Beberapa waktu ini pasti kamu sering mendengar tentang clean beauty. Mulai dari skincare expert, influencer, sampai brand skincare membicarakan soal clean beauty. Tetapi ternyata clean beauty tidak ada hubunganya dengan membersihkan kulit, lho! Lalu, apa sebenarnya clean beauty itu?

Apa itu clean beauty?

Mengulik Soal Clean Beauty, Konsep Skincare yang Aman untuk Kulitwww.cosmo.ph

Tidak ada penjelasan mutlak soal clean beauty. Melansir dari Skincare, clean beauty adalah sebuah pergerakan untuk menggunakan produk skincare yang minim bahan kimia dan lebih menggunakan bahan-bahan natural. 

Tetapi, jangan langsung men-judge suatu produk tidak termasuk dalam kriteria clean beauty ya. Kamu bisa melihat produk tersebut dari merek produk skincare-nya. Karena sebenarnya tidak ada kriteria yang mutlak dalam memilih produk yang benar-benar sesuai dengan konsep clean beauty. Fokuslah terhadap merek skincare nya, bagaimana mereka menjelaskan produknya terkait kandungan-kandungan yang digunakan.

Kandungan apa saja yang digunakan produk dengan konsep clean beauty?

Mengulik Soal Clean Beauty, Konsep Skincare yang Aman untuk Kulithypebae.com

Produk-produk skincare yang menggunakan konsep clean beauty pasti akan memfokuskan kandunganya terhadap bahan-bahan natural yang aman untuk kulit. Seperti misalnya memakai ekstrak buah-buahan untuk mendapatkan zat anti-oksidan dan vitamin C.

Mengulik Soal Clean Beauty, Konsep Skincare yang Aman untuk Kulitwww.mysubscriptionaddiction.com

Selain itu, produk yang menggunakan konsep clean beauty biasanya tidak melakukan tes produknya kepada binatang. Konsep clean beauty juga tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang apabila digunakan dalam jangak panjang berbahaya untuk kulit. Beberapa bahan yang tidak akan digunakan dalam produk yang memakai konsep clean beauty antara lain adalah SLS, Paraben, Triclosan dan Petrolatum.

Bagaimana cara memulai konsep clean beauty pada skincare routine?

Mengulik Soal Clean Beauty, Konsep Skincare yang Aman untuk Kulitmulpress.com

Sejujurnya memang tidak mudah untuk langsung melepas beberapa produk skincare yang tidak menggunakan konsep clean beauty. Hal ini dikarenakan beberapa produk skincare yang digunakan perempuan pasti sudah digunakan bertahun-tahun karena merasa cocok menggunakanya dan dapat menghilangkan masalah-masalah kulit yang terjadi padanya.

Mengulik Soal Clean Beauty, Konsep Skincare yang Aman untuk Kulithypebae.com

Untuk memulai konsep clean beauty pada skincare routine, jelas kamu tidak perlu membuang semua produk dan memulai lagi dari awal. Mulailah untuk lebih jeli dalam memilih skincare baru apabila skincare lama yang kamu miliki telah habis dan berniat mengganti skincare tersebut. 

Setelah itu, kamu harus memastikan bahwa skincare baru dengan konsep clean beauty ini kandunganya tidak berlawanan dengan skincare yang sudah sering kamu gunakan sehingga tidak menimbulkan efek lainya. Semua dimulai secara perlahan agar kulitmu juga dapat beradaptasi.

Beberapa rekomendasi skincare lokal yang menggunakan konsep clean beauty

Mengulik Soal Clean Beauty, Konsep Skincare yang Aman untuk Kulit

1. Haple Halley Face Wash (For Oily and Acne Prone Skin)

Ini adalah sabun cuci muka yang dikhususkan untuk pemilik kulit berminyak cenderung mudah berjerawat. Kandungan utama dari sabun cuci muka ini adalah dead sea mud yang dapat menyerap racun dan kotoran pada kulit. Sebagai kandungan tambahan lain ada bentonite clay yang dapat mengontrol minyak berlebih serta grapseed oil yang dapat menyembuhkan jerawat.

2. Fourth Ray Beauty Waterfall Gentle Tonic

Toner ini merupakan toner bebas alkohol dengan kandungan utama hyaluronic acid dan air mentimun yang dapat membantu untuk menghidrasi kulit yang cenderung kering. Selain itu terdapat kandungan willow bark yang juga dapat membuat regenerasi kulit lebih cepat tetapi tetap bersifat mild.

3. For Skin’s Sake Buttered Vanilla Lip Balm SPF 15

Lip balm ini menggunakan kandungan utama yaitu beeswax sebagai bahan yang dapat melembapkan bibir. Selain itu lip balm ini tidak menggunakan petroleum atau paraben sehingga aman digunakan sehari-hari.

Nah, itu tadi adalah informasi seputar konsep clean beauty. Apakah kamu tertarik untuk mulai memasukan skincare dengan konsep clean beauty di skincare routine mu?