Sunscreen atau tabir surya adalah skincare yang wajib kamu gunakan saat ke luar rumah. Selain untuk mencegah dari paparan sinar UV, sunscreen juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, melembapkan, dan melembutkan kulit.

Oily skin atau kulit berminyak juga wajib pakai sunscreen, lho. Terdapat rekomendasi sunscreen yang memang dirancang khusus untuk oily skin. Seperti sunscreen gel yang memiliki tekstur watery yang mudah menyerap ke dalam kulit tanpa menimbulkan rasa lengket. Untuk kamu pemilik oily skin wajib banget coba lima rekomendasi sunscreen gel berikut. 

1. Biore UV Aqua Rich Watery Essence Sunscreen Skin Care SPF 50 PA++++

Cocok untuk Kulit Berminyak, Ini 5 Sunscreen Gel yang Bisa Dicoba

Rekomendasi sunscreen yang pertama adalah dari Biore. Mengandung Hyaluronic Acid, Royal Jelly Extract, dan Water capsule-m yang dapat melembapkan kulit namun tetap terasa ringan. Selain itu, adanya Biore's Unique Outer Skin Technology dapat memberikan perlindungan kulit kamu dari sinar UV. Kelebihan lainnya adalah sunscreen ini bersifat Waterproof, No added colorant, Acne Prevention, dan Allergy tested.

2. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++

Cocok untuk Kulit Berminyak, Ini 5 Sunscreen Gel yang Bisa Dicoba

Rekomendasi sunscreen yang kedua adalah dari Azarine. Mengandung Propolis, Aloe Vera, Green Tea, dan Delima yang tak hanya melindungi kulit dari sinar UV, tetapi juga bermanfaat untuk melembapkan, menutrisi, menenangkan kulit, menangkap radikal bebas, anti penuaan dini, dan menyegarkan kulit. Wah, ternyata banyak banget manfaatnya.

Kelebihan lain dari sunscreen ini adalah free alcohol, oil, dan silicone. Cocok untuk oily skin dan acne prone skin. Teksturnya yang ringan dan cepat menyerap membuat sunscreen ini banyak disukai.

3. Y.O.U Triple UV Elixir Sunscreen Gel SPF 50 PA++++

Cocok untuk Kulit Berminyak, Ini 5 Sunscreen Gel yang Bisa Dicoba

Mengandung chemical sunscreen (Ethylhexyl Methoxycinnamate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Octocrylene) dan mineral sunscreen (Titanium Dioxide) untuk memberikan perlindungan terhadap UV-A & UV-B dan membantu mengurangi efek dari blue light.

Kelebihan lainnya adalah sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan, cepat menyerap, dan tanpa menimbulkan white cast. Diperkaya dengan Allantoin, Niacinamide, Vitamin E, dan Centella Asiatica untuk membantu menenangkan, melembutkan, dan melembapkan kulit. 

4. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Cocok untuk Kulit Berminyak, Ini 5 Sunscreen Gel yang Bisa Dicoba

Rekomendasi sunscreen yang keempat adalah dari Skin Aqua. Mengandung SPF 30 yang dapat melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV-B. Selain itu, sunscreen ini juga mengandung PA++ yang dapat melindungi kulit kamu dari sinar UV-A, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

Sunscreen ini cocok untuk kulit normal dan berminyak. Kelebihan lainnya yaitu dengan kandungan Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan Collagen yang bermanfaat untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Dapat dipakai di wajah maupun di tubuh tanpa membuat lengket. 

5. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Cocok untuk Kulit Berminyak, Ini 5 Sunscreen Gel yang Bisa Dicoba

Rekomendasi sunscreen yang terakhir adalah dari Wardah. Penggunaan sunscreen UV Shield  dapat membantumu untuk mengurangi kulit kusam dari paparan blue light, mencegah penuaan dini, menghindari munculnya bintik hitam di wajah, dan melindungi risiko kanker kulit.

Kelebihan lainnya adalah sunscreen ini alcohol free, non comedogenic, dan no white cast. Cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Teksturnya yang ringan membuat banyak orang menyukainya. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Rekomendasi Sunscreen Tekstur Gel, Cocok untuk Oily Skin"