyak. Tetapi ternyata kertas minyak tidak akan menghilangkan masalah kulit berminyak. Fungsi dari kertas minyak sendiri adalah menyerap minyak berlebih secara sesaat pada wajah. Kertas minyak dapat digunakan saat sedang beraktivitas diluar rumah untuk mengurangi penampilan wajah yang terlalu berminyak.

5. Kulit Berminyak Pasti Berjerawat

Mitos Seputar Kulit Berminyak yang Nggak Perlu Kamu Hiraukanhealthline.com

Walaupun keduanya sering dikaitkan, ternyata tidak selalu masalah kulit berminyak datang bersamaan dengan jerawat. Salah satu penyebab jerawat memang terjadinya penyumbatan pori-pori akibat minyak berlebih tetapi masih ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan jerawat antara lain hormon, nutrisi dan juga produk skincare yang digunakan.

Oleh karena itu, apabila kamu merasa kulit tidak berminyak tetapi berjerawat kamu bisa mengecek apakah kamu memiliki masalah dari faktor lainnya seperti hormon, pola makan atau alergi terhadap kandungan skincare tertentu.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Bedak Tabur untuk Kulit Berminyak Beserta Harganya

Baca Juga: Ini Skincare Routine Terbaik untuk Kulit Berminyak

Baca Juga: 9 Skincare Lokal yang Cocok untuk Kulit Berminyak, Sudah Coba?