Sudah bukan rahasia lagi jika buah-buahan baik untuk tubuh karena mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Tapi tidak berhenti sampai disitu lho, buah-buahan juga bisa membuat kulit bersih, halus, bercahaya dan sehat jika kamu mengolahnya menjadi masker wajah. Dengan DIY masker dari buah-buahan yang kamu buat di rumah, kamu sudah bisa dapatkan wajah putih dan cerah dengan mudah. Untuk membuatnya, simak cara di bawah ini ya, Bela.

1. Masker jeruk

Buat Wajah Semakin Bercahaya dengan 7 DIY Masker Buah Ini Yuk!lamosea.com

Sebagai sumber vitamin D jeruk tidak hanya untuk dikonsumsi, melainkan juga untuk bahan masker karena dapat membersihkan jerawat dan pori-pori sehingga wajah tampak bersih bercahaya. Untuk membuatnya menjadi masker, panaskan lima sendok makan jus jeruk dengan campuran bubuk gelatin. Setelah itu, baru kamu bisa oleskan ke wajah secara merata. 

2. Masker mentimun

Buat Wajah Semakin Bercahaya dengan 7 DIY Masker Buah Ini Yuk!pinterest.com

Mentimun dan air mawar merupakan perpaduan yang tepat untuk menghasilkan kulit yang sehat dan lebih bercahaya. Untuk itu, campurkan satu sendok jus mentimun dengan satu sendok bubuk gelatin, satu sendok air mawar, dan sepuluh tetes jus lemon. Aduk semua bahan hingga menghasilkan tekstur yang kental.

3. Masker tomat

Buat Wajah Semakin Bercahaya dengan 7 DIY Masker Buah Ini Yuk!bp-guide.id

Memiliki kandungan lycopene, masker tomat berfungsi melindungi kulit dari sinar UV dan mencegah timbulnya jerawat karena membantu menutup pori-pori di wajah sehingga wajah lebih bercahaya. Untuk membuatnya siapkan satu tomat yang sudah diblender, tambahkan satu sendok oatmeal dan yogurt. Jika semua bahan sudah teraduk secara merata, tinggal oleskan keseluruh wajah dan diamkan hingga 10 menit.

4. Masker pepaya

Buat Wajah Semakin Bercahaya dengan 7 DIY Masker Buah Ini Yuk!halodoc.com

Kaya akan vitamin A dan enzim, pepaya baik sebagai bahan utama masker karena mampu menghilangkan semua sel-sel kulit mati pada wajah sehingga wajah tampak lebih bercahaya. Cukup campurkan jus pepaya dengan satu sendok madu, kamu sudah bisa rasakan sensasi dari masker pepaya. Diamkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya.

5. Masker nanas

Buat Wajah Semakin Bercahaya dengan 7 DIY Masker Buah Ini Yuk!ohayo.co.id

Panaskan seperempat jus nanas yang sudah dicampur dengan satu sendok madu dan dua sendok bubuk gelatin. Setelah benar-benar larut, tunggu sampai bahan dingin lalu oleskan ke wajah dengan merata dan biarkan sampai masker mengering. Bilas wajah sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

6. Masker pisang

Buat Wajah Semakin Bercahaya dengan 7 DIY Masker Buah Ini Yuk!hipwee.com

Pisang baik dijadikan sebagai bahan masker karena menjadikan kulit wajah segar dan bercahaya. Selain itu, kandungan vitamin B6 dan vitamin C-nya penting untuk kekenyalan dan kekencangan kulit. Cara membuatnya, haluskan setengah potong pisang, setengah sendok madu dan satu sendok lemon ke dalam blender. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. 

7. Masker stroberi

Buat Wajah Semakin Bercahaya dengan 7 DIY Masker Buah Ini Yuk!facetofeet.com

Siapa sangka, jika stroberi mampu membuat kulit wajah menjadi bercahaya? Caranya tinggal tumbuk halus stroberi secukupnya dan tambahkan satu sendok madu. Biarkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat. 

Jadi buah mana yang dipilih untuk bahan masker malam ini, Bela?

Baca Juga: 7 Pilihan Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat