Salah satu hal penting yang dapat kita lakukan di tengah pandemi virus corona adalah dengan sering mencuci tangan. Sesuai pedoman yang dikeluarkan oleh WHO, cuci tangan sebaiknya dilakukan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir. Jika tidak ada air, kita disarankan untuk membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. 

Meski sangat disarankan, mencuci tangan berkali-kali dalam satu hari dapat memicu kulit menjadi kering, pecah-pecah dan mengelupas. Hal ini terjadi karena minyak alami serta pelindung pada tangan hilang terangkat oleh sabun. Kondisi kulit yang kering akan semakin parah pada penderita penyakit kulit pada tangan seperti eksim. Lalu bagaimana cara merawatnya?

1. Gunakan sabun yang bebas pewangi

Ketahui Dampak Terlalu Sering Mencuci Tangan dan Cara MerawatnyaFreepik

Beberapa sabun pembersih tangan mengandung beberapa zat kimia termasuk pewangi, deterjen dan foam agent untuk memicu busa. Sabun dengan zat kimia yang tinggi dapat memicu reaksi alergi pada kulit yang tidak cocok. Saat ini kita akan sering menggunakan sabun untuk mencuci tangan, sehingga lebih baik memilih sabun yang rendah zat kimia untuk menghindari reaksi alergi pada kulit. 

2. Gunakan moisturizer yang mengandung petroleum

Ketahui Dampak Terlalu Sering Mencuci Tangan dan Cara MerawatnyaFreepik

Setelah mencuci tangan kebiasaan baru yang sebaiknya diterapkan adalah menggunakan pelembab pada tangan. Pilih pelembap dengan kandungan petroleum jelly . Petrolum Jelly sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit sehingga mengurangi risiko kulit menjadi kering. Jangan lupa untuk meratakannya di setiap area tangan!

3. Sesekali gunakan masker tangan

Ketahui Dampak Terlalu Sering Mencuci Tangan dan Cara MerawatnyaFreepik

Selain tersedia untuk wajah dan badan, produk masker juga tersedia untuk tangan. Sesekali gunakanlah masker untuk membantu menjaga kulit tanganmu. Biasanya masker tangan berbentuk sarung tangan yang mengandung banyak essence.

4. Tetaplah mencuci tanganmu

Ketahui Dampak Terlalu Sering Mencuci Tangan dan Cara MerawatnyaFreepik

Sering mencuci tangan memang akan membuat kulitmu sedikit berubah. Namun beberapa cara di atas dapat kamu terapkan untuk menjaganya tetap sehat dan lembab. Di tengah pandemi COVID-19 ini, tidak ada pilihan lain selain selalu mencuci tanganmu. Ikutilah langkah mencuci tangan yang baik dan benar untuk terhindar dari bakteri dan virus yang bisa menempel di permukaan tangan. Stay safe, Bela!

Baca Juga :

Tak Terduga, Ini 7 Cara Penularan Virus Corona
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona