Kulit saya adalah kulit yang acne prone, jadi sejak saya mengenal skincare saya sering membaca-baca dan mencari tahu soal penyebab jerawat dan juga apa yang harus saya hindari agar kulit saya tidak mudah timbul berjerawat. Dari sekian banyak artikel dan juga pengetahuan yang saya dapat dari beberapa dermatologist, ada hal yang menarik bagi saya soal apa yang harus saya hindari apabila tidak ingin kulit mudah timbul jerawat. Hal itu adalah mengurangi konsumsi makanan-makanan dengan rasa pedas.

Apakah makanan pedas dapat menyebabkan jerawat? Sejujurnya pada awalnya saya cukup bingung apa sih kaitanya, tetapi setelah saya mencaritahu lebih dalam ternyata ada lho kaitanya makanan pedas dan jerawat yang terjadi pada wajah kita. Mau tau apa kaitanya? Nah, kamu perlu membaca artikel ini sampai habis nih!

Bagaimana Makanan Pedas Berhubungan Dengan Jerawat?

Jadi, ternyata makanan pedas berkaitan erat dengan jerawat. Kalau di luar tubuh, mengonsumsi makanan yang pedas dapat menyebabkan temperature tubuh meningkat dan menyebabkan keringat. Saat kita berkeringat, bisa saja keringat bercampur dengan riasan wajah atau paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menjadikan kulit berjerawat.

Selain itu, ternyata mengkonsumsi makanan yang pedas dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh karena meningkatnya tingkat panas. Tentu, makanan pedas akan menyebabkan rasa panas dan itu menyebabkan terjadinya inflamasi. Selain jerawat, bisa saja rasa panas ini menyebabkan sariawan.

Bagaimana Cara Menghindari Terjadinya Jerawat Setelah Makan Pedas?

Benarkah Sering Mengonsumsi Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Jerawat?health.harvard.edu

Salah satu hal simpel yang bisa kamu lakukan adalah mencuci wajahmu dengan facial wash yang memiliki formula ringan setelah selesai makan. Kenapa harus mencuci muka? 

Karena bisa saja keringatmu yang terjadi akibat makan pedas bercampur dengan riasan wajah dan kotoran dari udara yang menyebabkan penyumbatan pori-pori. Oleh karena itu, kamu harus mencegahnya dengan cara membersihkan wajahmu setelahnya.

Selain itu, apabila kamu merasa kulitmu sedang dalam keadaan yang dapat menimbulkan jerawat segera, kamu bisa mengurangi konsumsi makanan pedas seperti sambal, dan juga lada. Mengurangi konsumsi makanan pedas ini juga dapat membuat penyembuhan dari jerawat yang sudah ada lebih cepat.

Apakah dengan Tidak Mengonsumsi Makanan Pedas Dapat Membuat Wajah Bebas Jerawat?

Benarkah Sering Mengonsumsi Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Jerawat?newbeauty.com

Tentu tidak ya, Bela. Jerawat itu terjadi pada kulit akibat terjadinya penyumbatan pada pori-pori. Dan penyumbatan yang terjadi pada pori-pori bisa terjadi akibat kelebihan minyak pada kulit ataupun wajah yang terpapar polusi udara dan satu lagi, mungkin kamu tidak membersihkan wajahmu secara benar.

Oleh karena itu, biasakan untuk melakukan double cleansing setiap hari ya agar wajahmu tetap dalam keadaan bersih sehingga mencegah terjadinya jerawat yang akan membuat kamu resah dikemudian hari.

Baca Juga: 7 Hal Ini Jadi Penyebab Jerawat Tetap di Wajahmu

Baca Juga: Hati-hati, Mungkin Ini Penyebab Jerawatmu Makin Parah!

Baca Juga: Kenali Penyebab Jerawat di 6 Area Wajahmu