Baru-baru ini seorang TikTok creator mengklaim bahwa fish oil bahwa konsumsi fish oil secara rutin dapat membantu menyembuhkan hormonal acne. Dalam video singkat yang kini sudah disukai ratusan ribu orang tersebut, ia menjelaskan bahwa fish oil tersebut ternyata membantu untuk menyembuhkan jerawat membandel yang ia miliki. Nah ternyata, fish oil memang memiliki manfaat yang signifikan lho untuk kulit!

Manfaat Fish Oil untuk Kesehatan

Fish Oil Viral di TikTok, Ternyata Ini Manfaatnya untuk Kulitdok.Internet

Secara umum, manfaat fish oil sudah dikenal baik untuk kesehatan. Saat kita masih dalam usia tumbuh kembang, para ahli nutrisi dan dokter anak akan menyarankan konsumsi fish oil secara rutin karena dianggap dapat membantu tumbuh kembang. Selain itu, dilansir dari Healthline, ternyata fish oil juga dapat memelihara kesehatan jantung, mencegah penyumbatan pembulu darah dan menjaga kesehatan mental.

Manfaat Fish Oil bagi Kulit

Fish Oil Viral di TikTok, Ternyata Ini Manfaatnya untuk Kulitavenoo.com

Dilansir dari Medical News Today, fish oil beserta komponennya yang termasuk omega-3 ternyata dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Dari berbagai studi dipercaya manfaat ini dihasilkan oleh Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA) atau lemak tak jenuh ganda pada fish oil. Hasilnya membran sel akan menjadi sehat dan mampu menahan air pada sel kulit yang membuat kulit terhidrasi sempurna. Oleh karena itu, mengonsumsi fish oil dapat menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu omega-3 yang terkandung pada fish oil juga mampu mengurangi senyawa penyebab inflamasi yang mendorong proses penuaan. Selain omega-3, fish oil juga memiliki banyak kandungan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin D dan selenium yang cukup penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Apakah Benar Fish Oil dapat Menyembuhkan Jerawat?

Fish Oil Viral di TikTok, Ternyata Ini Manfaatnya untuk Kulitgoodhousekeeping.com

Pada dasarnya omega-3 yang terkandung pada fish oil memang mampu untuk mencegah inflamasi atau peradangan pada kulit. Namun, apakah hal ini menjadi bukti bahwa fish oil juga mampu untuk menyembuhkan jerawat?

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2014 oleh Acta Derm Venereol mengatakan bahwa fish oil yang memiliki kandungan omega-3 dapat membantu untuk menurunkan lesi jerawat secara signifikan dalam kurun waktu kurang lebih 10 minggu. Namun, dari penelitian lainnya di tahun 2012 memang untuk sebagian orang fish oil yang mengandung omega-3 ini disebut dapat membantu penyembuhan jerawat, namun pada waktu yang sama di sebagian orang malah membuat jerawat memburuk. Oleh karena itu, sampai saat ini belum ada bukti signifikan bahwa jerawat dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi fish oil secara rutin.

Suplemen Mengandung Fish Oil Baik untuk Memelihara Kulit

Fish Oil Viral di TikTok, Ternyata Ini Manfaatnya untuk Kulithealthline.com

Karena belum ada bukti yang secara signifikan menunjukan fish oil menjadi salah satu kandungan yang dapat menyembuhkan jerawat, bukan berarti fish oil tidak penting lho! Karena selain jerawat, masih ada masalah kulit lainnya yang perlu diperhatikan.

Suplemen dengan kandungan fish oil dapat memberikan manfaat kesehatan yang cukup banyak dan tidak terkecuali dengan membantu memelihara kulit agar tetap sehat. Oleh karena itu, apabila kamu memang berniat untuk mengonsumsi fish oil secara rutin itu akan membantu untuk memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan

Selain itu, yang pasti yang perlu diperhatikan adalah kamu harus tetap memastikan untuk melakukan skincare routine-mu dengan produk yang tepat. Apabila memang permasalahan kulit utama yang kamu miliki adalah jerawat, pastikan bahwa kamu menggunakan skincare dengan kandungan yang membantu untuk memulihkan jerawat. Selain itu, mengurangi makanan berminyak dan berlemak juga membantu untuk menyembuhkan jerawat. Nah sekarang jadi tahu dong manfaat fish oil buat kulit, Bela?