Munculnya noda-noda hitam di wajah dapat membuat warna kulit jadi tidak merata. Selain dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri, butuh usaha yang ekstra untuk menyamarkan noda hitam dengan bantuan makeup. Noda hitam disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit. Munculnya melanin berlebih bisa dipicu oleh banyak hal. Mulai dari hormon, cuaca panas, hingga usia. 

Apakah kamu memiliki noda hitam di wajahmu? Kalau ya, berikut ini ada beberapa pilihan perawatan yang bisa kamu coba agar warna kulitmu kembali merata. Psst, dari yang terjangkau hingga mahal tersedia lho! 

1. Vitamin C

7 Perawatan yang Bisa Bantu Hilangkan Noda Hitam di WajahFreepik.com

Skincare vitamin C mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam dan keriput. Vitamin C juga bekerja dengan menghambat melanin sehingga dapat membantu mengurangi warna gelap pada kulit. 

2. Kojic acid

7 Perawatan yang Bisa Bantu Hilangkan Noda Hitam di WajahFreepik

Kandungan kojic acid juga baik untuk mengurangi noda gelap pada kulit. Kojic acid berasal dari jamur atau beras yang difermentasi. Kandungan ini bekerja dengan menekan zat warna pada kulit sehingga area kulit yang gelap dapat menjadi cerah. Namun hasilnya tidak akan terlihat secara instan, butuh setidaknya beberapa bulan hingga kamu bisa melihat perubahan. 

3. Laser

7 Perawatan yang Bisa Bantu Hilangkan Noda Hitam di WajahFreepik.com

Laser merupakan perawatan yang efektif dan cukup cepat untuk menghilangkan dark spot. Namun tidak dapat dipungkiri metode ini cukup menguras biaya. Laser bekerja dengan cara memecah dan menghilangkan partikel pigmen kulit yang gelap. Perawatan laser perlu dilakukan setidaknya enam kali atau lebih. Berkonsultasilah pada dokter dan klinik kecantikan terpercaya bila kamu ingin mencoba perawatan yang satu ini. 

4. Ekstrak kedelai

7 Perawatan yang Bisa Bantu Hilangkan Noda Hitam di WajahEnvironmentalpollutioncenters.org

Kandungan ekstrak kedelai telah terbukti membantu mencerahkan kulit. Berdasarkan informasi dari American Academy of Dermatology (AAD), kedelai bekerja menghilangkan bintik hitam dengan cara mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit.

5. Hydroquinone

7 Perawatan yang Bisa Bantu Hilangkan Noda Hitam di WajahJetsetter.com

Bahan yang satu ini sudah sejak lama dipercaya untuk melawan noda hitam di wajah. Hydroquinone bekerja dengan menghambat enzim tirosinase, yakni enzim yang membantu produksi melanin. 

Ketika tironase terhambat, produksi melanin akan menurun. Sebelum menggunakan produk ini ada baiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter. Dalam beberapa kasus, hydroquinone dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, rasa terbakar hingga reaksi alergi. 

6. Chemical peeling

7 Perawatan yang Bisa Bantu Hilangkan Noda Hitam di WajahFreepik.com

Perawatan chemical peeling dapat menghilangkan dark spot dengan cara menghilangkan lapisan atas kulit mati. Seiring waktu, perawatan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, serta mengurangi munculnya bintik hitam. 

Namun, kamu perlu berhat-hati dengan bahan kimia yang terlalu kuat karena dapat membakar kulit. Bagi kamu pemilik kulit sensitif, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

7. Microneedling

7 Perawatan yang Bisa Bantu Hilangkan Noda Hitam di WajahFreepik.com

Perawatan microneedling dapat membantu produksi kolagen kulit yang dapat menghilangkan dark spot sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Bila dilakukan dengan benar, hasilnya dapat terlihat setelah satu minggu sejak perawatan. Biasanya dokter kulit yang melakukan perawatan ini akan menambahkan vitamin C agar area kulit yang gelap lebih cepat teratasi.