Jerawat adalah salah satu permasalahan pada kulit wajah yang terjadi akibat pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati atau sebum. Karena adanya jerawat, seringkali kita menjadi pusing karena selain terkadang terasa perih tumbuhnya jerawat juga bisa membuat kita kehilangan rasa percaya diri. 

Untuk meredakan jerawat kita perlu merawat kulit dengan skincare yang dikhususkan untuk kulit berjerawat dan juga menghindari makanan yang terlalu berminyak. Namun, selain itu ada juga beberapa cara yang bisa kamu lakukan yang bisa membantu mengatasi jerawat dengan cepat lho!

1. Mengompres Jerawat Menggunakan Es Batu

Selain Skincare, Ini Cara Mengatasi Jerawat dengan Cepatmashable.com

Merasakan jerawat yang terasa panas dan berwarna merah pada wajah? Selain menggunakan acne spot treatment untuk membunuh bakteri penyebab jerawat ini, kamu juga bisa mengompres jerawat dengan es batu. 

Es batu yang terasa dingin akan membuat jerawat lebih tenang sehingga mengurangi rasa perih serta kemerahan pada jerawat. Gunakan handuk bersih untuk membungkus es batu dan kompres jerawatmu 5-10 menit setiap malam selama masih terasa perih dan panas.

2. Mengurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Selain Skincare, Ini Cara Mengatasi Jerawat dengan Cepatfreepik.com/ jcomp

Kamu penyuka makanan yang digoreng? Kabar buruk nih! Kalau kamu sedang memiliki jerawat lebih baik kamu mengurangi makanan-makanan yang mengandung minyak berlebih. Mengonsumsi makanan yang terlalu berminyak ternyata juga membiarkan minyak pada kulit tubuh semakin banyak sehingga membuat jerawat tak kunjung sembuh.

3. Mengonsumsi Suplemen Makanan Mengandung Zinc

Selain Skincare, Ini Cara Mengatasi Jerawat dengan Cepatbp-guide.id

Kalau kamu sering mengkonsumsi suplemen kulit dengan kandungan vitamin E, kamu bisa mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung zinc. Beberapa studi mengatakan bahwa wajah yang mengalami jerawat adalah salah satu tanda-tanda kulit yang kekurangan kandungan zinc alami pada tubuh. Selain untuk meredakan jerawat, zinc juga dapat memelihara sistem kekebalan tubuh.

4. Rutin Mengganti Sarung Bantal

Selain Skincare, Ini Cara Mengatasi Jerawat dengan CepatPexels.com/Jaymantri

Apa hubunganya sarung bantal dengan jerawat? Ternyata, sarung bantal bisa menjadi salah satu benda yang dihinggapi bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, apabila kamu ingin jerawatmu cepat hilang, kamu juga harus memastikan sarung bantal diganti minimal 2 kali dalam seminggu untuk menjamin kebersihanya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Exfoliating Toner yang Aman Untuk Kulit Berjerawat