Retinol menjadi salah satu active ingredients yang disebut powerful untuk mengubah penampilan kulit. Buat kamu yang belum tahu, retinol merupakan turunan vitamin A yang kini banyak digunakan sebagai kandungan skincare yang berfungsi untuk membuat tampilan kulit lebih cerah dan jauh dari tanda-tanda penuaan.

Retinol sendiri sudah boleh digunakan sejak berusia 19 tahun untuk menjaga agar tampilan kulit jauh dari tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kusam, hyperpigmentation, garis-garis halus dan kulit terasa kering. Nah, dengan kemampuannya ini, ternyata retinol tidak bisa sembarangan digunakan lho.

Buat kamu yang kini sudah menggunakan skincare mengandung retinol atau yang baru ingin menggunakan, berikut ini adalah 5 kesalahan ketika menggunakan skincare mengandung retinol yang wajib dihindari. Biar hasilnya maksimal, yuk di baca terlebih dahulu, Bela!

1. Frekuensi penggunaan yang terlalu sering

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Penggunaan Retinolshape.com

Merasa kulit terasa kering setelah menggunakan skincare dengan kandungan retinol? Nah ini saatnya kamu mengecek frekuensi penggunaan skincare tersebut. Untuk pemula, penggunaan skincare dengan kandungan retinol yang disarankan adalah 2-3 kali dalam seminggu di malam hari. Selain itu, konsentrasi yang disarankan juga dimulai dari yang rendah terlebih dahulu lalu baru mulai dinaikan setelah kulit terbiasa dan tidak timbul reaksi negatif.

2. Dicampur dengan AHA BHA

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Penggunaan Retinolhiddenharmonyworld.com

Kesalahan lainnya adalah mencampur skincare kandungan retinol dengan skincare mengandung AHA BHA. AHA BHA memiliki fungsi mengeksfoliasi kulit sehingga sel-sel kulit mati terangkat, sedangkan retinol memiliki fungsi untuk merangsang pembentukan kolagen kulit yang membuatnya lebih sehat, tentunya saat digabungkan ini membuat kulit harus bekerja keras yang bisa saja berakibat kulit breakout. Oleh karena itu, sebelum mencampur produk skincare mengandung retinol dengan produk skincare lainnya, kamu perlu memperhatikan kandungannya terlebih dahulu nih.

3. Menggunakan skincare retinol dengan konsentrasi tinggi sejak awal

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Penggunaan Retinolpopsugar.com

Apabila kamu baru pertama kali menggunakan skincare dengan kandungan retinol, baiknya kamu mencoba dengan konsentrasi yang lebih rendah terlebih dahulu. Selain itu, coba dulu yang memiliki jenis toner ketimbang serum. Produk toner dengan kandungan retinol akan bekerja lebih gentle di kulit dibandingkan yang bentuknya serum. Penggunaan konsentrasi rendah di awal ini untuk mencegah terjadinya iritasi kulit yang tidak diinginkan.

4. Tidak menggunakan pelembap wajah

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Penggunaan RetinolPexels.com

Penggunaan skincare dengan kandungan retinol wajib dibarengi dengan penggunaan pelembap wajah. Hal ini adalah untuk mencegah kulit menjadi lebih kering atau teriritasi. Dengan menggunakan pelembap sesuai jenis kulit, ini menjadi upaya untuk tetap memiliki kulit yang skin barrier-nya tetap kuat selagi menggunakan skincare mengandung retinol yang juga efeknya di awal dapat membuat kulit menjadi kering.

5. Tidak menggunakan sunscreen saat pergi keluar rumah

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Penggunaan RetinolShutterstock/verona studio

Selain pelembap, penggunaan sunscreen juga tidak boleh di skip nih! Retinol akan membuat kulit kita lebih sensitif terhadap matahari, akibatnya saat kamu tidak menggunakan sunscreen setelah penggunaan retinol, biasanya kulit akan tampak kemerahan atau terasa perih. Oleh karena itu, kalau kamu sudah memutuskan menggunakan retinol, jangan sampai skip penggunaan sunscreen ya.

Baca Juga: 5 Tips Memakai Retinol yang Tepat Agar Kulit Terhindar dari Breakout

Baca Juga: Sebagai Anti-Aging, Ini 7 Rekomendasi Produk dengan Kandungan Retinol

Baca Juga: Bagi Pemilik Kulit Sensitif, Ini Cara Tepat Menggunakan Retinol