Apakah kamu memiliki masalah dengan warna kulit ketiak yang bikin nggak percaya diri? Warna kulit ketiak yang tidak rata dengan bagian kulit lain bukanlah masalah kesehatan serius, tetapi seringkali mengganggu penampilan, khususnya buat kamu yang mungkin sering menggunakan baju tanpa lengan.

Ada berbagai perawatan di klinik kecantikan yang dapat membantu mencerahkan warna kulit ketiak. Namun untuk kisaran harganya cukup mahal dan belum tentu semua orang bersedia melakukannya. Nah, buat kamu yang masih belum mau melakukan perawatan kulit ketiak di klinik kecantikan kamu bisa mencoba beberapa cara untuk mencerahkan kulit ketiak di rumah. Ini dia 7 bahan alami yang bisa kamu coba!

1. Baking Soda

7 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Ketiak, Yuk Coba!medicalnewstoday.com

Warna gelap pada kulit ketiak salah satunya disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati pada bagian tersebut. Untuk mencerahkannya, diperlukan proses eksfoliasi sel-sel kulit mati pada bagian ketiak. Dengan menggunakan baking soda atau soda kue, sel-sel kulit mati pada bagian tersebut dapat tereksfoliasi.

Mengoleskan baking soda pada area gelap ketiak dapat memberikan reaksi ekstormik yang dapat mengikis sel-sel kulit mati pada bagian epidermis dan membuat kulit lebih bersih. Hasilnya, warna kulit bagian ketiak akan lebih cerah.

2. Lemon

7 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Ketiak, Yuk Coba!britanica.com

Lemon adalah salah satu bahan yang dapat mencerahkan serta dapat membantu eksfoliasi sel-sel kulit mati. Penggunaan lemon untuk mencerahkan kulit ketiak adalah dengan cara memotong lemon kemudian direndam pada air gula. Setelah itu gosokkan pada bagian kulit ketiak yang gelap. Dalam tahap ini mungkin akan ada rasa perih sedikit, kemudian diamkan sisa-sisa lemon selama 5 menit dan bilas dengan air dingin setelahnya. Lakukan ini secara rutin seminggu 2 kali, dalam beberapa minggu pasti akan ada perubahan dalam warna kulit ketiakmu.

3. Kentang

7 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Ketiak, Yuk Coba!solidstarts.com

Buat kamu yang memiliki kulit sensitif, kentang adalah salah satu bahan yang bisa jadi pilihan untuk mencerahkan ketiak. Kandungan citric acid pada kentang bersifat lebih gentle dibandingkan yang lainnya sehingga tidak membuat reaksi yang kurang menyenangkan pada kulit.

Cara penggunaan kentang adalah dengan memotong kentang menjadi beberapa potongan kemudian gosokan pada bagian kulit ketiak yang berwarna gelap, kemudian tinggalkan selama 10 menit agar essence dari kentang menyerap pada kulit dan bilas menggunakan air hangat. 

4. Ketimun

7 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Ketiak, Yuk Coba!rte.ie

Panas dapat menyebabkan kita berkeringat, dan ternyata keringat sendiri dapat menyebabkan warna kulit ketiak menjadi gelap. Selain itu gesekan yang terjadi akibat gerakan mengayunkan tangan saat beraktivitas juga bisa menyebabkan daerah ketiak menjadi gelap.

Kunci untuk menghindari warna ketiak yang gelap akibat hal ini adalah harus ada sesi pendinginan setelah beraktivitas. Ketimun salah satu sayur yang memiliki cooling effect dan juga ternyata dapat mencerahkan kulit. Setelah selesai beraktivitas kamu bisa memotong mentimun kemudian menggosokan di bagian ketiak beberapa kali, kemudian diamkan selama 10 menit.

5. Kulit Jeruk

7 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Ketiak, Yuk Coba!wikipedia.com

Buah lain yang hampir mirip dengan lemon adalah jeruk. Berbeda dengan lemon, ada aroma manis pada jeruk. Kulit jeruk juga ternyata berkhasiat untuk mencerahkan kulit, khususnya apabila kamu memiliki warna kulit ketiak yang gelap. Selain dapat mencerahkan ternyata aroma jeruk yang manis juga dapat menjadi deodorant alami pada ketiak.

Untuk menggunakannya kamu bisa menjemur kulit jeruk selama satu hari di bawah matahari, setelahnya tumbuk kulit jeruk menjadi bentuk bubuk yang kemudian dicampurkan dengan air mawar lalu oleskan pada bagian ketiak yang ingin warnanya lebih cerah dan diamkan selama 15 menit. Ulangi cara ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

6. Susu

7 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Ketiak, Yuk Coba!healthline.com

Sejak zaman dahulu susu menjadi salah satu bahan yang disebut-sebut memiliki manfaat untuk kecantikan. Untuk mencerahkan kulit ketiak pun, ternyata susu murni juga bisa digunakan lho! Caranya adalah dengan mencampur susu, tepung dan kunyit sampai berbentuk pasta kemudian oleskan pada bagian kulit ketiak berwarna gelap sampai mengering. Setelah mengering, bilas dengan air dingin. Ulangi cara yang sama sebanyak tiga kali seminggu ya untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

7. Pasta Gigi

7 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Ketiak, Yuk Coba!healthline.com

Pasta gigi memang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak, namun hanya pasta gigi yang memiliki kandungan untuk memutihkan yang dapat bekerja. Selain itu tidak semua orang bisa menggunakan pasta gigi untuk memutihkan kulit ketiak karena akan ada efek yang membuat kulit kering. Tapi, bagi kamu yang memiliki kulit normal pasta gigi bisa digunakan kok.

Caranya adalah dengan mencampurkan pasta gigi dengan bubuk teh hijau kemudian oleskan pada bagian ketiak dan diamkan selama 10 menit. Lakukan cara ini seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang signifikan.