Mengingat bagaimana pentingnya peran cleanser atau pembersih wajah kita nggak bisa sembarangan nih dalam memilih skincare item yang satu ini. Apalagi dengan adanya perbedaan jenis kulit, pastinya treatment yang diberikan juga harus menyesuaikan kondisinya dong, Bela. 

Untuk itu, kali ini Popbela mau berbagi seputar jenis-jenis cleanser yang banyak digunakan cewek-cewek sesuai dengan jenis kulitnya nih. Kira-kira mana ya yang paling cocok untuk kamu?

1. Facial foam cleanser untuk si kulit normal

5 Cleanser untuk Berbagai Jenis Kulit, Kamu Cocok yang Mana? Shutterstock/Siro46

Buat kamu yang memiliki tipe kulit wajah normal sebenarnya nggak perlu terlalu khawatir. Karena karakteristik kulit wajah normal biasanya sudah lembab dan nggak terlalu kering. Selain itu, kadar minyak cenderung lebih seimbang dibandingkan dengan jenis kulit lainnya.

Namun bukan berarti kamu jadi asal-asalan dalam memilih cleanser ya. Popbela sarankan kamu menggunakan facial foam cleanser yang punya busa yang lembut, sehingga nggak terjadi gesekan yang menyakitkan saat kamu membersihkan wajah.

2. Cleansing balm untuk si kulit kering

5 Cleanser untuk Berbagai Jenis Kulit, Kamu Cocok yang Mana? Shutterstock/Maridav

Cleansing balm memiliki tekstur yang lebih lembut sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Cara penggunaannya pun mudah. Kamu tinggal mengoleskan cleansing balm pada permukaan wajah. Lalu pijat dengan lembut dan bilas hingga bersih.

Cleansing balm dapat membersihkan kulit wajah tanpa membuatnya terasa menjadi lebih kering karena formulanya dapat menjaga kelembaban kulit. Siapa yang pernah menggunakan cleansing balm?

3. Gel cleanser untuk si kulit kombinasi

5 Cleanser untuk Berbagai Jenis Kulit, Kamu Cocok yang Mana? Shutterstock/Geinz Angelina

Hai pemilik kulit wajah kombinasi! Kulit ini biasanya memiliki dua karakter kulit wajah sekaligus yaitu kering dan berminyak di area tertentu seperti pada area T-zone misalnya. Akan jadi tricky nih, karena kamu butuh cleanser yang dapat melembabkan area kering tapi juga menjaga area berminyak nggak makin menjadi.

Buat masalah ini, kamu bisa menggunakan gel cleanser yang bisa menjaga kelembaban kulit sekaligus mengangkat minyak berlebih di area tertentu. Cocok kan buat kulit wajah kombinasi? Coba deh, Bela!

4. Oil cleanser untuk si kulit berminyak

5 Cleanser untuk Berbagai Jenis Kulit, Kamu Cocok yang Mana? Shutterstock/metamorworks

Kamu lagi nggak salah baca kok, oil cleanser cocok untuk membersihkan wajah dengan tipe kulit berminyak. Banyak yang menyangka bahwa sifat cleanser yang oily akan membuat kulit menjadi lebih berminyak. Padahal, kandungan minyak pada cleanser ini nggak sama dengan minyak wajah.

Uniknya, oil cleanser ini sangat mudah dibersihkan dengan tisu atau kapas saat diaplikasikan ke wajah, dan dapat mengangkat kotoran dan minyak dengan optimal.

5. Water cleanser untuk semua jenis kulit termasuk si kulit sensitif

5 Cleanser untuk Berbagai Jenis Kulit, Kamu Cocok yang Mana? Shutterstock/aslysun

Kalau kamu cari pembersih wajah yang aman untuk semua jenis kulit termasuk untuk kulit sensitif, Popbela rekomendasikan untuk menggunakan water cleanser. Water cleanser ini bisa berupa micellar water yang akhir-akhir ini sedang naik daun nih. Walau kelihatannya hanya seperti air, tapi jangan salah, kemampuannya dalam mengangkat kotoran dan minyak berlebih di wajah. Untuk micellar water, Popbela punya rekomendasi pamungkasnya nih, yaitu SAFI Naturals Micellar Water.

SAFI Naturals Micellar Water ini terdiri dari empat varian yang mengandung bahan alami aktif yang sudah teruji secara klinis dapat mengangkat kotoran dan cocok untuk berbagai jenis kulit cewek Indonesia. Penasaran produk mana yang cocok buat jenis kulitmu? Coba simak variannya berikut ini deh:

  • Kulit kombinasi - SAFI Naturals Micellar Water with Rose Extract 
  • Kulit normal - SAFI Naturals Micellar Water with Cucumber Extract 
  • Kulit sensitif - SAFI Naturals Micellar Water with Yuzu Extract 
  • Kulit berminyak dan acne prone skin - SAFI Naturals Micellar Water with Neem Extract

Wah, lengkap banget ya variannya! Nah, kira-kira SAFI Naturals Micellar Water mana nih yang paling cocok buat kondisi kulit wajahmu? (CSC) 

Baca Juga: 5 Jenis Cleanser yang Bikin Kulit Wajah Glowing, Mana yang Kamu Pakai?